Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518); Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

Berita

Seputar KPPN Kolaka

Sosialisasi Penyusunan Revisi Halaman III DIPA dan Pengisian Target Capaian Output Triwulan IV Tahun 2023

Pada tanggal 5 Oktober 2023, Indonesian Treasury (Intress) KPPN Kolaka menyelenggarakan kegiatan sosialisasi penyusunan revisi Halaman III DIPA dan Pengisian Target Capaian Output Triwulan IV Tahun 2023 secara daring melalui media zoom meeting. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WITA dengan dihadiri operator pengganggaran dan operator komitmen satuan kerja mitra KPPN Kolaka.

Ketentuan yang menjadi dasar kegiatan ini adalah Peraturan Menteri Keuangan Nomor 62 Tahun 2023 tentang Perencanaan Anggaran, Pelaksanaan Anggaran, serta Akuntansi dan Pelaporan Keuangan; dan Peraturan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-5/PB/2023 hal Petunjuk Teknis Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) Belanja Kementerian/Lembaga.

Kepala KPPN Kolaka, Setyawan, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas kolaborasi dan sinergi satuan kerja dalam melaksanakan pengawalan APBN dan pelaksanaan tugas fungsi serta penugasan khusus lainnya. Beliau juga menyampaikan permohonan maaf atas kendala yang terjadi terkait tanda tangan elektronik (TTE) yang dinyatakan sebagai keadaan kahar (force majeur) yang berada di luar kendali Kementerian Keuangan, serta menyampaikan rasa terima kasih atas pengertian satuan kerja dalam penyelesaian permasalahan tersebut. Tidak lupa beliau mengingatkan untuk terus dijaga koordinasi antara KPPN dengan satker, khususnya dalam mengatasi permasalahan. Di periode Triwulan IV, tiap satuan kerja perlu mengawal persiapan tahun anggaran 2024, sambil menuntaskan tugas di akhir tahun 2023, dengan mengatur waktu dan ritme untuk menyelesaikan tugas pada kesempatan pertama, tidak menunda-nunda hingga hari terakhir, agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan. Tidak kalah penting juga untuk selalu prudent dalam pelaksanaan APBN.

Materi dibawakan oleh PTPN KPPN Kolaka, Bapak Malik Arifin terkait pengisian proyeksi capaian output Triwulan IV Tahun 2023. Dimulai dengan overview materi kemudian dilanjutkan dengan pembahasan proses bisnis serta alur pengisian capaian output pada Aplikasi SAKTI. Selain itu, beliau juga menyampaikan penjelasan untuk beberapa komponen yang perlu dipahami dalam pelaksanaan penginputan proyeksi capaian output diantaranya:

  1. formulasi penilaian capaian output
  2. target progress capaian rincian output (TPCRO)
  3. target realisasi volume rincian output (TRVRO)
  4. polarisasi capaian, dan 
  5. polarisasi waktu.

Penjelasan dilanjutkan dengan pemaparan kembali fitur-fitur Aplikasi SAKTI.

Pada kesempatan kedua, beliau menyampaikan materi tentang revisi halaman III DIPA. Setelah overview, pemaparan yang disampaikan terkait:

  1. periode posting pemutakhiran
  2. langkah pemutakhiran Halaman III DIPA
  3. contoh perhitungan terkait pemutakhiran, dan
  4. kinerja deviasi halaman III DIPA beserta permasalahan umum dan rekomendasi.

Kegiatan kemudian diakhiri dengan sesi tanya jawab.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

KPPN Kolaka
Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518) 
Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

IKUTI KAMI