Jalan Letkol Sukirno, Kel. Air Kuti, Lubuklinggau Timur II, Kota Lubuklinggau - 31626

Gugus Kendali Mutu Pembahasan Bussiness Continuity Plan (BCP) KPPN Lubuk Linggau

Pada hari Selasa tanggal 10 Maret 2020, bertempat di Ruang Rapat KPPN Lubuk Linggau, telah dilaksanakan Focus Group Discussion  (FGD) Business Continuity Plan (BCP) dengan pemateri kepala kantor diikuti oleh peserta seluruh pegawai KPPN Lubuk Linggau dengan hasil sebagai berikut:

  1. Penyampaian Materi

Kepala kantor menyampaikan isi Penyampaian Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-695/PB/2018 tentang Rencana Kelangsungan Bisnis (Business Continuity Plan) Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan Nota Dinas Sekretaris Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor ND-474/PB.1/2020 tanggal 6 Februari 2020 kepada seluruh pegawai. Kepala Kantor juga berharap kepada para pegawai KPPN Lubuk Linggau untuk kompak dan secara aktif mengawal Rencana Kelangsungan Bisnis (BCP) di KPPN Lubuk Linggau.

Pada penyampaian materi FGD kepala kantor juga menjelaskan tentang apa, dan siapa yang bertugas dan bertanggungjawab sebagai Koordinator Kelangsungan Bisnis (KKB) di lingkup Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb).

Pejabat yang mewakili setiap unit kerja DJPb dalam sistem manajemen Kelangsungan bisnis.

Pejabat yang ditunjuk sebagai KKB adalah:

  1. Kepala Bagian Umum pada Kanwil; dan
  2. Kepala Kantor pada KPPN

Kepala Bagian Umum pada Kanwil bertindak sebagai KKB Regional dalam pembinaan pada wilayahnya dan sebagai KKB Lokal dalam hal bencana terjadi di Kanwil. Kepala KPPN sebagai KKB Lokal dalam hal bencana terjadi di lingkup KPPN. Tugas dan tanggung jawab KKB adalah:

  • Memastikan pelaksanaan kebijakan manajemen kelangsungan bisnis di unit masing-masing;
  • Mereviu dan memperbarui dokumen Analisis Dampak Bencana (ADB/BIA) dan Profil Risiko;
  • Mengeskalasi risiko kepada Kepala Bagian Kepatuhan Internal untuk penilaian dan perencanaan tindakan;
  • Menjadi anggota Satuan Tugas Tanggap Darurat (STTD) dan Satuan Tugas Pemulihan (STP) ketika bencana yang berdampak signifikan terjadi.

 

 

  1. 3. Pembahasan Bencana yang Pernah Terjadi di KPPN Lubuk Linggau

Bencana yang pernah terjadi yang dirasakan oleh KPPN Lubuk Linggau adalah Gempa Bumi dan Asap dari Kebakaran Hutan yang terjadi di Kabupaten Musi Rawas. Atas hal ini, ke depan KPPN Lubuk Linggau akan mengawal dan bersiap-siap untuk penanganan gempa bumi dan asap/kebakaran hutan.

  1. Sesi Tanya Jawab
  • Sri Oktavia Hidayati memberikan pengalaman kejadian bencana apa saja yang pernah terjadi di KPPN Lubuk Linggau yaitu mati listrik pada saat genset sedang dilakukan pemeliharaan dan gempa bumi.
  1. Kesimpulan
  2. KPPN Lubuk Linggau akan senantiasa mengawal Rencana Kelangsungan Bisnis (BCP) di KPPN Lubuk Linggau.
  3. Penyampaian video Safety Briefing akan ditampilkan pada setiap kegiatan sosialisasi, bimbingan teknis, rapat koordinasi dan Gugus Kendali Mutu.

SALURAN PENGADUAN

SALURAN PENGADUAN

Layanan Aspirasi Pengaduan Online Rakyat
sipandu-w.png
wise.png
silampari.png

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search