Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518); Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

Berita

Seputar KPPN Kolaka

Kegiatan Roll Out Penyampaian dan Validasi LPJ Bendahara Pengeluaran melalui Aplikasi SAKTI

Indonesian Treasury (InTress) KPPN Kolaka melaksanakan Roll Out Penyampaian dan Validasi LPJ Bendahara Pengeluaran melalui Aplikasi SAKTI pada hari Jumat, 1 Maret 2024 pukul 09.00 WITA secara luring. Kegiatan ini dihadiri oleh Satker lingkup Mahkamah Agung (BA 005), Kementeriah Hukum dan HAM (BA 013), Kementerian Agama (BA 025), dan POLRI (BA 060). Adapun Satker Lingkup KPPN Kolaka yang hadir meliputi Kejaksaan Negari Kolaka, Pengadilan Negeri Kolaka, MAN 1 Kolaka, MAN 1 Kolaka Utara, MTsN 1 Kolaka Timur, MTsN 1 Kolaka, Dinas Perkebunan dan Hortikultura Kolaka Timur, MTsN 1 Kolaka Utara, Kementerian Agama Kolaka Timur, MAN 2 Kolaka, dan Pengadilan Negeri Lasusua.

Kegiatan dibuka dengan arahan dari Kepala Seksi VeraKI, Bapak Wishnu Wardhana. Beliau menyampaikan pelaksanaan Roll Out penyampaian validasi LPJ Bendahara Pengeluaran melalui aplikasi SAKTI ini bertujuan untuk simplifikasi proses bisnis. Saat ini seluruh bendahara pengeluaran melakukan validasi LPJ melalui SAKTI, sementara untuk bendahara penerimaan masih menggunakan aplikasi SPRINT. Pembahasan terkait Roll Out penyampaian validasi LPJ Bendahara Pengeluaran melalui aplikasi SAKTI disampaikan langsung oleh Pejabat Fungsional, Bapak Moh Abdul Malik Arifin.

 

Bapak Abdul Malik menjelaskan tahapan yang perlu dilakukan Bendahara Satker yakni menginput saldo kas tunai dan saldo per rekening, melakukan unggah salinan rekening koran, memberikan penjelasan selisih jika terdapat selisih, menyimpan konsep LPJ, melakukan validasi LPJ, mengupload dokumen pendukung, dan terakhir KPA/Bendahara mengirim LPJ yang telah lengkap ke KPPN. Sebelum mengirim LPJ kepada KPPN Bendahara melakukan upload tiga dokumen pendukung yang terdiri dari LPJ Bendahara, Saldo Rekening, Konfirmasi Penerimaan Negara, dan Hasil Pemeriksaan Kas. Pada kegiatan tersebut Bapak Darwis dari Kemenag Kolaka Timur, dan Bapak Sahrullah dari MTsN 1 Kolaka Timur mempraktikkan secara langsung tahapan validasi LPJ Bendahara Pengeluaran melalui aplikasi SAKTI.

Dari kegiatan terkait Roll Out penyampaian validasi LPJ Bendahara Pengeluaran melalui aplikasi SAKTI tersebut, diharapkan seluruh satker dapat melakukan pengiriman LPJ melalui SAKTI dengan lancar dan tepat waktu. Langkah selanjutnya adalah melakukan monitoring terhadap LPJ yang telah dikirimkan oleh satker.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

KPPN Kolaka
Jl. Bendungan Balandete Km. 6, Balandete, Kolaka, Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (93518) 
Telp (0405) 2325553; Faks (0405) 2321326

IKUTI KAMI