Banjarnegara

Upaya merubah paradigma Penerimaan dan Pengeluaran Negara Menjelang Akhir Tahun 2017

Sebagaimana yang diutarakan oleh Kepala KPPN Banjarnegara dalam Sosialisasi PER-12/PB/2017  tentang Pedoman  Pelaksanaan Penerimaan  dan Pengeluaran Negara pada akhir tahun 2017, yang antara lain juga menekankan pada review pelaksanaan kinerja anggaran Satker dalam wilayah kerjanya, dikemukakan bahwa perlunya mendorong pelaksana kegiatan yang terkait belanja barang dan belanja modal, kinerja belanja barang dan belanja modal, adapun belanja modal yang masih rendah dimungkinkan karena pada bulan ini masih dalam tahapan pelaksanaan, yang tahapan realisasinya pada kisaran  bulan Oktober dan November.  Satker-satker yang kinerja anggarannya masih rendah agar segera mempercepat kegiatan sehingga tidak menumpuk  pada bulan Desember 2017.

 

Tidak  dipungkiri bahwa selama ini  bila menjelang akhir tahun anggaran bendahara Satuan Kerja menjadi sangat sibuk, karena semua dana yang ada pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) diupayakan penyerapannya secara maksimal baik itu GU, TU, uang lembur, vakasi, uang makan dll, atau kegiatan-kegiatan yang dapat di LS kan tidak  terkecuali kegiatan-kegiatan yang bersifat kontraktual betul betul dituntut untuk segera dicairkan. Belum lagi tentang pelaporannya ( SPJ/LPJ dll ), kesibukan tersebut dapat dilihat pada pelayanan di lobi KPPN yang terkadang sampai malam hari, agar semua SPM  dapat diproses tepat waktu.

 

Kenyataan tersebut di atas oleh Kementerian Keuangan umumnya dan KPPN khususnya sejak adanya Reformasi Birokrasi dimana didalamnya juga menuntut adanya reformasi dibidang layanan publik ke arah yang lebih baik. Untuk merubah paradigm lama tersebut beberapa tahun terakhir KPPN Banjarnegara yang memiliki  Motto “Kepuasan Anda Adalah Bukti Dari Janji Layanan Kami”.

 

Sebagai Kuasa BUN di Daerah,KPPN Banjarnegara dalam  rangka meningkatkan pelayanan yang berorientasi pada pelanggan khususnya Bendahara Pengeluaran lingkup pembayarannya telah melakukan berbagai Sosialisasi dan Bimbingan teknis pada KPA, PPK, Bendahara, maupun operator dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kinerja penyerapan anggaran yang berbasis aplikasi. Selain dari itu KPPN juga memperkenalkan berbagai sarana kemudahan yang berkaitan dengan Tekhnologi Informasi  dan aplikasi yang berbasis WEB seperti OM SPAN, SAKTI/SAS, e-Rekon/SAIBA, SIMPONI  dll.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search