Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518); Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

Berita

Seputar KPPN Kolaka

FGD BELANJA NEGARA YANG BERKUALITAS DALAM PERSPEKTIF BEST PRACTISE DAN AKADEMIS

KPPN Kolaka pada tanggal 24 Mei 2022 melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) Belanja Negara yang Berkualitas dalam Perspektif Best Practice dan Akademis bertempat di Aula KPPN Kolaka. Acara tersebut dipimpin oleh Kepala KPPN Kolaka Bpk. Arief Rokhman dengan dipandu oleh MC Sdri. Manzilah Salsabilah. Narasumber yang dihadirkan berasal dari Direktorat Pelaksanaan Anggaran-DJPb-Kementerian Keuangan dan Dosen Universitas Sembilanbelas November Kolaka.

Plt. Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sultra Bpk Syaiful menyamaikan opening speech dengan menjelaskan pentingnya belanja yang berkualitas. Pada tahap pelaksanaan anggaran, diketahui bersama bahwa proses implementasi melalui tahapan input- proses - output - outcome - dan impact. Anggaran yang baik diukur dari impact yang diharapkan, namun seringkali sulit terukur. Untuk saat ini, baru sampai pada tahap output yang dapat diukur, dan diharapkan agar Satuan Kerja dapat melaporkan capaian output sesuai dengan yang tercantum dalam Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) sebagai wujud akuntabliitas. Bpk Syaiful juga mengingatkan peran penting Bendahara Umum Negara (BUN) dalam pelaksanaan APBN, yakni Direktorat Pengelolaan Kas Negara (PKN) selaku Kuasa BUN Pusat dan Kepala KPPN selaku Kuasa BUN Daerah. Satuan Kerja dapat berkonsultasi dengan BUN untuk memastikan belanja yang berkualitas.

Pada kesempatan yang baik tersebut, KPPN Kolaka memperkenalkan inovasi terbaru yakni Gemar Beramal (Gerakan Masif Bersama Agar IKPA Maksimal). Gemar Beramal merupakan suatu bentuk kolaborasi antara KPPN Kolaka dengan satuan kerja, Kanwil Ditjen Perbendaharaan Sultra dan satker tingkat Regional/Kanwil melalui serangkaian kegiatan yang didesain untuk mewujudkan kualitas pelaksanaan anggaran khususnya IKPA. Adapun seluruh inovasi KPPN Kolaka telah dibukukan dalam bentuk buku profil KPPN Kolaka, baik dalam bentuk hardcopy dan softcopy yang dapat diunduh pada website ini.

Secara luring, acara dimaksud dihadiri oleh Kapolres Kolaka Utara, Kepala BNNK Kolaka, Kepala BPS Kolaka dan para KPA satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Kolaka. Sedangkan secara daring, diikuti oleh satuan kerja di lingkup KPPN Kolaka serta disiarkan secara live melalui youtube resmi KPPN Kolaka. Narasumber dari Direktorat Pelaksanaan Anggaran, Sdr Tommy Helmiwan memaparkan bahwa kualitas pelaksanaan anggaran ditentukan dari value for money (VfM) yang meliputi unsur 3E (ekonomi, efektif, dan efisien). Adapun narasumber dari Universitas Sembilanbelas November Kolaka Sdri. Michen memaparkan bahwa sepanjang memenuhi ketentuan perundang-undangan yang berlaku, maka belanja dapat dikatakan berkualitas. Peserta yang hadir terlihat antusias mengikuti pemaparan yang disajikan dan berharap dapat dilakukan pembahasan lebih rinci dan teknis seputar hal-hal yang dapat meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran sehingga dapat menjadi masukan yang komprehensif bagi satuan kerja dalam melaksanakan belanja yang berkualitas. (Fer/red)

  

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

KPPN Kolaka
Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518) 
Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

IKUTI KAMI