Baubau

Strategi Organisasi

STAREGI ORGANISASI KPPN BAUBAU

 

Kerangka  pikir  penyelarasan  perencanaan  strategis  dan  eksekusi  strategi  berbasis Balanced Scorecard (BSC) di Kementerian Keuangan secara umum dapat digambarkan dalam bagan berikut ini:

 

 

 

 Nilai-Nilai Kemenkeu

  1. INTEGRITAS = Berpikir, berkata, berperilaku dan bertindak dengan baik dan benar serta memegang teguh kode etik dan prinsip-prinsip moral.
  2. PROFESIONALISME = Bekerja tuntas dan akurat atas dasar kompetensi terbaik dengan penuh tanggung jawab dan komitmen yang tinggi
  3. SINERGI = Membangun dan memastikan hubungan kerjasama internal yang produktif serta kemitraan yang harmonis dengan para pemangku kepentingan, untuk menghasilkan karya yang bermanfaat dan berkualitas
  4. PELAYANAN = Memberikan layanan yang memenuhi kepuasan pemangku kepentingan yang dilakukan dengan sepenuh hati, transparan, cepat, akurat dan aman
  5. KESEMPURNAAN = Senantiasa melakukan upaya perbaikan di segala bidang untuk menjadi dan memberikan yang terbaik

 

Visi dan Misi

Visi dan misi mengarahkan seluruh komponen organisasi agar memiliki gambaran/cita-cita yang sama. Hal tersebut mendasari pengambilan keputusan, perencanaan masa depan, pengkoordinasian pekerjaanpekerjaan yang berbeda, serta mendorong inovasi ke depan. Tujuan dirumuskan sebagai tahapan kualitatif untuk mewujudkan visi dan misi tersebut.


 

Sasaran Strategi dan Peta Strategi

SS adalah pernyataan mengenai apa yang harus dimiliki, dijalankan, dihasilkan atau dicapai organisasi.

 

Peta strategi adalah suatu dashboard yang menggambarkan cara pandang organisasi dari berbagai perspektif digunakan untuk menjabarkan strategi secara visual, memetakan sejumlah SS yang terangkai dalam hubungan sebab akibat, yang menggambarkan keseluruhan perjalanan strategi organisasi dalam mewujudkan visi dan misi sehingga memudahkan dalam mengkomunikasikan strategi.

 

 

Peta Strategi KPPN Baubau

Perspektif Stakeholder

Perspektif ini mencakup SS yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan sehingga dinilai berhasil dari sudut pandang stakeholder. Stakeholder (pemangku kepentingan) adalah pihak internal maupun eksternal yang secara langsung atau tidak langsung memiliki kepentingan atas output atau outcome dari suatu organisasi, namun tidak menggunakan layanan organisasi secara langsung.

Perspektif Customer

Perspektif ini mencakup SS yang ingin diwujudkan organisasi untuk memenuhi harapan customer dan/atau harapan organisasi terhadap customer. Customer (pengguna layanan) merupakan pihak luar yang terkait langsung dengan pelayanan suatu organisasi.

Perspektif Internal Process

Perspektif ini mencakup SS yang ingin diwujudkan melalui rangkaian proses yang dikelola organisasi dalam memberikan layanan serta menciptakan nilai bagi stakeholder dan customer (value chain).

 

Perspektif Learning and Growth

Perspektif ini mencakup SS yang berupa kondisi ideal atas sumber daya internal organisasi yang ingin diwujudkan atau yang seharusnya dimiliki oleh organisasi untuk menjalankan proses bisnis guna menghasilkan output atau outcome organisasi yang sesuai dengan harapan customer dan stakeholder.

Indikator Kinerja Utama (IKU)

IKU adalah tolok ukur keberhasilan pencapaian SS atau kinerja.

IKU Kemenkeu Three Tahun 2021

No

Sasaran Strategis

Indikator Kinerja Utama

Target

(1)

(2)

(3)

(4)

1.       

Pengelolaan perbendaharaan yang akuntabel

1a-N

Nilai kualitas LK Kuasa BUN KPPN

94

2.       

Birokrasi dan layanan publik yang agile, efektif, dan efisien

2a-N

Indeks kepuasan satker terhadap layanan KPPN

4,64

(skala 5)

3.       

Perumusan regulasi dan otorisasi yang kredibel

3a-N

Persentase penyelesaian SP2D secara tepat waktu

99,4%

4.       

Komunikasi, edukasi, dan standardisasi yang berkesinambungan

4a-N

Indeks  efektivitas edukasi dan komunikasi

87,5

4b-N

Persentase tingkat implementasi standardisasi kompetensi pejabat perbendaharaan

30%

4c-CP

Persentase tingkat implementasi Aplikasi  SAKTI

100%

5.       

Pengelolaan kas yang optimal

5a-CP

Persentase akurasi perencanaan kas

82%

5b-N

Indeks efektivitas pengelolaan pengeluaran kas

3,15

(skala 4)

6.       

Pelaksanaan anggaran yang efektif dan efisien

6a-CP

Nilai kinerja pelaksanaan anggaran K/L

89

6b-CP

Nilai kinerja penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa

90

6c-N

Tingkat partisipasi pelaporan data capaian output satker

89

7.       

Akuntansi dan pelaporan keuangan negara yang akuntabel, transparan, dan tepat waktu

7a-CP

Persentase  rekonsiliasi tingkat UAKPA secara  tepat waktu dan andal

98,1%

7b-N

Persentase LPJ Bendahara yang andal dan tepat waktu

98%

8.       

Organisasi dan SDM yang optimal dan berkinerja tinggi

8a-N

Nilai kualitas pengelolaan kinerja berbasis Strategy Focused Organization

84

8b-N

Nilai hasil evaluasi pelaksanaan tugas kepatuhan internal

83

8c-N

Nilai  rata–rata hard competency pegawai

78

9.       

Pengelolaan keuangan dan BMN yang efisien, efektif dan akuntabel

9a-CP

Persentase kualitas  pelaksanaan anggaran KPPN

95,5%

9b-N

Nilai  kualitas LK tingkat UAKPA dan UAKPB

82

9c-N

Tingkat kualitas pengelolaan BMN

100%

10.

Sistem informasi dan teknologi yang andal

10a-N

Persentase penyelesaian implementasi Rencana Sistem Manajemen Keamanan Informasi

80%

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search