PELAKSANAAN DIALOG KINERJA ORGANISASI
PARA PIHAK
- Pimpinan (Kepala Kantor);
- Mitra Manajer Pengelola Kinerja (Kepala Subbagian Umum);
- Peserta (Seluruh pejabat & pegawai);
- Pemantau/observer (Dipilih);
DOKUMEN-DOKUMEN
- Laporan Capaian Kinerja (LCK);
- Kerangka Acuan Dialog Kinerja (KADK);
- Matriks Tindak Lanjut (MTL);
- Formulir Umpan Balik Pelaksanaan Dialog Kinerja Organisasi (FUBDK);
- Formulir Perhitungan Tingkat Efektivitas Waktu DKO (FETEDK).
TAHAPAN PELAKSANAAN
- Persiapan DKO
- Menyusun Laporan Capaian Kinerja
- Masing-masing unit mengisi Laporan Capaian Kinerja Triwulan berkaitan (sesuai format)
- Mengidentifikasi fokus tema dan menyusun KADK (Kerangka Acuan Dialog Kinerja)
- Fokus tema sesuai dengan LCK;
- Fokus tema dituangkan dalam KADK (sesuai format);
- Mendistribusikan KADK dan menyediakan bahan dialog
- Menyampaikan KADK kepada seluruh peserta (penyedia data) agar mempersiapkan bahan yang diperlukan;
- Penyedia data menyampaikan data dan informasi yang dibutuhkan kepada pengelola kinerja sesuai dengan kerangka tersebut;
- Pengelola kinerja menyusun bahan dialog kinerja dan mendistribusikannya kepada peserta sebelum pelaksanaan dialog.
- Pelaksanaan Dialog Kinerja Organisasi
Tujuan: pemecahan akar masalah, mitigasi risiko, identifikasi peluang.
- Overview Capaian Kinerja
- Review Kinerja Tematik
- Unit-unit yang terkait fokus tema memaparkan LCK, dengan penekanan pada isu utama, akar masalah, dan rekomendasi rencana aksi;
- Diskusi membahas permasalahan kinerja yang muncul.
- Menetapkan Rencana Aksi
- Rencana aksi diusulkan unit terkait, ditetapkan pimpinan;
- Rencana aksi dituangkan dalam Matriks Tindak Lanjut(sesuai format).
- Penilaian Efektivitas DKO
- Mencakup penilaian terhadap kualitas dan efektifitas waktu;
- Penilaian kualitas DKO dilakukan melalui kuesioner kepada peserta DKO denganFormulir Umpan Balik Pelaksanaan Dialog Kinerja (sesuai format);
- Penilaian efektivitas waktu DKO dilakukan oleh Pemantau (observer) dengan formulir Tingkat Efektivitas Waktu DKO (sesuai format);
- Penyusunan Risalah Rapat DKO yang
- Penatausahaan dokumen pelaksanaan dialog kinerja, yang terdiri dari:
- KADK;
- Bahan rapat;
- Undangan;
- Daftar Hadir;
- Risalah rapat;
- Foto pelaksanaan (disarankan);
- LCK (disarankan); dan,
- Raw Data (disarankan);
- Tindak Lanjut
- Menyusun dan mengkomunikasikan rencana aksi
- Melaksanakan rencana aksi dan menyusun laporan
- Penanggung jawab rencana aksi berkewajiban menjalankan rencana aksi dan melaporkan perkembangan pelaksanaannya secara bulanan
- Monitoring dan evaluasi pelaksanaan rencana aksi
- Pelaksanaan rencana aksi dimonitor oleh unit yang ditunjuk pimpinan
- Evaluasi pelaksanaan rencana aksi dilakukan dalam forum dialog kinerja periode berikutnya.
-Selesai-