Raha

Berita

Seputar KPPN Raha

Focus Group Discussion (FGD) dan Sharing Knowledge Penguatan Peran BUM Desa dalam Peningkatan Kemajuan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Desa

Raha, Kab. Muna - Focus Group Discussion (FGD) dan Sharing Knowledge Penguatan Peran BUM Desa dalam Peningkatan Kemajuan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Desa (30/6)

 

     

Kegiatan Focus Group Discussion (FGD) dan Sharing Knowledge Penguatan Peran BUMDesa dalam Peningkatan Kemajuan Perekonomian dan Kesejahteraan Masyarakat Desa dilaksanakan di Ruang Aula KPPN Raha pada hari Kamis tanggal 30 Juni 2022. Kegiatan dibuka oleh Kepala KPPN Raha, dimana dalam pembukaannya kepala KPPN menyampaikan gambaran umum mengenai latar belakang dan tujuan pembentukan Forum Komunikasi BUMDes ini, dimana nantinya diharapkan Forum BUM Desa ini menjadi wadah komunikasi dan sharing knowledge antar BUMDes dalam rangka pengembangan tata kelola dan peningkatan kapasitas SDM pengelola BUM Desa agar dapat bermanfaat bagi kemajuan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa.

   

Pada FGD ini masing-masing BUMDes menyampaikan profil bisnis mereka dan pandangan dari Perwakilan DPMD Kab. Muna dan Muna Barat serta Pendamping masing-masing Kabupaten yang dipandu oleh moderator, Bapak Hadi Subeno. Adapun BUMDesa yang menyampaikan profil bisnisnya yaitu;

  1. Bumdes Desa Napalakura Kab. Muna - Bumdes Kaseiseha
  2. Bumdes Desa Labone Kab. Muna - Bumdes Azkalia
  3. Bumdes Desa Lakarinta Kab. Muna - 
  4. Bisnis Bumdes Desa Masalili Kab. Muna - Bumdes Kreatif
  5. Bumdes Desa Ghone balano Kab. Muna - Bumdes GNB
  6. Bumdes Desa Lawada Jaya Kab. Muna Barat - Bumdes Tani Mandiri
  7. Bumdes Desa Sangia Tiworo Kab. Muna Barat - 
  8. Bumdes Desa Kampobalano Kab. Muna Barat - Bumdes Soga Ito Mandiri
  9. Bumdes Desa Labokolo Kab. Muna Barat - Bumdes Labokolo Jaya
  10. Bumdes Desa Lalemba Kab. Muna Barat - Bumdes Harapan Jaya 

Sebagai closing statement Kepala KPPN Raha. Bapak Sulistiyono menyampaikan bahwa informasi profil bisnis yang telah diperoleh, selanjutnya akan dianalisa, kemudian akan dipetakan guna menyusun kegiatan selanjutnya dari Froum Bumdes ini. Dikarenakan waktu yang terbatas, mungkin belum semua informasi dari Bumdes yang dapat disampaikan, untuk itu, bagi desa yang mau melakukan one to one meeting, KPPN Raha akan bersedia memfasilitasi.
Harapan KPPN Raha, selanjutnya forum Bumdes ini dapat melaksanakan pertemuan kembali secara bersama-sama, minimal setiap triwulan sekali, untuk menindaklanjuti hasil dari analisa dan pemetaan profil bisnis, misalnya nanti dapat di cluster per bidang usaha, misalnya bidang perdagangan, pengelolaan wisata, dan lain-lain. Terkait dengan pengelolaan keuangan, selanjutnya KPPN Raha mengusahakan untuk mengadakan pelatihan untuk sistem akuntansi yang dapat digunakan oleh Bumdes.

   
         
   
         
   
         
   
         
   

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search