Dalam rangka meningkatkan kualitas layanan, KPPN Lubuk Linggau menyelenggarakan Pelatihan Service Excellence untuk internal KPPN Lubuk Linggau dengan mengambil tema “Profesional dan Modern dengan Layanan Prima”. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu , tanggal 03 Desember 2016 di Aula KPPN Lubuk linggau. Kegiatan ini diselenggarakan dengan bekerjasama dengan Bank Mandiri Cabang Lubuk Linggau.
Kegiatan ini bersifat mandatory karena telah tertuang dalam DIPA KPPN Lubuk Linggau tahun 2016. Dalam Pelatihan Service Excellence tahun ini, ada serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh KPPN Lubuk Linggau antara lain Internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan dan Budaya Kerja Ditjen Perbendaharaan yang diikuti oleh seleuruh pegawai KPPN Lubuk Linggau dan penyampaian Materi Service Excellent dan Teknik Pelayanan Prima oleh narasumber dari Bank Mandiri Cabang LubukLinggau .
Dalam kegiatan Internalisasi Nilai-Nilai Kementerian Keuangan ,Kepala KPPN Lubuk Linggau, Arie Suwandani, menyampaikan seluruh pegawai KPPN Lubuk Linggau harus dapat menjawab tantangan terkini dan masa depan dalam perspektif Undang Undang No 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara guna mewujudkan Visi Ditjen Perbendaharaan untuk Menjadi pengelola perbendaharaan negara yang unggul di tingkat dunia. Dalam hal ini KPPN harus mewujudkan pelayanan yang berkualitas dan berorientasi pada kepuasan Stakeholder.
Selanjutnya , narasumber dari Bank Mandiri, Yudi Fachrian selaku Service Quality Officer Bank Mandiri Wilayah Sumatera Selatan, menyampaikan Materi Service Excellent dan Teknik Pelayanan Prima kepada seluruh pegawai KPPN Lubuk Linggau. Beliau menyampaikan banyak aspek yang harus diperhatikan guna mewujudkan pelayanan yang baik antara lain kemampuan SDM dalam memberikan layanan, sarana dan prasarana pendukung layanan dan bagaimana peran kerjasama tim dalam membuat suatu pelayanan yang dapat memuaskan para Stakeholder KPPN lubuklinggau. “Suatu layanan bisa dikatakan sangat baik apabila ketika para petugas Satker meninggalkan KPPN , dia merasakan kepuasan saat dilayanani”, kata Yudi.
Disini juga para pegawai diajarkan Teknik Pelayanan Prima, mulai dari masuk ke ruang layanan hingga meninggalkan ruang layanan dan bagaimana berbicara yang baik dengan orang lain. Disini juga dilakukan roleplay dengan tujuan para pegawai dapat mempraktekkan langsung teori teori yang telah diberikan. Beliau juga memberikan feedback tentang kualitas pelayanan di KPPN yang sangat berguna bagi KPPN Lubuk Linggau guna meningkatkan kualitas layanan kedepannya.
Inti dari kegiatan ini adalah memantapkan jati diri KPPN Lubuk Linggau sebagai kantor pelayanan, dengan meningkatkan inovasi ,kualitas layanan dan proses bisnis yang ada.
Kontributor : Gema Otheliansyah