Jl. Jend. A. Yani Km. 10 No. 20 Maburai, Tanjung – 71571

Berita

Seputar KPPN Tanjung

Webbinar Strategi Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Anggaran pada Satuan Kerja di Tahun 2021

Jumat tanggal 4 Desember, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Tanjung melaksanakan kegiatan webbinar Strategi Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Anggaran pada Satuan Kerja di Tahun 2021.

Kegiatan diselenggarakan sebagai seremonial acara penyerahan DIPA satuan kerja pengelola APBN di wilayah kerja Kabupaten Tabalong, Kabupaten Hulu Sungai Utara, dan Kabupaten Balangan tahun anggaran 2021, serta sosialisasi langkah-langkah strategis pelaksanaan APBN. Webbinar tersebut dilakukan melalui zoom meeting dan disiarkan secara langsung melalui youtube dengan link https://youtu.be/yvuxkiZfs5g

Webbinar ini pada dasarnya menggantikan kegiatan penyerahan DIPA secara langsung yang biasanya dilakukan pada setiap tahunnya oleh Kepala KPPN selaku Kuasa Bendahara Umum Negara di daerah kepada seluruh Kuasa Pengguna Anggaran Kepala Satuan Kerja pengelola APBN. Namun dengan adanya pandemi Covid-19, maka kegiatan diselenggarakan melalui media daring. Dengan adanya kegiatan tersebut maka tujuan pemerintah agar persiapan Satuan Kerja dalam melaksanakan kegiatan dan menggunakan anggaran belanja tahun 2021 semakin cepat terlaksana dapat tercapai dan di sisi yang lain kegiatan tersebut mampu mendukung usaha pemerintah dalam mencegah penyebaran pandemi covid-19.

Acara dibuka secara resmi oleh kepala KPPN Tanjung Bayu Setiawan Yuniarto dan dihadiri Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Kementarian Keuangan Provinsi Kalimantan Selatan Bapak Dedi Sopandi, serta Kepala Satuan kerja di lingkup wilayah pembayaran KPPN Tanjung sebanyak 92 Kuasa Pengguna Anggaran.

Kepala KPPN Tanjung Bayu Setiawan Yuniarto dalam laporannya mengatakan, besaran alokasi APBN tahun 2021 yang akan dibayarkan KPPN Tanjung untuk tiga kabuten tersebut mencapai Rp1,2 Triliun yang dialokasikan melalui 91 DIPA. Kabupaten Tabalong sebesar Rp388,66 miliar yang terdiri pagu anggaran belanja satuan kerja vertikal Kementerian Lembaga (K/L) sebesar 196,7 miliar dan pagu anggaran DAK Fisik dan Dana Desa sebesar Rp191,96 miliar. Kabupaten Hulu Sungai Utara sebesar Rp493,16 miliar yang terdiri pagu anggaran belanja satuan kerja vertikal K/L sebesar 226,4 miliar dan pagu anggaran DAK Fisik dan Dana Desa sebesar Rp266,76 miliar. Kabupaten Balangan sebesar Rp293,79 miliar yang terdiri pagu anggaran belanja satuan kerja vertikal K/L sebesar 114,8 miliar dan pagu anggaran DAK Fisik dan Dana Desa sebesar Rp178,99 miliar.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJPb Kalimantan Selatan dalam arahannya menegaskan bahwa dalam rangka percepatan pelaksanaan program dan kegiatan serta untuk mewujudkan belanja pemerintah yang lebih berkualitas (spending better), para Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) agar melaksanakan langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran Tahun Anggaran 2021 antara lain melakukan reviu terhadap DIPA dalam hal diperlukan, agar segera mengajukan usulan revisi DIPA; mempercepat proses pengadaan barang/jasa dan penandatangan kontrak, mempercepat dan meningkatkan ketepatan penyaluran Dana Bantuan Sosial (Bansos) dan Bantuan Pemerintah (Banper).

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search