Jalan Letkol Sukirno, Kel. Air Kuti, Lubuklinggau Timur II, Kota Lubuklinggau - 31626

KNOW070 WBBM Series

 

   

 6 Area Pengungkit

Kira-kira #dulur070 semua masih inget gak sih mata pelajaran apa aja yang di ujikan dalam ujian nasional dulu? Pasti beragam yaah, tentu saja, ujian tersebut diadakan untuk beberapa mata pelajaran atau beberapa komponen, dengan satu tujuan, untuk mendapatkan nilai yang memuaskan!
Yups! Dari tagar yang admin cantumkan didalam postingan pasti udah tau yah, kalau KPPN Lubuk Linggau sedang dalam penilaian WBBM Tahun 2021. Nah, untuk penilaian WBBM ini pun begitu #dulur070, ada beberapa komponen/area yang akan dinilai untuk mendapat predikat WBBM.
Nahh, dari proses penilaian itu, tentu teman-teman dari KPPN Lubuk Linggau selalu bergotong royong nih dalam rangka memenuhi kriteria pemerintahan yang bersih dan bebas dari KKN serta mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas. Untuk mencapai predikat itu, KPPN Lubuk Linggau sendiri harus membangun 6 area pengungkit. 
 Yang pertama Manajemen perubahan, yaitu Upaya Unit Kerja dalam merubah mind set dan budaya organisasi memiliki budaya kerja yang bersih dan melayani. Kedua, ada tata laksana, yaitu Upaya Unit Kerja dalam mengatur tata kerja untuk meningkatkan efisiensi kerja. Ketiga, ada manajemen SDM, yaitu Upaya Unit Kerja dalam mengelola SDM dan terus menerus meningkatkan profesionalisme dan integritas SDM.Keempat, akuntabilitas sebagai Upaya Unit Kerja dalam meningkatkan efisiensi dan efektifitas penggunaan sumber daya. Kelima, pelayanan publik, yaitu Upaya Unit Kerja dalam meningkatkan pelayanan publik dengan inovasi menjadi lebih mudah, lebih murah dan lebih cepat. Dan terakhir, pengawasan, berupa Upaya Unit Kerja dalam memastikan seluruh anggota unit kerja melaksanakan tugas sesuai dengan aturan dan bebas penyimpangan.
Nah itu dia tadi #dulur070 tentang 6 area perubahan penilaian ZI menuju WBK/WBBM.

 

   

 Penataan Tata Laksana

Sebagai pondasinya nih #dulur070, ada Penerapan SOP standar KPPN dan evaluasi/updating SOP termasuk penerapan SOP atas inovasi layanan. Ini penting banget #dulur070, seperti negara kita tercinta nih ya, punya UUD 1945 sebagai pondasi dan dasar / landasan hukum di indonesia. Kalau KPPN Lubuk Linggau punya juga SOP yang sudah ditetapkan oleh Direktur Jenderal Perbendaharaan melalui KEP-650/PB/2018.

 Selain itu, pengimplementasian inovasi-inovasi yang ada di KPPN Lubuk Linggau juga dibuatkan SOP nya masing-masing loh..

  • Implementasi e-Office, atau digitalisasi di KPPN Lubuk Linggau ini gak kentang-kentang #dulur070, lengkap semuanya dari pendigitalisasian dalam hal pengukuran kinerja, manajemen SDM, dan untuk kepentingan layanan publik. Nah ngomong-ngomong soal digitalisasi, KPPN Lubuk Linggau juga ada nih salah satu inovasi di bidang digital untuk memudahkan pelayanan kepada #dulur070 semua, apa itu?? Coba #dulur070 swipe left postingan diatas, terus bisa gak sih menemukan inovasi yang admin maksud?? Haha, nanti akan admin kasi penjelasan mengenai ini di postingan selanjutnya yah!
 
  • Ada juga Penerapan keterbukaan informasi publik melalui layanan PPID dan website, jadi #dulur070 bisa tuh akses melalui website, bisa juga sebagai bahan telaahan untuk membantu skripsi, dll.
     

 Manajemen SDM

Manajemen SDM ini adalah salah satu elemen paling penting #dulur070, Tanpa adanya elemen tersebut atau kualitasnya yang kurang baik, KPPN Lubuk Linggau akan sulit untuk berjalan dan beroperasi dengan semestinya meski sumber daya yang lain telah terpenuhi.

 
Untuk itu, KPPN Lubuk Linggau sangat memperhatikan kompetensi yang dimiliki dan harus dimiliki oleh pegawai-pegawai nya. Seperti yang masih hangat pastinya bagi sobat treasury seluruh indonesia, yaitu pelaksanaan tes hard competency atau biasa disingkat HC, HC ini bertujuan untuk mendukung jalannya program pengembangan kompetensi dalam rangka mewujudkan Sumber Daya Manusia DJPb yang profesional dengan integritas, dan berkinerja tinggi.
Gak Cuma itu #dulur070, KPPN Lubuk Linggau juga secara intense memonitoring kinerja pegawai-pegawainya loh, melalui aplikasi e-performance. Dan tidak luput dari perhatian juga, mengenai dokumen-dokumen kepegawaian yang dimonitoring kelengkapannya secara terstruktur serta selalu terupdate.
Nah, dari segala aspek manajemen SDM yang diterapkan KPPN Lubuk Linggau, dan tentu saja perbaikan secara terus-meneurs, KPPN Lubuk Linggau dapat meningkatkan Indeks kepuasan pegawai pada tahun 2019-2021, nilai hard competency tahun 2019-2021 yang meningkat, Skor SFO-LO selama tahun 2019-2020 yang meningkat sebesar 0,42% dari tahun 2019 dan 0 pengaduan/temuan/hukdis sepanjang tahun 2019-2021.
 
     

Penguatan Akuntabilitas

 

 Area pengungkit yang satu ini lini nya agak berbeda tapi tetap sejalur nih dengan 2 area pengungkit sebelumnya yang fokusnya terletak pada pelaksanaan kinerja, nah yang satu ini adalah "after work" nya, yaitu pertanggung jawabannya.
Yaitu sebagai perwujudan kewajiban suatu organisasi untuk mempertanggungjawabkan keberhasilan/kegagalan pelaksanaan program/kegiatan.
KPPN Lubuk Linggau sendiri selalu berkomitmen untuk berusaha melaksanakan kegiatan/program kerja dengan maksimal, dibuktikan dengan nilai efektifitas pelaksanaan kegitan sejak tahun 2019 s.d. 2021 selalu mendapatkan nilai 100 (maksimal), dan nilai capaian kinerja organisasi yang terus meningkat sejak tahun 2019 s.d. 2021.
 
     

Penguatan Pengawasan

 

Kali ini ada Penguatan Pengawasan.

 

Pengawasan ini penting sekali #dulur070, masih ingatkan dengan serial-serial Bollywood? Pasti banyak kita temui kehadiran Inspektur Vijay yang bertugas menjaga keamanan. Nah, penguatan pengawasan ini juga penting demi tercapai dan terwujudnya tujuan organisasi sesuai dengan penerapan standar operasi dan sebagainya.

 

Implementasi pada KPPN Lubuk Linggau sendiri tidak kentang-kentang nih, dibuktikan dengan tidak adanya kasus penyelewengan/pelanggaran dan profil pegawai yang wajar tanpa potensi penyelewengan selama 2 tahun terakhir.

     

Manajemen Perubahan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bisa dibilang, area pengungkit yang satu ini tuh “ZI Banget”, karena area yang satu ini tuh seolah-olah adalah penunjuk arah atau petanya proses pembangunan ZI pada khusus nya pada KPPN Lubuk Linggau.

Pada area pengungkit ini, KPPN Lubuk Linggau sudah memetakan dan menetapkan tim, rencana kerja, dan langkah-langkah yang harus dilaksanakan dalam mewujudkan pembangunan ZI menuju WBK/WBBM Tahun 2021.

Dan pada area pengungkit ini, KPPN Lubuk Linggau tidak hanya fokus untuk membangun ZI pada lingkup internal saja, melainkan juga KPPN Lubuk Linggau berkomitmen untuk menyebarkan “virus-virus zi” nih #dulur070, bisa dilihat dari pelaksanaan Asistensi Pembangunan ZI pada satker-satker mitra kerja KPPN Lubuk Linggau yang tidak hanya dilaksanakan oleh kepala kantor, tapi juga oleh seluruh pegawai.

     

Membangun Komitmen

Dalam membangun komitmen, fokusnya terletak pada komitmen untuk menyebarkan virus-virus ZI kepada mitra satker KPPN Lubuk Linggau. Untuk apa? Tentunya untuk menyebarkan dan memperluas wilayah kerja/birokrasi yang berintegritas. Jadi, KPPN Lubuk Linggau dalam hal ini membangun komitmen dua arah, baik melalui internal, maupun eksternal. Kalau kata Bapak Kepala KPPN Lubuk Linggau, “menyebarkan virus ZI sampai kita bisa membentuk islands of integrity”. Tidak main-main nih #dulur070, tujuannya agar terbentuknya wilayah kerja/birokrasi yang bersih melayani.

Komitmen yang diwujudkan dengan MoU asistensi dan monitoring Pembangunan ZI, coba deh yaa #dulur070 liat di slide kedua, KPPN Lubuk Linggau sudah menyepakati MoU asistensi dengan Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, Badan Pertanahan Kota Lubuklinggau, KPP Pratama Lubuk Linggau, bahkan ada juga nih #dulur070 KPPN Lubuk Linggau dari timur Indonesia , yaitu KPPN Masohi. Wujud asistensi yang diberikan adalah sharing pengalaman pembangunan ZI WBK, penajaman fungsi kedeltaan, penyusunan program, dukungan replikasi inovasi, sampai dengan persiapan penilaian.
Dan yang patut diapresiasi juga adalah, adanya 3 satker mitra ZI KPPN Lubuk Linggau yaitu BPN Kota Lubuklinggau, Kejaksaan Negeri Lubuklinggau, dan KPPN Masohi yang masuk penilaian nasional WBK 2021.
Panjat rumah pakai tali, penilaian Pembangunan ZI tinggal sebentar lagi.
Semoga KPPN Lubuk Linggau dan mitra kerja KPPN Lubuk Linggau yang juga akan menghadapi penilaian, diberikan kelancaran dan kesuksesan yaa, aamiiin.
     

Replikasi Inovasi

Kalau yang sebelumnya ada MoU asistensi pembangunan ZI, kali ini ada replikasi inovasi nihh

Jadi ada beberapa inovasi KPPN Lubuk Linggau yang direplikasi oleh beberapa mitra kerja atau entitas lain nih #dulur070
Replikasi inovasi ini tentunya bertujuan untuk membantu proses bisnis atau setidaknya memperkuat proses bisnis pada entitas-entitas yang mereplikasi. Contohnya, ada tetangga 5 langkah KPPN Lubuk Linggau, yaitu BPN Kota Lubuk Linggau.
BPN Kota Lubuk Linggau mereplikasi bukan hanya satu inovasi loh #dulur070, tapi ada beberapa inovasi yaitu balek aman, payo, katek dan sius.
Diharapkan dari di replikasinya inovasi KPPN Lubuk Linggau ini, dapat memperkuat sistem kerja internal mitra kerja bersangkutan.
     

SILAMPARI070

Kasus covid-19 di indonesia memang kian menurun, tapi kita tetap harus waspada nih #dulur070, untuk mencegah adanya lonjakan-lonjakan kasus dikemudian hari. Karena itu pula, sebagian besar layanan pada KPPN Lubuk Linggau masih menggunakan sistem layanan non tatap muka. 

Maka dari itu, KPPN Lubuk Linggau terus meningkatkan dan mengembangkan sistem pelayanannya. seperti adanya inovasi SILAMPARI070 sebagai virtual front office KPPN Lubuk Linggau. Fungsinya sama #dulur070, tentunya seperti frot office ketika pelayanan offline. Pengajuan SKPP, Koreksi dan konfirmasi setoran, sampai pendaftaran user bisa melalui aplikasi SILAMPARI070.
SILAMPARI070 sendiri merupakan bentuk upgrading inovasi layanan unggulan kami, berupa penyempurnaan inovasi-inovasi front office virtual, kanal konsultasi tematik online, administrasi user, dll, yang sebelumnya dilaksanakan melalui whatsapp, email maupun google form.

Penyempurnaan utama pada SILAMPARI070 adalah adanya dashboard yang membuat pengguna layanan bisa memantau secara online kemajuan proses penyelesaian pengajuan dokumennya, sampai kepada estimasi selesai dan petugas KPPN yang memprosesnya sebagai wujud dari prinsip transparansi dan akuntabilitas nih #dulur070.

Dengan SILAMPARI070, KPPN Lubuk Linggau bahkan saat ini bisa menerapkan verifikasi SKPP Sameday service, karena verifikasi berkas sudah langsung bisa dilakukan cukup dengan softcopy dokume yang diajukan lewat SILAMPARI.

     

SALURAN PENGADUAN

SALURAN PENGADUAN

Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat
sipandu-w.png
wise.png
silampari.png

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search