Raha

Berita

Seputar KPPN Raha

KPPN Raha Menyelenggarakan Bimtek Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Periode Semester I Tahun 2023

Raha, Kab. Muna - KPPN Raha Menyelenggarakan Bimtek Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Periode Semester I Tahun 2023 (31/05)

Pada Rabu, 31 Mei 2023 bertempat di Aula KPPN Raha telah diselenggarakan Bimtek Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Periode Semester I Tahun 2023. Kegiatan Bimtek Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Periode Semester I 2023 dibuka oleh Kepala KPPN Raha, Bapak Agustian Hendra Andriwardhana. Dalam pembukaan kegiatan tersebut disampaikan bahwa dengan adanya Laporan Keuangan, dapat menunjukkan terkait bagaimana kinerja dari Satuan Kerja. Semakin akurat laporan keuangan, bahkan mendapatkan penilaian WTP dari BPK itu menunjukkan bahwa Laporan Keuangan yang disusun sudah memenuhi kaidah-kaidah yang berlaku sesuai dengan putusan tentang Laporan Keuangan.

Laporan keuangan akan terus digunakan, misalnya laporan keuangan semester I akan digunakan sebagai acuan laporan keuangan semester II atau bahkan, laporan keuangan tahun lalu, 2 tahun sebelumnya, 3tahun sebelumnya dst itu bisa dimanfaatkan sebagai sumber data untuk melakukan penyusunan kegiatan tahun berjalan atau tahun berikutnya. Itu lah salah satu pentingnya disusunnya laporan keuangan yang tepat dan akurat.

   

 

Dalam rangka penyusunan laporan keuangan yang akurat dan tepat, salah satu yang dapat kita lakukan adalah kegiatan Rekonsiliasi (Pencocokan Data). Terkait detail pelaksanaan rekonsiliasi akan disampaikan langsung oleh Seksi VeraKI. 

Materi Terkait Pelaksanaan Rekonsiliasi 2023 disampaikan oleh Kepala Seksi VeraKI, Bapak Wahyu Seto. Seperti yang kita ketahui rekonsiliasi adalah proses pencocokan data transaksi keuangan yang diproses dengan beberapa sistem/subsistem yang berbeda berdasarkan dokumen sumber yang sama.

Rekonsiliasi Eksternal adalah proses pencocokan data yang dilakukan antara UAKPA dan KPPN dengan membandingkan data antara SAKTI dan data SPAN yang meliputi data anggaran, estimasi pendapatan, realisasi, pengembalian, kas dan hibah barang. Rekonsiliasi Internal adalah proses pencocokan data yang dilakukan antara unit pelaporan keuangan dan unit pelaporan barang.

Dengan adanya Kegiatan Bimtek Persiapan Penyusunan Laporan Keuangan Periode Semester I 2023, KPPN Raha berharap Satuan Kerja dapat segera menindklanjuti dan menyampaikan langsung kendala-kendala yang dihadapi terkait To Do List pada Aplikasi MonSAKTI dan menyelesaikan selisih Rekonsiliasi Internal maupun rekonsiliasi Eksternal.

   
         
   
         
   
         
   
         
       

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search