Raha

Standar Pelayanan

STANDAR PELAYANAN KPPN RAHA
 
DASAR HUKUM

  1. Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Pasal 28F dan Pasal 28J.
  2. TAP MPR No. XVII/MPR/1998 tentang Hak Asasi Manusia;
  3. Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  4. Peraturan Pemerintah No. 61 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan UU No. 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik;
  5. Peraturan Pemerintah No. 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik;
  6. Peraturan Menteri PAN dan RB No. 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan;
  7. Peraturan Menteri Keuangan No. 88/PMK.01/2013 tentang Penyusunan, Penetapan, dan Penerapan Standar Pelayanan di Lingkungan Kementerian Keuangan;Peraturan Menteri Keuangan No. 262/PMK.01/2016 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan;
  8. Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan No. KEP-57/PB/2023 tentang Standar Pelayanan Di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.


PELAYANAN

1. Jadwal layanan KPPN Raha

a. Hari Senin dan Kamis
Pukul 08.00 - 12.15     :     Layanan Umum
Pukul 12.15 - 13.00     :     Istirahat (pelayanan tetap berjalan, berlaku shift siang)
Pukul 13.00 - 15.00     :     Layanan Umum

b. Hari Jumat
Pukul 08.00 - 11.30     :     Layanan Umum
Pukul 11.30 - 13.15     :     Istirahat (pelayanan tetap berjalan, berlaku shift siang)
Pukul 13.15 - 15.00     :     Layanan Umum

2. Pelayanan bertempat di:

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Raha
Jl. Kasuari, No. 1 Raha 93612
Telp. (0403) 2522915
Email: Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

3. Prosedur Pelayanan

A. Konfirmasi Penerimaan
B. Persetujuan Pembukaan Rekening
C. Penerbitan SP2D
D. Penyelesaian Retur SP2D
E. Pengesahan SKPP
F. Pendaftaran Kontrak
G. Persetujuan TUP

JANGKA WAKTU PENYELESAIAN
Penyelesaian pekerjaan sesuai dengan produk layanan dan ketentuan yang berlaku.

BIAYA
Seluruh pelayanan di KPPN Raha tanpa dipungut biaya atau zero cost.

PRODUK LAYANAN

  1. Penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Gaji Induk/Belanja Pegawai, Non Belanja Pegawai (UP/GUP/TUP/LS Non Kontraktual/LS Kontraktual)
  2. Penerbitan Surat Pengesahan Hibah Langsung (SPHL) dan Surat Pengesahan
  3. Pengembalian Pendapatan Hibah Langsung (SP3HL)
  4. Pendaftaran Kontrak
    Pengesahan Surat Keterangan Penghentian Pembayaran (SKPP)
  5. Persetujuan Permintaan Tambahan Uang Persediaan (TUP)
  6. Penyelesaian Retur SP2D
  7. Pendaftaran Rencana Penarikan Dana (RPD) Harian
  8. Koreksi SPM/SP2D Satker
  9. Pembuatan Kartu Identitas Petugas Satker (KIPS)
  10. Perubahan Data Supplier
  11. Penyelesaian Rekonsiliasi Laporan Keuangan tingkat Satker
  12. Penerbitan Surat Keterangan Telah Dibukukan (SKTB)
  13. Penerbitan Persetujuan Memo Pengesahan Hibah Langsung Barang/Jasa/Surat
  14. Berharga (MPHL-BJS)
  15. Penyampaian LPJ Bendahara Satuan Kerja
  16. Penyesuaian Sisa Pagu DIPA atas Setoran Pengembalian Belanja
  17. Pembukaan Rekening Kementerian Negara/Lembaga/Satuan Kerja
  18. Penutupan Rekening Kementerian Negara/Lembaga/Satuan Kerja
  19. Perubahan Bank Tempat Pembukaan Rekening Pemerintah Kementerian Negara/Lembaga/Satuan Kerja
  20. Koreksi Setoran Penerimaan Negara
  21. Konfirmasi Setoran Penerimaan Negara
    Penyampaian Persyaratan Penyaluran
  22. Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan DAK Fisik/Dana Desa

 

JENIS LAYANAN

 

SARANA DAN PRASARANA

  1. Ruang pelayanan yang bersih dan nyaman;
  2. Ruang tunggu dengan kursi dan sofa untuk ibu hamil;
  3. Komputer yang terhubung internet;
  4. Wifi Free;
  5. Mushallla;
  6. Mini Treasury Learning Center;
  7. Toilet untuk pengunjung;
  8. Rak informasi;
  9. Televisi;
  10. Air minum dispenser;
  11. Tempat Charger Handphone;
  12. Kantin kejujuran;
  13. Perpustakaan Mini.

    
PENANGANAN PENGADUAN
Pengaduan, saran, dan masukan, pengguna informasi dapat menyampaikannya dengan cara memasukkan materi aduan atau masukan ke dalam kotak pengaduan yang tersedia di front office KPPN Raha. Disamping itu, pengaduan juga dapat dilakukan melalui:

1 Telepon  : (0403) 2522915
2 Faksimile   : (0403) 2522916
3 Surat : Jl. Kasuari No. 1 Raha
4 SMS/Whatsapp Pengaduan : 0822-9377-7534
5 Email Pengaduan :

Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.

6 WISE Kemenkeu :

www.wise.kemenkeu.go.id

7 Sipandu DJPb :

www.pengaduandjpb.kemenkeu.go.id

8 SP4N LAPOR :

https://www.lapor.go.id

9 Tatap muka secara langsung datang ke KPPN Raha

 

JAMINAN PELAYANAN

    Layanan diberikan sesuai jadwal yang telah ditentukan;
    Layanan diberikan oleh petugas yang telah mendapatkan penugasan dari atasan langsung.
    Layanan tidak dipungut biaya atau zero cost.
 

JAMINAN KEAMANAN PELAYANAN

    Layanan  yang diberikan dijamin keabsahannya dan dapat dipertanggungjawabkan;
    Petugas yang memberikan layanan telah mendapatkan penugasan dari atasan langsung;
    Keamanan dan keselamatan pengguna layanan menjadi tanggung jawab pihak KPPN Raha selama berada di lingkungan kantor KPPN Raha.

    Komitmen dan Kompensasi Layanan dapat diunduh disini


EVALUASI
Evaluasi penerapan standar pelayanan ini dilakukan minimal 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun untuk selanjutnya dilakukan perbaikan untuk menjaga dan meningkatkan mutu serta kinerja pelayanan.

 

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search