Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518); Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

Berita

Seputar KPPN Kolaka

Stakeholder Day 2023 KPPN Kolaka

 

 Pada hari Rabu, 21 Juni 2023, seluruh stakeholder KPPN Kolaka berkumpul di aula KPPN Kolaka. Kegiatan Stakeholder Day KPPN Kolaka Tahun 2023 yang ber-tagline "Kolaborasi Berintegritas, Raih Kinerja Berkualitas" ini merupakan bentuk apresiasi terhadap seluruh mitra KPPN Kolaka dalam rangka melaksanakan tugas fungsinya masing-masing sehingga menghasilkan kinerja APBN yang berkualitas. Sebagai Bendahara Umum Negara di daerah, KPPN Kolaka bertugas menyalurkan dana APBN untuk wilayah Kolaka Raya. Penyaluran APBN ini tentunya diharapkan memberikan output, outcome dan impact yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakat, baik dalam bentuk pelayanan maupun fasilitas publik yang berkualitas. Untuk menghasilkan output, outcome, dan impact ini, tentunya membutuhkan kolaborasi dan sinergi lintas instansi Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah selaku eksekutor di lapangan. Setiap uang APBN yang digelontorkan, tentunya harus memperhatikan aspek 3E, yakn ekonomis, efektifias, dan efisien sehingga fungsi APBN dapat berjalan dengan maksimal. Aspek 3E ini dapat berjalan dengan baik apabila seluruh eksekutor di lapangan dapat menjaga integritas dalam menjalankan tugasnya masing-masing. Oleh karena itu, KPPN Kolaka mengajak seluruh stakeholder untuk menjaga nilai integritas, dimulai dari diri sendiri dan mampu menjadi role model bagi rekan kerja maupun unit kerja lain. Mengapa demikian? karena di mata publik, kita semua adalah satu kesatuan yang disebut sebagai pemerintah. 

Namun demikian, stakeholder di sini bukan hanya pemerintah saja, dalam hal ini Satuan Kerja Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah. Stakeholder di sini juga meliputi perbankan dan lembaga keuangan bukan bank (LKBB). Adapun perbankan di area Kolaka Raya yang turut membantu terselenggaranya acara ini meliputi BRI, Bank Mandiri, BNI, BSI, Bank Sultra, dan Bank Muamalat. Sementara lembaga keuangan bukan bank di area Kolaka Raya yang hadir meliputi PT Pegadaian dan PT Permodalan Nasional Madani (PNM).

Sejalan dengan semangat digitalisasi, setiap peserta yang hadir diminta untuk mengisi presensi secara digital pada QR Code. Digitalisasi merupakan sebuah keniscayaan, perubahan jaman yang menjadi tuntutan masyarakat dalam mensimplifikasi birokrasi dan mempercepat delivery pelayanan. Pada akhir acara, setiap peserta yang mengisi daftar hadir berkesempatan untuk mendapatkan doorprize dari mitra perbankan, yang tentunya dipilih secara acak. 

Acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan doa sebagai bentuk nasionalisme dan cinta tanah air. Selanjutnya dibuka oleh Kepala KPPN Kolaka, Setyawan yang mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh stakeholder KPPN Kolaka dalam memberikan kinerja terbaik dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di Kolaka Raya. Di samping itu, beliau juga berpesan agar seluruh pihak mempertahankan dan menjaga integritas, khususnya dalam berinteraksi dengan KPPN Kolaka yang senantiasa memberikan layanan tanpa biaya. Semoga semangat integritas tersebut dapat menular hingga ke unit kerja lainnya. Acara dilanjutkan dengan memberikan penghargaan kepada peserta yang datang lebih awal sebagai bentuk apresiasi terhadap kedisplinan, kemudian dilanjutkan dengan sesi pemberian penghargaan untuk periode Semester I 2023.

Pemberian penghargaan dalam kategori penyampaian LJP Terbaik diberikan kepada:

  1. Pengadilan Agama Lasusua
  2. Kementerian Agama Kolaka Utara
  3. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kolaka Utara

Pemberian penghargaan dalam kategori nilai IKPA Terbaik di pagu kecil (s.d 3 Miliar) diberikan kepada:

  1. Madrasah Aliyah Negeri 2 Kolaka
  2. Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Kolaka
  3. Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kolaka

Pemberian penghargaan nilai IKPA Terbaik di pagu sedang (3 s.d 10 Miliar) diberikan kepada:

  1. Badan Pusat Statistik Kab. Kolaka
  2. Rumah Tahanan Negara Kolaka
  3. Pengadilan Negeri Kolaka

Pemberian penghargaan nilai IKPA Terbaik di pagu besar (> 10 Miliar) diberikan kepada:

  1. Polres Kolaka
  2. Kementerian Agama Kabupaten Kolaka
  3. Polres Kolaka Utara

Sesi selanjutnya adalah sesi kuis tepuk tangan yang bertujuan untuk meningkatkan fokus dan atensi peserta. Dilanjutkan dengan materi integritas yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan jujur untuk dimulai dari hal-hal yang kecil dan sederhana. Sesi kemudian dilanjutkan dengan kuis memanfaatkan fasilitas quizizz.com dimana seluruh peserta diminta untuk menjawab seluruh pertanyaan yang tersedia terkait integtiras, menggunakan smartphone masing-masing. Apabila peserta mengalami gangguan mengakses internet, dapat memanfaatkan fasilitas wifi yang telah tersedia di KPPN Kolaka khusus untuk tamu yang selama ini memang disediakan untuk meningkatkan performa layanan bagi tamu yang berkunjung ke KPPN Kolaka. Materi dilanjutkan dengan perpajakan yang dibawakan langsung oleh pegawai KPP Kolaka, sebagai perwujudan dari Kemenkeu Satu. Materi perpajakan yang dibawakan adalah kali ini adalah tentang harmonisasi perpajakan, termasuk penggunaan NIK sebagai pengganti NPWP. 

Pada sesi terakhir, diakhiri dengan games lipan yang menuntut kerjasama sebagai perwujudan nilai kolaborasi dan sinergi. Di akhir penutup acara, dilaksanakan sesi pembagian doorprize dari presensi peserta yang hadir. Seluruh peserta terlihat antusias dan aktif mengikuti acara dimaksud. Dengan saling menjalin silaturahmi yang hangat, diharapkan dapat membawa kolaborasi yang semakin berintegritas untuk meningkatkan kinerja berkualitas. Salam HEBAT!

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

KPPN Kolaka
Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518) 
Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

IKUTI KAMI