Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518); Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

Berita

Seputar KPPN Kolaka

Friendly Visit KPPN Bau-Bau dalam rangka Study Tiru Pembangunan ZI Menuju WBBM dan Pemaparan Inovasi

Pada hari Senin, 22 Mei 2023, KPPN Bau-Bau mengunjungi KPPN Kolaka. Kegiatan ini untuk mendapatkan pemahaman mendalam mengenai strategi pencapaian keberhasilan KPPN Kolaka dalam meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) pada tahun 2022. Sebagaimana diketahui, baru KPPN Kolaka saja yang berhasil meraih predikat tersebut di wilayah Sulawesi Tenggara. Dalam rangka menjaga keberlanjutan Program Pembangunan Zona Integritas setelah memperoleh predikat WBK pada tahun 2020, KPPN Bau-Bau melaksanakan studi tiru implementasi Program Pembangunan Zona Integritas menuju WBBM pada KPPN Kolaka, yang antara lain terkait tatakelola penatausahaan dokumen dan penyusunan laporan pembangunan Zona Integritas.

Pada kesempatan tersebut, seluruh tim KPPN Kolaka bersemangat membagikan pengalamannya sebagai wujud penularan virus ZI WBK/WBBM. Apa yang dibagikan KPPN Kolaka merupakan pengetahuan setelah mengalami dua kali periode field evaluation, dimana pada kesempatan pertama mengalami kegagalan di tahun 2021, dan keberhasilan pada kesempatan ke dua di tahun 2022. Seluruh pengalaman tersebut, baik kegagalan maupun keberhasilan, menjadi bekal berharga sekaligus menjadi penyemangat bagi unit lain untuk terus berupaya menjadi lebih baik sekaligus pantang menyerah. Kegiatan ini sekaligus me-refresh pegawai KPPN Kolaka mengenai perjuangan yang telah dilakukan, bersyukur atas pencapaian yang telah diraih, dan melanjutkan perjuangan untuk mempertahankan apa yang telah diraih serta terus berbenah diri sebagai wujud continous improvement dan organisasi pembelajar (learning organization). Ada pepatah yang mengatakan bahwa mempertahankan lebih sulit daripada meraih. Untuk itu, KPPN Kolaka juga tidak boleh berpuas diri atas pencapaian yang telah diraih.

Materi yang dibagikan antara lain poin-poin pengungkit, kedeltaan, inovasi dan dampaknya, prestasi-prestasi. Dokumentasi yang perlu dikumpulkan untuk mendukung pengungkit tersebut, bagaimana mempresentasikan paparan kepada tim penguji, mengidentifikasi dan menginventarisir peristiwa-peristiwa penting dalam pelaksanaan pekerjaan yang dapat mendukung dan memberikan keyakinan bahwa unit telah memberikan pelayanan yang berintegritas, juga menjadi hal-hal penting dalam pelaksanaan field evaluation. Seluruh upaya tersebut memerlukan dukungan penuh dari seluruh pegawai dan PPNPN. Dukungan, dorongan dan motivasi dari pimpinan sebagai role model diperlukan untuk menjaga semangat seluruh pegawai mengingat persiapan untuk meraih WBBM membutuhkan waktu yang tidak sedikit, hingga satu tahun penuh. Tidak lupa hal yang sering terlupakan adalah kesiapan sarana pendukung seperti jaringan internet, kelistrikan, dan perangkat IT, menjadi hal yang krusial untuk mendukung pelayanan yang berkualitas, mempercepat kolaborasi dan sinergi, meningkatkan integritas melalui pelayanan yang modern, serta menciptakan lingkungan yang kondusif guna melahirkan inovasi yang merupakan cikal bakal lahirnya zona birokrasi yang bersih melayani.

Sesi selanjutnya, KPPN Bau-Bau memaparkan inovasi yang diunggulkan, yang dapat direplikasi KPPN Kolaka. Inovasi tersebut bermanfaat untuk peningkatan pelayanan khususnya dalam kelengkapan LPJ Bendahara. Melalui inovasi tersebut, KPPN dapat memastikan kebenaran dan kelengkapan dokumen pendukung LPJ Bendahara yang merupakan produk dari kinerja seksi lain. Inovasi ini mensinergikan pekerjaan lintas seksi di KPPN sehingga lebih terpadu dengan hasil akhirnya adalah kelengkapan LPJ Bendahara. Untuk melaksanakan inovasi ini, KPPN Bau-Bau berhasil mendapatkan komitmen pegawai di seluruh seksi dalam memberikan support data sesuai dengan tugas masing-masing. Tingkat kerumitan dalam penyusunan inovasi ini cukup tinggi, sehingga replikasi merupakan hal yang sangat bermanfaat dibandingkan penyusunan ulang. Dari sisi pengoperasian, cukup mudah karena terkait dengan proses bisnis normal namun memerlukan asistensi pada tahap awal. Inovasi ini dapat dikategorikan sangat baik dan bahkan dapat menjadi keunggulan bagi KPPN Bau-Bau sebagai modal meraih predikat WBBM.

Tidak terasa, sudah satu hari kerja penuh KPPN Kolaka dan KPPN Bau-Bau melakukan brainstorming yang sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak. Semoga silaturahmi ini dapat terus berjalan dan menjadi bentuk simbiosis mutualisme untuk bersama-sama meraih kesempurnaan, sesuai dengan nilai-nilai Kementerian Keuangan!.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

KPPN Kolaka
Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518) 
Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

IKUTI KAMI