Jln. Ir. H. Juanda No. 04, Samarinda

Data

Survei Kepuasan Pengguna Layanan

Survei Kepuasan Pengguna Layanan Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur Tahun 2019

Sehubungan dengan pemberian layanan oleh Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur selama Tahun 2019, diperlukan sarana untuk mengukur tingkat kualitas pelayanan kepada stakeholders. Hal tersebut merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 38 ayat 1 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dimana penyelenggara pelayanan publik berkewajiban melakukan penilaian kinerja penyelenggaraan pelayanan publik secara berkala.

Selain itu, pengukuran kepuasan merupakan elemen penting dalam proses evaluasi kinerja dimana tujuan akhir yang hendak dicapai adalah menyediakan pelayanan yang lebih baik, lebih efisien, dan lebih efektif. Suatu pelayanan dinilai memuaskan apabila pelayanan tersebut dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pengguna layanan. Berkaitan dengan hal tersebut, Kanwil DJPb Provinsi Kalimantan Timur menyelenggarakan survei terkait dengan kepuasan pengguna layanan atau stakeholders. Survei ini bertujuan untuk mendapatkan feedback dari stakeholder atas pelaksanaan layanan Kanwil DJPb kedepannya diharapkan dapat meningkatkan kinerja layanan Kanwil DJPB Kalimantan Timur pada tahun-tahun berikutnya.

Target survei kepuasan pengguna layanan adalah minimal satu perwakilan dari 100 satker yang ditetapkan sebagai responden survei yang pernah mendapatkan layanan di Kanwil. Pelayanan publik tersebut diantaranya :

  • Revisi DIPA oleh Bidang PPA I
  • Permohonan register hibah oleh Bidang PPA I
  • Permohonan dispensasi SPM oleh Bidang PPA I
  • Permohonan dispensasi KIPS oleh Bidang SKKI
  • Konsultasi permasalahan pelaksanan anggaran oleh Bidang PPA I & PPA II
  • Rekonsiliasi laporan keuangan oleh Bidang PAPK

Pelaksanaan survei dilakukan secara langsung dan bersifat random bagi satker yang datang ke Kanwil pada bulan April hingga Juni 2019.

Berdasarkan survey tersebut, didapatkan komposisi responden survei berdasarkan grafik berikut

Dari 100 responden yang berasal dari 55% KPPN Samarinda, 34% KPPN Balikpapan, dan 11% KPPN Tanjung Redeb, sebagian besar memiliki tingkat pendidikan SMA/SMK/SLTA. Responden ini telah menerima layanan dari Kanwil dengan durasi yang bervariasi, namun yang paling dominan adalah 3-5 tahun. Selain itu, dari enam jenis layanan yang disediakan oleh Kanwil, layanan Revisi Kanwil dan Konsultasi adalah layanan yang paling sering digunakan oleh seluruh responden. Sedangkan untuk cara menerima layanan, layanan online dan kunjungan ke Kanwil DJPb adalah sarana layanan yang paling populer.

Selain itu, didapatkan juga hasil survei sebagaimana grafik berikut

Dari grafik di atas dapat diketahui bahwa nilai kepuasan layanan Kanwil DJPb selama Tahun 2019 adalah 93,17 dengan predikat sangat baik. Indeks ini merupakan rata-rata dari tujuh topik pengukuran diantaranya terkait prosedur, persyaratan layanan, respon petugas/ aplikasi, biaya layanan dan waktu penyelesaian layanan (WBK/WBBM) untuk layanan yang diberikan oleh Bidang PPA I, dan juga kelengkapan Informasi/petunjuk, sarana prasarana, kenyamanan/keamanan, serta biaya layanan (WBK/WBBM) yang diselenggarakan oleh Bagian Umum. Hasil survei di atas tentunya akan digunakan sebagai monitoring dan evaluasi serta tindak lanjut atas pelayanan publik yang diberikan kepada stakeholders dan menjadi acuan bagi pelaksanaan survei kedepannya.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search