Menjadi unit kerja vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) yang mempunyai fungsi utama memberikan pelayanan kepada seluruh mitra kerjanya, sebuah KPPN membutuhkan ruang Front Office yang ideal, sehingga dapat memberikan kenyamanan bagi petugas satker yang datang. Kenyamanan mitra kerja akan berdampak pada peningkatan capaian survey kepuasan pelanggan. Hal itulah yang menjadi concern DJPb selama ini. Dampaknya, dalam beberapa tahun kebelakang DJPb selalu memperoleh nilai tertinggi dalam survey kepuasan pelanggan diantara unit eselon 1 lingkup Kementerian Keuangan.
Sejak diterbitkannya KMK-453/KMK.01/2020 tentang Pedoman Pelaksanaan Activity Based Workplace (ABW) di lingkungan Kementerian Keuangan, dan dilanjutkan oleh Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-10/PB/2021 tentang Implementasi Activity Based Workplace yang menetapkan tahapan implementasi ABW mulai tahun 2021 hingga tahun 2024, menjadi pemicu terjadinya proses perubahan lay out ruang kantor lingkup DJPb. Hal itu terefleksikan dengan terbitnya Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-97/PB/2021 tentang Buku Pedoman Standar Layout dan Desain Bangunan Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan yang mengatur standardisasi lay out dan desain gedung serta ruang kerja instansi vertikal DJPb berbasis konsep ABW dalam bentuk Flexible, Responsive, Smart, dan Healthy (FRESH) Office, serta Nota Dinas Sekretaris Ditjen Perbendaharaan Nomor ND-2027/PB.1/2021 tanggal 24 Mei 2021 tentang Penyampaian Budaya Kerja DJPb yang sesuai dengan konsep FRESH Office di DJPb.
Untuk mempercepat terjadinya proses perubahan tata ruang kantor pada unit kerja vertikal DJPb, pada awal tahun ini Sekretaris Ditjen Perbendaharaan kemudian menerbitkan nota dinas nomor ND-263/PB.1/2022 tentang Standardisasi Front Office pada Kantor Vertikal Ditjen Perbendaharaan. Dalam nota dinas tersebut dicantumkan beberapa area yang harus tersedia dalam ruang front office, yaitu: area resepsionis, area Customer Service Officer, area stakeholder lounge, area special mission, dan area self service Nota dinas ini kemudian dijadikan acuan tentang konsep front office pada unit vertikal DJPb , salah satunya adalah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN).
Pada hari Jum’at tanggal 20 Mei 2022, bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, ruang Front Office KPPN Manado diresmikan penggunaannya oleh Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara, Ibu Ratih Hapsari Kusumawardani. Tanggal ini sengaja dipilih dengan maksud agar terjadi kebangkitan semangat yang fundamental dalam pemberian pelayanan kepada seluruh stakeholder KPPN Manado pada tahun 2022 ini. Acara yang dikemas secara sederhana ini hanya dihadiri oleh seluruh pimpinan atau perwakilan pimpinan kantor vertikal Kementerian Keuangan yang ada disekitar kota Manado serta beberapa pimpinan/perwakilan beberapa satker mitra kerja yaitu Kejaksaan Tinggi Manado, Kanwil Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Utara, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Utara, Komando Resor Militer 131/Santiago, BPKAD Provinsi Sulawesi Utara dan BPKAD Kota Manado.
Dalam sambutan selamat datang Kepala KPPN Manado, Bpk. Asyep Syaefudin, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran para tamu undangan serta memberikan apresiasi atas kerja sama dan dukungannya selama beliau mengemban amanah di KPPN Manado. Sebagai catatan, pada tahun 2021 kinerja Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) KPPN Manado, baik sebagai satker maupun sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara (BUN) mengalami peningkatan kinerja yang sangat signifikan dibanding tahun-tahun sebelumnya. Kemudian pada Triwulan I tahun 2022 ini KPPN Manado berada pada peringkat kedua diantara KPPN Tipe A1 Provinsi. Disamping itu, sambung Bpk. Asyep Syaefudin, dalam rangka meningkatkan kenyamanan dalam layanan CSO, sejak Februari 2022 KPPN Manado telah memiliki inovasi MAPALuS (Manado Peduli Antrian Layanan untuk Satker), yaitu antrian online untuk mendapatkan layanan CSO terjadual.
Sambutan testimoni satker atas layanan KPPN Manado diwakili oleh Letkol Y.M Teguh Edy Pamungkas dari Korem 131/Santiago. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan pengalamannya mendapatkan layanan yang luar biasa dari KPPN Manado pada saat mengurus pengesahan hibah langsung. Beliau pun menyampaikan apresiasi dan merasa senang menjadi mitra KPPN Manado. Pada akhirnya, pengguntingan pita dan pemotongan tumpeng sebagai tanda peresmian dilakukan Kepala Kanwil DJPb Provinsi Sulawesi Utara. Namun sebelumnya, Ibu Ratih Hapsari Kusumawardani menyampaikan apresiasi atas kiprah dan kinerja KPPN Manado yang telah meningkat pesat.
Selanjutnya acara dilanjutkan dengan Front Office Tour yang dipandu oleh Kepala Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan Internal, Bpk. Undip Yutoto Adi Nugroho . Sebagian besar tamu undangan memuji konsep lay out FO KPPN Manado, bahkan terdapat beberapa tamu undangan yang meminta izin untuk meniru FO KPPN Manado untuk diterapkan pada kantornya. Semoga tanggal 20 Mei 2022 ini menjadi saksi bagi optimalisasi layanan KPPN Manado. BRAVO KPPN MANADO.