Dalam rangka memberi pengetahuan dan meningkatkan kewaspadaan tentang bahaya, ancaman dan risiko bencana kebakaran di lingkungan kerja, serta memberikan pemahaman bagaimana cara evakuasi yang benar, Pada hari ini, Kamis 21 Oktober 2021, KPPN Pelaihari telah melaksanakan kegiatan peningkatan kualitas sumber daya manusia dalam bentuk kegiatan pelatihan dan simulasi evakuasi bencana kebakaran.
Kegiatan ini bekerja sama dengan Tim Pemadam Kebakaran dan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Tanah Laut. Acara hari ini berlangsung kondusif dan partisipasi aktif dari semua peserta.
Harapannya, setelah latihan evakuasi dan kesiapsiagaan bencana kebakaran ini para pegawai dapat menambah pengetahuan bagaimana menghadapi situasi darurat bencana kebakaran.
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pelaihari melaksanakan penandatanganan kontrak kinerja dan penandatangan pakta integritas, bagi pegawai/pejabat baru KPPN Pelaihari. Hal ini dilakukan sebagai wujud komitmen para pejabat/pegawai baru dalam melaksanakan target kinerja tahun 2021. Selain itu penandatanganan pakta integritas dilakukan sebagai komitmen para pejabat/pegawai baru untuk terus menjaga integritas dalam melaksanakan setiap tugasnya.
Acara ini dilaksanakan pada Hari Senin, 27 September 2021 bertempat di Front Office KPPN Pelaihari, dengan diawali sambutan oleh Kepala KPPN Pelaihari, Ibu Rohmiati. Dengan telah tertandatanganinya Kontrak Kinerja dan Pakta Integritas pejabat/pegawai KPPN Pelaihari, diharapkan kinerja KPPN Pelaihari semakin meningkat dan melampaui target yang ada, serta integritas pegawai tetap terjaga disetiap aktifitas yang dilakukan. -red
Dalam rangka memperingati Hari Bakti Perbendaharaan ke-17 dan untuk menyebarluaskan informasi terkait APBN dan Zona Integritas, KPPN Pelaihari mengadakan kegiatan Perbendaharaan Menyapa dengan mengusung tema “Treasury Goes to Campus: Pemulihan Ekonomi Nasional dan Zona Integritas di Masa Pandemi”. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Rabu, 28 Juli 2021 dan diikuti oleh seluruh Civitas Akademika dari Politeknik Negeri Tanah Laut mulai dari dosen hingga mahasiswa. Selain sebagai bagian dari rangkaian Hari Bakti Perbendaharaan ke-17, kegiatan ini dijadikan sebagai sarana untuk memperkenalkan Instansi Direktorat Jenderal Perbendaharaan, menyebarluaskan informasi mengenai peran APBN di masa pandemi, dan untuk memberikan pengetahuan serta menyebarkan pengaruh positif zona integritas yang telah diterapkan di KPPN Pelaihari sebagai kantor pelayanan peraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani pada tahun 2020.
Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, Treasury Goes To Campus tahun ini dilaksanakan secara virtual atau daring melalui media zoom meeting dan Kanal Youtube KPPN Pelaihari, sebagai bentuk mendukung gerakan pencegahan penyebaran Virus Covid-19. Meskipun dilaksanakan tanpa tatap muka secara langsung, Treasury Goes To Campus tetap berjalan dengan penuh semangat dan antusias dari seluruh peserta. Terbukti dengan banyaknya peserta yang hadir dan turut aktif memberikan pertanyaan maupun tanggapan selama kegiatan ini berlangsung. Hal ini tentu membawa harapan bahwa segenap Civitas Akademika dari Politeknik Negeri Tanah Laut dapat memahami bagaimana APBN berupaya hadir di setiap lapisan masyarakat melalui berbagai program yang dicanangkan guna mendorong Pemulihan Ekonomi Nasional di masa pandemi. Selain itu KPPN Pelaihari sebagai instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan serta sebagai kantor pelayanan peraih WBK dan WBBM akan terus berupaya dalam mendukung pelaksanaan APBN dengan tetap menjunjung tinggi nilai-nilai Integritas.
Dalam rangka meningkatkan kualitas kompetensi dan komunikasi seluruh pegawai KPPN Pelaihari, serta untuk meningkatkan kepuasan pengguna layanan, KPPN Pelaihari telah melaksanakan kegiatan Service Excellence Tahun 2021 pada Hari Selasa, 28 September 2021 bertempat secara luring di Aula KPPN Pelaihari dengan narasumber bergabung melalui sarana Zoom Meeting. Acara service excellence kali ini mendatangkan Narasumber Ibu Rahmia Afniaty, selaku Service Quality Officer Bank Mandiri. Acara service excellence Tahun 2021 mengusung tema “Memberikan Layanan yang Efektif kepada Satuan Kerja di Masa Pandemi COVID-19”.
Acara dipandu oleh Sdr. Awang Risky Ardian dan Sdri. Tsania Fadhliyah, dan acara diawali dengan pembacaan do’a oleh Sdr. Fahmi Rijal Kurniawan. Selanjutnya sambutan dari Kepala KPPN Pelaihari, Ibu Rohmiati. Beliau menyampaikan bahwa KPPN Pelaihari sebagai Kantor Pelayanan sangatlah penting untuk memberikan layanan yang “excellence” ke seluruh stakeholders meskipun kondisi saat ini sedang ada Pandemi COVID-19. Dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber berkaitan bagaimana memberikan layanan yang terbaik kepada seluruh stakeholders.
Pemaparan materi dan diskusi pada service excellence kali ini sangatlah interaktif dan berlangsung dengan kondusif. Harapannya setelah terlaksananya kegiatan service excellence ini seluruh pegawai dapat memberikan layanan terbaiknya, yang bahkan dapat melampaui ekspektasi para pengguna jasa. Service Excellence 2021, Bisa Bisa Yeah!-red.
Operator SAKTI Satuan Kerja Kementerian Negara/Lembaga di wilayah Kabupaten Tanah Laut mengikuti kegiatan End User Training (EUT) SAKTI Tahun 2021. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Pelaihari secara virtual dan diampu oleh trainer-trainer SAKTI yang sudah mengikuti TOT dari Kantor Pusat Ditjen Perbendaharaan.
Pelatihan dibuka oleh Kepala KPPN Pelihari Ibu Rohmiati, dalam arahannya disampaikan bahwa kegiatan dilaksanakan dalam rangka menyiapkan para user SAKTI agar mahir dalam mengoperasikan SAKTI Web Full Modul. Pelatihan dilaksanakan pada modul Pelaksanaan untuk proses Pencairan APBN dan Modul Pelaporan untuk menyusun Laporan Pertanggungjawaban APBN.
Sebelum EUT SAKTI dilaksanakan, KPPN Pelaihari menyelenggarakan Rapat Manajerial SAKTI dengan mengundang seluruh pimpinan/KPA satuan kerja dengan maksud untuk mendapatkan dukungan agar pelaksanaan EUT SAKTI dapat diikuti seluruh operator dari awal sampai akhir serta komitmen para KPA untuk siap mengimplementasikan SAKTI web Full Modul.
Pelaksanaan EUT SAKTI dilaksanakan selama dua minggu dari tanggal 6 sampai dengan 17 September 2021, dengan maksud untuk:
Dengan terlaksananya EUT SAKTI diharapkan tahun 2022 implementasi SAKTI Web Full Modul dapat dijalankan dengan baik oleh semua operator SAKTI satuan kerja, karena penggunaan aplikasi eksisting (seperti SAS, persediaan, SIMAK BMN dan SAIBA) sudah tidak digunakan kembali.
Salah satu kegiatan yang dikembangkan oleh pemerintah adalah implementasi program Digital Payment – Market Place sebagai salah satu system pembayaran pada Belanja Pemerintah. Hal tersebut dimaksudkan guna mendorong efisiensi, efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas belanja negara, serta memberdayakan vendor yang sebagian besar merupakan UMKM.
KPPN Pelaihari bekerja sama dengan KPPN Singaraja sebagai narasumber untuk membagikan pengalaman keberhasilan implementasi Digital Payment (Digipay) di lingkungan KPPN Singaraja dalam acara bertajuk Sharing Experience Implementasi Program Digital Payment – Marketplace Belanja Pemerintah.
Kegiatan yang diselenggarakan tanggal 19 April 2021 tersebut dilaksanakan secara daring melalui zoom meeting dan disiarkan secara live melalui Youtube channel KPPN Pelaihari. Sungguh luar biasa pengalaman KPPN Pelaihari dalam menyelenggarakan acara online dengan partisipan zoom meeting mencapai 100 (seratus) partisipan dan Youtube Live tercatat 138 viewer diantaranya adalah pejabat perbendaharaan/pengelola keuangan satuan kerja di wilayah kerja KPPN Pelaihari, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Kalimantan Selatan dan Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, KPPN Lingkup Kalimantan Selatan dan beberapa dari luar Kalimantan.
Dalam kesempatan tersebut, Yoyok Yulianto (Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran I Kanwil Ditjen perbendaharaan Prov. Kalsel) mengapresiasi kegiatan sharing experience tersebut, serta mendukung program Digipay yang mana didalamnya ada peran UMKM karena merupakan tulang punggung perekonomian kita pada saat ini. Dan juga disampaikan hasil survey persepsi harapan tentang kebijakan digital payment sebagai bahan diskusi kegiatan sharing experience.
Inti kegiatan sharing experience dipaparkan oleh Jordan (Kepala KPPN Singaraja) yang menyampaikan bahwa KPPN Singaraja bersinergi dengan KPPN lain sebagai bagian dari nilai-nilai kemenkeu untuk mencapai tujuan organisasi serta bekerja cepat dan sukses.
Dalam kesempatan tersebut disampaikan secara detil penggunaan sistem marketplace mulai dari refleksi implementasi marketplace pada KPPN Pelaihari, pengalaman keberhasilan implementasi marketplace pada KPPN Singaraja, dan juga studi kasus pada KPPN Singaraja.
Turut hadir Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Bali, Tri Budhianto yang menjadi keynote speaker menyampaikan dalam menyukseskan program digipay bahwa kita harus menyamakan visi kepada seluruh satuan kerja untuk meningkatkan akuntabilitas dan membantu perekonomian wilayah. Dasar dan teknis pelaksanaan marketplace KPPN Singaraja dapat menjadi acuan namun tetap memperhatikan kondisi wilayah Kabupaten Tanah Laut.
Dari kegiatan sosialisasi tersebut diharapkan kesiapan KPPN Pelaihari bersama satker di wilayah kerja KPPN Pelaihari semakin matang serta tujuan utama dalam mendukung kebijakan utama APBN dalam rangka mempercepat transformasi belanja negara era digital dapat tercapai dengan baik dan bermanfaat baik bagi pelaku UMKM.