Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518); Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

Berita

Seputar KPPN Kolaka

Sosialisasi Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan APBN Tahun 2022 serta Layanan Ketaspenan dan Perbankan Bank Mandiri Taspen

Mengawali tahun 2022, KPPN Kolaka bersama PT Bank Mandiri Taspen Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kolaka menyelenggarakan kegiatan sosialisasi kepada kepada satuan kerja di lingkup wilayah kerja Kolaka Raya. Kegiatan ini bersifat hybrid, diselenggarakan di Hotel Sutan Raya pada hari Kamis, 13 Januari 2022 berdasarkan Surat Undangan Kepala KPPN Kolaka Nomor UND-2/WPB/28/KP.04/2022 Tanggal 10 Januari 2022 Hal Sosialisasi Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan APBN TA 2022 serta Layanan Ketaspenan dan Perbankan PT Bank Mandiri di Lingkup Wilayah KPPN Kolaka serta melalu media zoom meeting.

Kegiatan yang rutin diselenggarakan tiap awal tahun ini terasa berbeda, karena didukung oleh PT Bank Mandiri Taspen Persero KCP Kolaka dengan mengundang narasumber dari PT Bank Mandiri Taspen Persero Cabang Kendari dan PT Taspen Persero Cabang Kendari. Kolaborasi ini tercipta mengingat stakeholder KPPN juga merupakan mitra dari PT Taspen serta potential market bagi PT Bank Mandiri Taspen. Dengan menyelenggarakan kegiatan sosialisasi bersama, diharapkan satuan kerja dapat memperoleh informasi sebanyak-banyaknya dalam satu acara sehingga lebih efisien.

 

Materi dibawakan dalam tiga sesi, diawali dengan langkah strategis pelaksanaan APBN TA 2022 agar semua program K/L yang telah direncanakan dan disediakan dalam DIPA satker dapat segera dimulai eksekusinya. Percepatan program merupakan bagian dari pembangunan nasional sehingga tidak boleh tertunda pelaksanaannya. Dengan memulai lebih awal (early start) diharapkan satuan kerja memiliki cukup waktu untuk mengatasi kendala-kendala yang terjadi di lapangan. Melalui evaluasi pelaksanaan anggaran TA 2021 dengan menggunakan indikator IKPA, diperoleh satker yang berhasil menyelesaikan kegiatan sepanjang tahun dengan optimal maupun yang masih dapat ditingkatkan kinerjanya. KPPN Kolaka berharap satker yang memperoleh nilai IKPA tinggi untuk dapat mempertahankan kinerja pelaksanaan anggaran, sedangkan satker yang memperoleh IKPA rendah akan menjadi fokus perhatian dan dukungan KPPN. Dari sisi pelaporan, KPPN Kolaka mengingatkan satuan kerja dalam pelaksanaan rekonsiliasi beserta titik-titik rawan permasalahan dalam penyusunan laporan keuangan, khususnya perbedaan data yang berpengaruh pada pencatatan akuntansi. Penyusunan laporan tingkat UAKPA Tahun 2021 diharapkan dapat diselesaikan dengan lancar, baik pada periode unaudited sampai dengan audited.

Sesi kedua dibawakan oleh narasumber PT Taspen dengan memaparkan gambaran organisasi PT Taspen, hak kewajiban pegawai baik semasa aktif maupun di masa pensiun sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, serta inovasi-inovasi yang dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada pensiunan, khususnya di bidang teknologi seperti pemanfaatan smartphone untuk verifikasi menggunakan biometrik. Pada sesi terakhir, narasumber dari PT Bank Mandiri Taspen Cabang Kendari memaparkan produk-produk unggulan yang dapat diperoleh nasabah calon pensiunan dan pensiunan yang melakukan pengelolaan dana melalui PT Bank Mandiri Taspen, seperti administrasi yang mudah dan murah, dukungan kewirausahaan baik dari segi pembiayaan dan pelatihan hingga dukungan pendampingan kemitraan. Mengingat PT Bank Mandiri Taspen merupakan anak usaha dari PT Taspen dengan kepemilikan saham 50%, pelayanan ketaspenan di wilayah Kolaka Raya dapat dilakukan oleh PT Bank Mandiri Taspen KCP Kolaka tanpa harus jauh-jauh ke Kendari. Sejak berdiri di tahun 2019, PT Bank Mandiri Taspen KCP Kolaka sudah melayani hingga 500 nasabah di wilayah Kolaka Raya.

Peserta sosialisasi terlihat antusias mengikuti seluruh jalannya acara, terlihat dari tingkat partisipasi yang tinggi pada sesi tanya jawab. PT Bank Mandiri Taspen berharap agar sinergi dengan KPPN Kolaka dapat terus terjalin agar kedua instansi dapat bersama-sama memberikan pelayanan yang terbaik di wilayah kerja Kolaka Raya.   

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

KPPN Kolaka
Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518) 
Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

IKUTI KAMI