JL. SULTAN THAHA NO. 102, MUARA BUNGO 37211

Berita

Seputar KPPN Muara Bungo

STAKHOLDERS DAY 2024 KPPN MUARA BUNGO

Penulis : Adi Wibowo A.S

Pada Jumat, 2 Februari 2024 lalu, KPPN Muara Bungo menggelar kegiatan Stakeholders Day yang dihadiri seluruh Kuasa Pengguna Anggaran dan Pimpinan Perbankan mitra KPPN, yang merupakan salah satu rangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan ke-20. Kegiatan yang bertajuk "Terus Bertransformasi Melayani Negeri" itu bertujuan untuk membangun sinergi dan kolaborasi antara KPPN Muara Bungo dengan seluruh mitra kerja dalam meningkatkan kualitas pelaksanaan anggaran, khusunya percepatan realisasi APBN Pemerintah Pusat.

Acara diawali dengan alunan sejumlah lagu pilihan, sebagai special performance dari duo srikandi KPPN yakni Cyndi sebagai vokalis dan Ranitha sebagai keyboardis.  Selanjutnya, kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Kepala KPPN Muara Bungo. Terdapat beberapa catatan penting yang beliau sampaikan pada keynote speech tersebut. Pertama, apresiasi kepada seluruh stakeholder atas sinergi selama ini sehingga kinerja realisasi APBN tahun 2023 meningkat dibanding tahun 2022. Selanjutnya harapan atas penguatan komitmen dari seluruh  pimpinan satuan kerja terkait implementasi cashless payment melalui CMS dan aplikasi DigipaySatu yang masih sangat perlu ditingkatkan. Last but not least, ucapan terimakasih atas pemahaman dan permakluman seluruh stakeholder atas dinamika penyempurnaan proses bisnis yang berdampak pada kinerja aplikasi utama Kemenkeu yang kurang stabil, terutama pada akhir tahun 2023.

Terdapat beberapa agenda pada kegiatan Stakeholders Day. Pertama adalah penandatanganan Pakta Integritas secara simbolis antara KPA Badan Pusat Statistik Kabupaten Bungo  dan Kepala KPPN Muara Bungo, dilanjutkan dengan talkshow bertajuk Digitalisasi Pembayaran pada Belanja Negara, dan diakhiri dengan pemberian penghargaan Treasury Bungo Award kepada satuan kerja atas kinerja IKPA Terbaik Triwulan IV Tahun 2023.  Penandatanganan Pakta Integritas antara Kepala KPPN dan perwakilan  KPA Satker menjadi simbolisasi pernyataan komitmen antara Kuasa Pengguna Anggaran/ KPA dengan Kuasa Bendahara Umum Negara di Daerah, bahwa Dana APBN yang menjadi tanggungjawabnya harus dikelola dengan penuh integritas untuk membiayai pelayanan publik sehingga dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Sesi talkshow menghadirkan narasumber dari Pimpinan Cabang BRI Muara Bungo, Bapak Israhadi, dan Kepala KPPN Muara Bungo, Ibu Ambar Pusporini, dengan materi pembahasan mengenai progress dan kendala dalam implementasi CMS, Kartu Kredit Pemerintah/KKP dan marketplace DigipaySatu. Pada sesi diskusi, disampaikan beberapa sharing pengalaman dan feedback dari sejumlah KPA yang hadir pada kesempatan tersebut. KPA Kemenag Kabupaten Tebo menyampaikan permasalahan tertundanya implementasi CMS maupun DigipaySatu pada satker madrasah lingkup Kantor Kemenag Kabupaten Tebo dan relatif lambatnya proses approval atas CMS maupun KKP pada sebagian satker lingkup Kemenag. Adapun sharing pengalaman disampaikan oleh Kepala UPBU Muara Bungo, terkait pemanfaatan KKP untuk kegiatan perjalanan dinas yang membuat efisiensi dan fleksibilitas waktu dan proses bisnis semakin tinggi. Dari sisi tata kelola, beliau menyatakan bahwa selama 5 tahun penugasan di Bungo, terdapat peningkatan dan perbaikan layanan KPPN, serta profesionalisme yang memuaskan mitra kerja. Perwakilan dari Kantor Pertanahan Tebo juga menyampaikan testimoninya dalam penggunaan aplikasi DigipaySatu, dimana terdapat kemudahan proses dan efesiensi waktu serta tenaga dalam proses belanja ATK secara online selama ini. Aplikasi DigipaySatu juga semakin baik dan lebih mudah digunakan.

Menanggapi hal tersebut, baik Kepala KPPN dan Pimpinan BRI menyampaikan terima kasih atas komitmen dari seluruh KPA dalam menyukseskan digitalisasi pembayaran, dan berjanji untuk memberikan perhatian khusus serta terus melakukan evaluasi secara atas kendala yang mengakibatkan lambatnya pelayanan atau persetujuan CMS dan KKP.

Di penghujung acara, disampaikan piagam penghargaan kepada satker mitra kerja atas kinerja pengelolaan APBN terbaik yang tercermin dalam nilai IKPA, dengan kategori pagu kecil,  pagu menengah, dan pagu besar. Selain itu, disampaikan pula penghargaan bagi satuan kerja yang paling aktif menggunakan CMS, KKP, maupun aplikasi DigipaySatu. Tidak lupa, KPPN Muata Bungo juga memberikan apresiasi kepada BRI Cabang Muara Bungo atas  sinergi dalam penyelenggaraan sistem pembayaran maupun edukasi program CMS dan KKP.

Diharapkan melalui kegiatan StakeholderDay ini, sinergi antara KPPN Muara Bungo dengan seluruh mitra kerja dapat semakin ditingkatkan, khususnya penguatan komitmen dari seluruh KPA dalam pelaksanaan digitalisasi pembayaran. Melalui pemberian apresiasi Treasury Bungo Award, diharapkan dapat menjadi pemicu semangat bagi seluruh satuan kerja agar tercipta iklim kompetisi yang sehat dalam mewujudkan kinerja terbaik pengelolaan APBN.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search