Jakarta

Berita

Seputar KPPN

Sharing Session Peningkatan Pelayanan Pada KPPN Lingkup Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta

Dalam rangka peningkatan peningkatan pelayanan kepada stakeholder, KPPN lingkup Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta khususnya yang bertempat di Gedung KPPN Juanda mengadakan Sharing Session terkait peningkatan layanan. Acara bertempat di Aula Gedung KPPN Juanda Lantai IV pada tanggal 4 September 2019 yang bertepatan dengan Hari Pelanggan Nasional. Acara ini dihadiri oleh pejabat-pajabat kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta maupun dari Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan. Peserta sharing session yang diundang pada acara ini merupakan perwakilan satuan kerja mitra masing-masing KPPN. Masing-masing KPPN mengundang sebanyak 30 satuan kerja mitranya.

Acara dibuka oleh Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi DKI Jakarta, Ibu Rina Robiati. Ibu Rina menyampaikan bahwa untuk meningkatkan pelayanan kepada para stakeholders, Kepala KPPN dan para petugas harus mengenal apa yang diinginkan dan karakteristik masing-masing mitra kerjanya. Acara berikutnya adalah arahan dari Direktur Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan, Bapak Saiful Islam. Bapak Saiful Islam menjelaskan mengenai aplikasi SAKTI yang sedang dipersiapkan oleh Direktorat SITP untuk Kementerian/Lembaga kedepannya. Aplikasi SAKTI ini akan menggantikan aplikasi eksisting yang ada sekarang ini. Selain menjadi narasumber, Bapak Saiful Islam juga bertindak sebagai Moderator untuk masing-masing perwakilan Direktorat yang berada di Kantor Pusat Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Narasumber pertama merupakan perwakilan dari Direktorat Pelaksanaan Anggaran yaitu Kepala Seksi Konsolidasi Pelaksanaan I, Bapak Kurniawan Santoso. Bapak Kurniawan menjelaskan mengenai pelayanan Direktorat Pelaksanaan Anggaran terkait Revisi DIPA yang dilakukan oleh Kementerian/Lembaga. Narasumber kedua merupakan perwakilan dari Direktorat Pengelolaan Kas Negara, Bapak Rusli Zulfian, Kepala Seksi Konsolidasi Rekening dan Dukungan Teknis. Bapak Rusli menjelaskan mengenai pengelolaan kas dan standar layanan yang dilakukan oleh KPPN sebagai Kuasa BUN.

Narasumber ketiga merupakan perwakilan dari Direktorat Sistem Perbendaharaan, Bapak Triyanto, Kepala Seksi Standardisasi dan Pengembangan Kapasitas Pengelola Perbendaharaan  I. Bapak Triyanto menjelaskan mengenai Jabatan Fungsional yang akan diterapkan di Pejabat Perbendaharaan masing-masing Kementerian Lembaga.  Narasumber berikutnya merupakan Kepala Seksi Akuntansi Pusat dan Pelaporan Realisasi Anggaran Bendahara Umum Negara, Direktorat Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, Bapak Andi Khaeruddin. Bapak Andi menjelaskan mengenai rekonsiliasi yang wajib dilakukan oleh satuan kerja dan terkait penyusunan laporan keuangan. Perwakilan selanjutnya merupakan narasumber dari Direktorat Sistem Informasi dan Teknologi Perbendaharaan, Bapak Yusuf Abdin Bahtiar, Kepala Seksi Pengelola Data Referensi dan Pengguna Sistem. Bapak Yusuf menjelaskan mengenai sistem dan teknologi yang dipakai oleh para satuan kerja mitra kerja KPPN.

Selanjutnya, narasumber terakhir merupakan Tenaga Pengkaji Bidang Perbendaharaan, Bapak Syafriadi. Bapak Syafriadi juga menjadi moderator untuk sesi diskusi di sesi berikutnya. Setelah paparan dari para nasumber, acara dilanjutkan dengan sesi diskusi kepada para peserta dari perwakilan satuan kerja Kementerian/Lembaga. Pertanyaan yang masuk berasal dari perwakilan Kementerian Luar Negeri (Mitra Kerja KPPN Jakarta I) yang menanyakan mengenai pembukuan perwakilan Indonesia yang ada di luar negeri yang memakai sistem dari internal Kementerian Luar Negeri. Pertanyaan kedua berasal dari satuan kerja Komisi Pemilihan Umum (Mitra Kerja KPPN Jakarta IV). Dan pertanyaan terakhir berasal dari perwakilan satuan kerja dari Kementerian Agama yang menanyakan mengenai jabatan fungsional bendahara. Setelah acara selesai, para tamu undangan dipersilakan untuk mengambil makan siang dengan Para Kepala KPPN membantu untuk mengambilkan makanan.

Dengan adanya acara seperti ini diharapkan KPPN lingkup Kanwil DJPb Provinsi DKI Jakarta mampu meningkatkan kualitas pelayanannya agar stakeholders mendapat pelayanan yang baik dan memuaskan.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search