JL. SULTAN THAHA NO. 102, MUARA BUNGO 37211

Berita

Seputar KPPN Muara Bungo

Sosialisasi Penyusunan dan Penyampaian Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2023 Unaudited

Penulis : Anshar Al Kamil Syahrul

Pada hari Selasa, 20 Februari 2024, KPPN Muara Bungo mengadakan acara Sosialisasi Penyusunan dan Penyampaian Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2023 Unaudited bertempat di Aula KPPN Muara Bungo. Acara ini mengundang seluruh operator pelaporan keuangan pada satuan kerja di lingkup KPPN Muara Bungo.

Kegiatan diawali dengan Doa dan pemutaran video anti Korupsi, dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala KPPN Muara Bungo, Ambar Pusporini, sekaligus membuka acara tersebut secara resmi. Dalam sambutannya Ambar Pusporini menyampaikan pentingnya penyusunan laporan keuangan oleh satuan kerja serta menyoroti hasil temuan BPK tahun 2022 yang harus ditindaklanjuti oleh seluruh Kementerian/Lembaga.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Plt. Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi, Deni Aditya. Diantaranya dipaparkan mengenai point point peningkatan kualitas laporan keuangan, antara lain Satker wajib menyelesaikan To Do List, Rekonsiliasi Eksternal, dan Tutup Buku Permanen hingga terbit SHR dengan berpedoman pada Peraturan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Nomor PER-8/PB/2023 dan melakukan telaah LK pada setiap jenjang sesuai Kertas Kerja pada KMK 232 dalam hal ini diimplementasikan dengan Pengendalian Internal atas Pelaporan Keuangan (PIPK). Adapun telaah LK dilakukan mulai dari telaah Laporan Realisasi Anggaran (LRA), Laporan Operasional (LO). Laporan Perubahan Ekuitas (LPE), Neraca dan memastikan bahwa pada angka yang tersaji pada laporan tersebut sam dengan penjelasan pada Catatan atas Laporan Keuangan (CaLK).

Setelah memaparkan tata cara penggunaan aplikasi CaLK, kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan tata cara upload surat pengantar LK Tahun 2023 Unaudited di Aplikasi Monsakti dan diskusi tanya jawab. Kegiatan ini diakhiri dengan pemberian hadiah kepada satker yang datang paling awal dan satker yang mengajukan pertanyaan. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu satker dalam meningkatkan Kualitas Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2023 Unaudited.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search