Jl.Kopral Sayom No. 26 Klaten

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Simulasi Penanganan Kebakaran di Lingkungan KPPN Klaten

KPPN Klaten sebagai kantor pemerintah memiliki tingkat risiko kebakaran yang tinggi. Kebakaran di perkantoran dapat menimbulkan kerugian yang sangat besar karena menyangkut nilai aset yang tinggi yang berupa dokumen penting, asset Negara, serta sejumlah data penting yang tersimpan secara elektronik. Kasus kebakaran juga banyak terjadi yang bersifat fatal dan banyak menelan korban serta kerugian yang tidak sedikit.

 

Maka guna meningkatkan kesadaran, kesigapan, dan kecakapan dalam menghadapi bencana kebakaran, KPPN Klaten bekerja sama dengan CV. Mitra Mandiri sebagai pemberi jasa di bidang APAR mengadakan simulasi tanggap darurat kebakaran,  turut dihadiri seluruh pegawai dari KPPN Klaten. Kegiatan tersebut terselenggara di lapangan olah raga KPPN Klaten pada hari Kamis, 1 September 2022.

 

Dalam pemberian materi yang disampaikan oleh Bapak Suharno, beliau menjelaskan mengenai bahaya dan pemicu kebakaran. Ada 3 (tiga) unsur yang menjadi komponen terbentuknya  api atau biasa disebut segitiga api, yaitu: material mudah terbakar, panas, dan oksigen. Setelah pengetahuan dasar mengenai api dan kebakaran diberikan, selanjutnya dilakukan simulasi bagaimana cara memadamkan kebakaran pada gedung/bangunan, diantaranya adalah pemadaman api secara tradisional dengan menggunakan karung goni, serta pemadaman api dengan alat pemadam api modern dengan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) berbahan dry powder dan CO2 .

Dalam kegiatan tersebut para warga KPPN Klaten diberikan kesempatan untuk mempraktikan cara pemadaman api secara langsung, sekaligus mengaplikasikan teori yang telah diberikan. Seluruh  pegawai yang hadir sangat antusias dan bersemangat untuk mencoba melakukan pemadaman api secara bergantian. Satu per satu  pegawai secara bergantian mencoba memadamkan api menggunakan karung goni, dan APAR. Ada yang tanpa kesulitan langsung dapat memadamkan api dan ada pula yang baru dapat memadamkan api melalui beberapa kali percobaan. Setelah mendapatkan pengetahuan dan melakukan pemadaman api secara langsung diharapkan seluruh pegawai dapat dengan sigap dan tepat menghadapi situasi tanggap darurat kebakaran saat terjadi.

 

Simulasi pemadaman kebakaran ini diharapkan mampu memberikan pemahaman dan pengetahuan dasar penanggulangan keadaan darurat bencana kebakaran bagi seluruh pegawai KPPN Klaten, sehingga dimanapun dan kapanpun bencana kebakaran  terjadi dapat dengan cepat ditanggulangi untuk meminimalisir kerugian baik jiwa maupun materil.

 

Prima-KPPN Klaten

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Klaten
Jalan Kopral Sayom No 26 klaten 57435
Call Center: 14090
Tel: 0272-3320445 Fax: 0272-3320443

 

 IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search