Jalan Letkol Sukirno, Kel. Air Kuti, Lubuklinggau Timur II, Kota Lubuklinggau - 31626

Berita

Seputar KPPN Lubuk Linggau

Pimpin Finance Ministers High Level Roundtable, Menkeu Sampaikan Pentingnya Kebijakan Iklim Jakarta

Pimpin Finance Ministers High Level Roundtable, Menkeu Sampaikan Pentingnya Kebijakan Iklim
Jakarta, 6/12/2023 Kemenkeu - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati bersama Menteri Keuangan Persatuan Emirat Arab, Mohamed bin Hadi Al Hussaini memimpin sebuah diskusi tingkat tinggi pada forum Finance Ministers High Level Roundtable di Dubai pada Senin, (4/12) waktu setempat. Diskusi tersebut juga diikuti oleh para menteri keuangan negara lain yang turut hadir pada COP28 tahun ini.

“Kami mendiskusikan mengenai beberapa hal, utamanya terkait bagaimana kami dapat mengakselerasi dan meningkatkan skala keuangan iklim. Beragamnya pengalaman serta pemahaman kami tentu akan sangat berguna dalam menjawabnya,” terang Menkeu.

Pertama, Menkeu menekankan memerlukan strategi yang jelas dalam mengatasi permasalahan perubahan iklim ini, termasuk mengestimasi pembiayaan dalam membiayai pengurangan emisi karbon. Langkah berikutnya menurut Menkeu adalah kebijakan serta regulasi strategi terkait iklim tersebut. Menurut Menkeu, hal ini penting bagi Indonesia karena Indonesia memiliki begitu banyak keragaman hayati.

“Melindungi hutan kita yang begitu luas menjadi salah satu fokusnya. Perlu adanya insentif untuk mencegah terjadinya deforestasi tersebut,” lanjut Menkeu.

Jika berbicara mengenai kebijakan, Menkeu juga menekankan mengenai taksonomi. Kini, Indonesia memiliki pasar yang mulai menjual karbon. Dalam ASEAN sendiri terjadi diskusi bagaimana taksonomi ini dapat membantu membiayai agenda-agenda terkait perubahan iklim ini.

Selain beberapa topik tersebut, Menkeu mengatakan bahwa terdapat banyak pembahasan lain yang mengisi ruang diskusi forum tersebut, mulai dari kerja sama dengan sektor swasta, sektor transportasi (termasuk ekosistem kendaraan listrik), dan beragam topik lain.

“Pembahasan seperti ini menjadi begitu penting untuk merealisasikan upaya bersama dunia dalam mengatasi beragam permasalahan bersama. Termasuk terkait perubahan iklim yang kita semua sedang hadapi,” tukas Menkeu. (nug/fir)
sumber

SALURAN PENGADUAN

SALURAN PENGADUAN

Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat
sipandu-w.png
wise.png
silampari.png

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search