Banjarnegara

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN BANJARNEGARA DUKUNG PENGARUSUTAMAAN KESETARAAN GENDERGENDER

Kamis, 9 Agustus 2018, bertempat di Ruang rapat KPPN Banjarnegara, Duta Transformasi Kelembagaan mengadakan Gugus Kendali Mutu Pengarusutamaan Kesetaraan Gender. GKM tersebut dihadiri oleh seluruh pegawai.

Banyak masyarakat luas memahami konsep gender itu hanya jenis kelamin/sex saja, akan tetapi pengertian gender yang sebenarnya itu yaitu perbedaan peran dan tanggung jawab yang dibentuk oleh masyarakat dan bersifat dinamis. selama ini kita sering memcampuradukkan ciri-ciri manusia yang bersifat kondrati dengan ciri manusia yang bersifat non kodrati. banyak kasus yang sering kita jumpai seperti laki-laki selalu berperan penting didalam setiap kesempatan , perempuan lebih telaten dalam mengurus anak, perempuan tidak terampil dalam angka, laki- laki bersifat rasional, pekerjaan tertentu hanya untuk perempuan atau laki-laki saja sehingga berpengaruh pada pola mutasi/promosi/pengembangan pegawai. kasus seperti merupakan konsep yang salah tentang kesetaraan gender dan harus diluruskan.

urgensi implementasi kesetaraan gender telah diamanatkan dalam perundangan antara lain :

1. Instruksi Presiden Nomor 9 Tahun 2000 Tentang PUG dalam Pembangunan Nasional

2. Perpres Nomor 2 Tahun 2015 Tentang RPJMN 2015-2019

3. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 94/PMK.02/2017 tentang Petunjuk Penyusunan dan Penelaahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga dan Pengesahan DIPA. 

Guna meningkatkan pemahaman akan kesetaraan gender perlu adanya dukungan dari pimpinan. produk dari  implementasi kesetaraan gender antara lain seperti peningkatan pemahaman dengan diadakannya sosialisasi/Gugus Kendali Mutu/Weekly Morning dan advokasi ke seluruh pegawai dan stake holder, penyusunan anggaran yang responsif gender, penyediaan sarana dan prasarana / fasilitas yang responsif gender, menciptakan inovasi dibidang kesetaraan gender. KPPN Banjarnegara telah mendukung kesetaraan gender dengan disediakannya ruang laktasi dan bermain anak.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search