Peta Strategi
Merupakan suatu dashboard yang memetakan Sasaran Strategis dalam suatu kerangka hubungan sebab akibat yang menggambarkan keseluruhan perjalanan strategi organisasi dalam mewujudkan visi dan misi dan media yang dapat memudahkan dalam mengomunikasikan strategi organisasi.
Peta strategi menggambarkan cara pandang organisasi dalam mengelola kinerjanya dari berbagai perspektif. Di lingkungan Kementerian Keuangan sebagaimana digunakan di lingkungan DJPb secara umum menggunakan 4 (empat) perspektif, yaitu:
1) Perspektif Stakeholder
Perspektif Stakeholder mencakup Sasaran Strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan sehingga dinilai berhasil dari sudut pandang stakeholder.
2) Perspektif Customer
Perspektif Customer mencakup Sasaran Strategis yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan customer dan/atau harapan organisasi terhadap customer.
3) Perspektif Internal Process
Perspektif Internal Process mencakup Sasaran Strategis yang ingin diwujudkan melalui rangkaian proses yang dikelola organisasi dalam memberikan layanan serta menciptakan nilai bagi stakeholder dan customer.
4) Perspektif Learning and Growth
Perspektif Learning and Growth mencakup Sasaran Strategis yang berupa kondisi ideal atas sumber daya internal organisasi yang ingin diwujudkan atau yang seharusnya dimiliki oleh organisasi untuk menjalankan proses bisnis guna menghasilkan output atau outcome organisasi yang sesuai dengan harapan stakeholder dan customer.
Pada tahun 2025, Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Selatan memiliki peta strategi dengan empat perspektif, 8 sasaran strategis dan 16 IKU yang didukung oleh 6 Inisiatif Strategis. Hal tersebut menjadi bagian dari strategi organisasi yang pada akhirnya bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi DJPb menjadi pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat dunia.