Jl. Yakut No. 19, Kotabaru – 72116

Berita

Seputar KPPN Kotabaru

Wujudkan percepatan implementasi pembayaran digital, KPPN Kotabaru sosialisasikan implementasi Digital Payment – Marketplace ke satuan kerja

Untuk mewujudkan tata kelola rekening pemerintahan baik serta mendorong percepatan implementasi Digital Payment – Marketplace, KPPN Kotabaru menyelenggarakan Sosialisasi Implementasi Pengelolaan Rekening Pengeluaran Milik Kementerian Negara/Lembaga serta Sosialisasi Implementasi Digital Payment – Marketplace (Rabu,3/03/2021).

Acara dibuka oleh Kepala KPPN Kotabaru, Ahmad Bermadi. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan harapan bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat bagi satuan kerja dalam pelaksanaan APBN yang efisien, efektif, dan akuntabel. Sosialisasi ini dihadiri oleh perwakilan satuan kerja dan perwakilan Bank Persepsi yang menangani Marketplace.

Pemaparan kedua materi dilakukan oleh Alfath Wiljovit, pelaksana Seksi Bank KPPN Kotabaru. Dalam Paparan disampaikan bahwa tujuan pengelolaan rekening pengeluaran adalah agar konsolidasi saldo rekening pengeluaran hanya pada satu rekening induk pemerintah. Dan untuk operasional rekening, diatur penggunaan rekening induk dan rekening satker (virtual account). Sedangkan untuk Marketplace, tujuannya untuk otomatisasi dan efisiensi karena semua proses dilakukan daring melalui aplikasi web dan pembayaran melalui kartu debit/CMS/KKP. Manfaat lain marketplace adalah adanya integrasi dari proses pengadaan, pembayaran, perpajakan dan pelaporan dari transaksi barang.



Masih dalam rangkaian sosialisasi, dilaksanakan launching layanan inovasi oleh KPPN Kotabaru. Layanan yang diperkenalkan kepada satuan kerja  merupakan inovasi di tahun 2021 yaitu Layanan Anti RR Club, Pian Melapor, dan Sampian081.
-    Anti RR Club adalah layanan daring untuk mencegah retur SP2D untuk satker dengan supplier baru
-    Pian Melapor adalah layanan pengaduan daring bagi stakeholder yang ingin mengajukan aspirasi terkait pelayanan KPPN Kotabaru dan menyampaikan pengaduan terkait gratifikasi
-    Sampian merupakan inovasi layanan terintegrasi terkait dengan akuntansi dan pelaporan satker.

Diharapkan, melalui layanan unggulan tersebut, mitra kerja KPPN Kotabaru dapat semakin meningkat kepuasan dalam mengakses layanan di KPPN Kotabaru, serta meningkatkan kinerja KPPN Kotabaru kedepan.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

 

 

 

Search