Banjarnegara

Berita

Seputar Kanwil DJPb

KPPN Banjarnegara Serahkan DIPA Rp 1,182 T

 

Banjarnegara- Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN Banjarnegara menyerahkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) 2022 kepada Satuan Kerja (Satker) di Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo. DIPA 2022 diserahkan secara simbolis oleh Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin di dampingi Kepala KPPN Banjarnegara Sudarmaji kepada perwakilan Satker di Aula KPPN Banjarnegara, Rabu (15/12). Alokasi anggaran pada DIPA 2022 menurun dibandingan DIPA 2021. Sebab, penanganan pandemi Covid-19 masih menjadi prioritas pemerintah.

Kepala KPPN Banjarnegara Sudarmaji menyampaikan, dana APBN Tahun 2022 yang dialokasikan untuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo sebesar Rp 1,182 triliun. Turun 4,51 persen dibandingan alokasi di tahun 2021. Dikatakan, penurunan alokasi anggaran tahun 2022 karena adanya kebijakan pemerintah yang saat ini lebih memprioritaskan upaya penanganan pandemic Covid-19, yang dananya sebagian besar dialokasikan ke pusat. Dengan adanya penurunan dia meminta Satker mengoptimalkan penggunaan dana yang telah dialokasikan agar menghasilkan output sesuai target dan segera berdampak bagi kemajuan dan kesejahteraan masyarakat di Banjarnegara dan di Wonosobo.

“Anggaran tersebut nantinya akan digunakan untuk belanja pusat serta Dana Alokasi Khusus Fisik dan Dana Desa “ jelasnya.

Menyikapi penurunan alokasi anggaran pada DIPA tahun 2022, Syamsudin meminta kepada seluruh Kuasa Pengguna Anggaran untuk memaksimalkan penyerapan dana melalui langkah-lamgkah strategis. Diantaranya dengan melakukan percepatann persiapan pelaksanaan program, kegiatan atau proyek melakukan percepatan proses pengadaan barang dan jasa, menerapkan Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi, serta melakukan percepatan penyelesaian tagihan dan pengajuan Surat Perintah Membayar (SPM) ke KPPN.

‘’Pada tahun 2022, pandemi Covid-19 diperkirakan masih ada. Presiden telah mefokuskan APBN 2022 pada beberapa kebijakan utama, salah satunya melanjutkan pengendalian Covid-19 dengan memprioritaskan sektor kesehatan,” jelasnya.

Syamsudin juga meminta Aparatur Negara lebih kreatif dalam menjalankan tugas dan fungsi masing-masing, serta menyesuakan dengan kondisi pandemi. Ia juga menyampaikan apresiasi kepada jajaran KPPN Banjarnegara atas dedikasi dan kerja kerasnya dalam mengawal dan mendukung pelaksanaan APBN Kabupaten Banjarnegara dan Wonosobo sehingga manfaatnya dapat segera dirasakan oleh masyarakat.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search