Peran APBN di Perikanan

 

Dalam rangka menopang program ekonomi biru di sektor perikanan budidaya, pemerintah terus berupaya meningkatkan ketersediaan benih dan induk yang unggul.

Konsep ekonomi biru menjadi salah satu acuan utama dalam pengembangan perikanan budidaya berkelanjutan dengan mengembangkan tiga aspek utama yaitu aspek ekologi, ekonomi, dan sosial.

Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah adalah penyediaan dan penyebaran induk unggul dan benih bermutu secara merata dan berkelanjutan untuk masyarakat Indonesia.

Kualitas dan kuantitas induk dan benih bermutu di masyarakat merupakan faktor penting pendukung peningkatan produksi perikanan budidaya.

Upaya ini tentunya tidak lepas dari peran APBN yang dialokasikan pada instansi-instansi pemerintah lingkup Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Salah satu instansi pemerintah yang berperan besar dalam pengelolaan produksi induk unggul, benih bermutu, dan sarana produksi perikanan budidaya air tawar adalah Balai Besar Perikanan Budidaya Air Tawar (BBPBAT) Sukabumi.

BBPBAT Sukabumi merupakan Balai Besar sebagai ujung tombak Kementerian Kelautan dan Perikanan dalam menghasilkan inovasi teknologi budidaya air tawar. Sehingga peran Balai menjadi sangat sentral dalam upaya peningkatan produksi perikanan budidaya dan mendorong kesejahteraan ekonomi para pembudidaya ikan.

Komoditas ikan air tawar yang menjadi unggulan, yaitu ikan nila, lele, dan mas.

BBPBAT Sukabumi juga senantiasa menyalurkan stimulus bantuan benih ikan air tawar kepada pokdakan yang berada di Jawa Barat, Banten, Jawa tengah, Jawa Timur, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Bali.

Termasuk juga stimulus bantuan calon induk ikan kepada pokdakan yang berada di Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Bantuan tersebut dilaksanakan dalam rangka mendorong masyarakat untuk mengembangkan usaha budidaya ikan air tawar guna meningkatkan perekonomian para pembudidaya, serta dalam rangka peningkatan produktivitas dan keberlangsungan dalam memenuhi permintaan ikan konsumsi sebagai salah satu sumber protein hewani untuk pemenuhan gizi dalam membangun kekebalan tubuh.

Ternyata peran APBN begitu nyata dalam menunjang sektor perikanan.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

Search