Jl. P. Diponegoro No. 30A Medan

Kajian Fiskal Regional (KFR) Provinsi Sumatera Utara Tahunan 2023

Tujuan pembangunan daerah Provinsi Sumatera Utara untuk mencapai masyarakat yang bermartabat dalam kehidupan, politik, pendidikan, kesehatan, ekonomi, pergaulan, dan lingkungan. Ini tercermin dalam visi, misi, dan sasaran pembangunan yang tercantum dalam RPJMD Provinsi Sumatera Utara 2019- 2023.

 

Sasaran pembangunan terukur dengan indikator kinerja pembangunan, seperti pertumbuhan ekonomi, Indeks Pembangunan Manusia (IPM), tingkat kemiskinan, pengangguran, indeks Gini, inflasi, dan emisi gas rumah kaca. Tujuan pembangunan diukur dan dipantau secara berkala untuk menilai kemajuan pembangunan daerah.

 

Di bidang pendidikan, tantangan mencakup akses dan mutu pendidikan yang belum merata, kurangnya ketersediaan sarana prasarana, serta kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan dunia kerja. Sementara itu, dalam kesehatan, kurangnya kualitas layanan kesehatan dan rendahnya cakupan pelayanan merupakan hambatan utama. Dari sisi ekonomi, Sumatera Utara dihadapkan pada tantangan mengelola sumber daya alam secara berkelanjutan, menciptakan iklim investasi yang kondusif, dan meningkatkan akses terhadap modal dan infrastruktur ekonomi.

 

Untuk membaca KFR ini, silahkan mengakses https://ppa2.kanwildjpbsumut.com/kfr.html.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search