- Peta Strategi
- Perjanjian Kinerja
- Program/Kegiatan
- Rincian Target Kinerja
- Sasaran Kinerja Pegawai
- Lampiran Sasaran Kinerja Pegawai
- Peta Strategi
- Perjanjian Kinerja
- Program/Kegiatan
- Rincian Target Kinerja
- Sasaran Kinerja Pegawai
- Lampiran Sasaran Kinerja Pegawai
INOVASI KPPN RAHA
1 | Karasi Panada | Karasi-Panada merupakan layanan pengaduan/keluhan yang bertujuan untuk memudahkan satker dalam melaporkan aduan/keluhan. Karasi-Panada dipantau secara langsung setiap saat oleh pimpinan dan petugas Pengelola Pengaduan KPPN Raha, sehingga permasalahan dapat segera ditindaklanjuti. | ![]() |
2 | Konsaring (Konsultasi Satker via Daring) | Layanan konsultasi bagi satuan kerja yang disediakan oleh KPPN Raha melalui media zoom meeting (daring). Layanan ini dapat diakses secara langsung setiap saat sehingga mempermudah dan mempersingkat waktu bagi para mitra kerja dalam menyelesaikan masalah. | ![]() |
3 | Podcast KPPN Raha | Dalam hal memberikan kemudahan bagi stakeholder dalam mendapatkan informasi terbaru yang bisa didengarkan kapan saja dan dapat diakses di mana saja, KPPN Raha mengadakan Podcast KPPN Raha yang berisi tentang panduan-panduan yang berguna bagi stakeholder dan juga informasi-informasi terbaru. Podcast KPPN Raha bisa diakses melalui Youtube dan Spotify. | ![]() |
4 | IKANBARAKUDA (Informasi KPPN Raha Terbaru Transfer Keuangan Daerah) dan IKANPEDES (Informasi Keuangan Penyaluran Dana Desa) | Layanan Kanal Informasi Terintegrasi Data Penyaluran TKD yang diakses melalui https://linktr.ee/ikanbarakuda dan https://bit.ly/ikanpedes2023 |
|
5 | Mete Raha : Monitoring dan Evaluasi Terpadu Anggaran dan hasil Kinerja | Sarana yang menunjang pimpinan satker/Kepala Kantor untuk mengetahui kinerja dari unitnya. Dashboard ini berisi Raport kinerja pelaksanaan anggaran dari Satker yang disajikan secara periodik bulanan dari Indikator IKPA, Digipay, KPP, Retur SP2D, LPJ Bendahara, dan Rekonsiliasi Satuan Kerja. https://heylink.me/MeteRaha2023 https://heylink.me/MeteRaha2024 | ![]() |
6 | Sabhangka: Bersama, Berdoa, Bahagia, mendukung Kinerja | Merupakan kegiatan mingguan seluruh pegawai dan PPNPN berupa kegiatan pembinaan mental dengan tema terkait Integritas dan mengingatkan secara proaktif kepada seluruh Pegawai melalui Forum Sabhangka dan Morning Call/GKM serta memberikan apresiasi secara terbuka atas keteguhan dalam menerapkan integritas. | ![]() |
7 | Meleura : Media Elaborasi Ekonomi dan Keuangan Raha | Sarana/strategi komunikasi berbagai program kegiatan pemerintah khususnya yang di di Kabupaten Munda dan Muna Barat baik dari sisi potensi maupun tantangan yang ada sehingga dapat memberikan pencerahan kepada stakeholders KPPN Raha dan masyarakat pada umumnya. | ![]() |
8 | Teras Pagi Raha (Telisik Realisasi Pembayaran Digital KPPN Raha) | Sarana bagi KPA/Kepala Satker/pengelola Keuangan memonitoring Kinerja KKP dan Digipay sehingga dapat mengetahui dengan mudah dan sederhana kinerjanya dibandingkan dengan satker yang lain serta memberikan informasi vendorvendor yang telah menerima pembayaran secara cashless menggunakan KKP/CMS di Wilayah Pulau Muna. | |
9 | MASALILI (Manajemen Standarisasi Lingkup 157) | Sarana monitoring dan evaluasi bagi pimpinan dan Pegawai KPPN Raha terkait kepegawaian dan kinerja sehingga dapat dilakukan langkah langkah yang tepat untuk mendorong optimalisasi pencapaian kinerja individu dan kinerja organisasi. https://s.id/MASALILI2024 | ![]() |
10 | Kaparende : Kertas Kerja Penyaluran dan Realisasi Keuangan Ke Daerah | Implementasi pengembangan tugas dan fungsi utama KPPN sebagai Treasurer, Regional Chief Economist dan Financial Advisor (TREFA) yang salah satunya berperan aktif dalam komunikasi yang baik, pertukaran informasi, dan kolaborasi dalam perencanaan dan pelaksanaan pengelolaan keuangan daerah untuk mendorong belanja pemerintah dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah. | ![]() |
TUGAS
Sesuai dengan PMK 169/PM K.01 /2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja lnstansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Raha mempunyai tugas melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan bendahara umum negara, penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan.
FUNGSI
Dalam melaksanakan tugasnya, KPPN Raha melaksanakan fungsi:
MOTTO LAYANAN :
SPAN
Senyum dalam menyapa, Profesional dalam bekerja, Akurat dalam hasil, Nihil dalam biaya
MAKLUMAT PELAYANAN :
Dengan ini kami menyatakan sanggup menyelenggarakan pelayanan sesuai standar yang ditetapkan dan apabila kami tidak menepati janji ini, kami siap menerima sanksi sesuai dengan peraturan perundang undangan yang berlaku.
ttd
Kepala KPPN Raha
JANJI LAYANAN
KPPN "Raha" siap memberikan pelayanan terbaik
Reka baru ; Melakukan perbaikan secara terus menerus dalam memberikan pelayanan kepada mitra kerja
Amanah ; Memberikan pelayanan kepada Stakeholder sesuai dengan amanah yang dituangkan dalam peraturan yang berlaku
Handal ; Mewujudkan kualitas layanan terbaik dan sesuai dengan standar internasional
Akurat ; Melaksanakan tugas dan fungsi secara cepat, tepat, cermat, teliti dan seksama
KPPN Raha siap melakukan REKA BARU dalam memberikan pelayanan kepada mitra kerja dan selalu menjaga AMANAH sesuai peraturan yang berlaku untuk mewujudkan kualitas layanan yang HANDAL sesuai dengan standar internasional dan memberikan hasil AKURAT dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya memberikan layanan kepada mitra kerja.
1. Perolehan Predikat WBK (Wilayah Bebas dari Korupsi) per tanggal 13 Desember 2022.
2. Implementasi Sistem Manajemen Mutu: 9001:2015
KPPN Raha telah menerima Sertifikat ISO 9001:2015 dari Lembaga Sertifikasi Independen TUV Rheinland Tahun 2018 yang ditetapkan pada tanggal 12 Oktober 2018 dan berlaku sampai dengan tanggal 11 Oktober 2021. | ![]() |
3. Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2019
KPPN Raha meraih Piagam Penghargaan sebagai Unit Kerja yang memenuhi kinerja Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Keuangan pada tahun 2019. | ![]() |
3. Penghargaan lainnya
Pada tahun 2019 KPPN Raha berhasil meraih penghargaan sebagai berikut:
1. | Peringkat 1 atas Nilai LK BUN Semester I Tahun 2019 dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara; |
2. | Peringkat 2 atas Inovasi Channel Youtube tahun 2019 dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara; |
3. | Peringkat 2 atas Kinerja Penyampaian Laporan Terbaik Semester I Tahun 2019 dari dari Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Tenggara; |
4. | Piagam Penghargaan dari Dinas Kebersihan Lingkungan Hidup Kabupaten Muna atas kerja sama KPPN Raha atas kerja sama KPPN Raha di bidang kebersihan melalui program Peduli Lingkungan yang diusung oleh KPPN Raha. |
TUGAS
Sesuai dengan PMK 169/PM K.01 /2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja lnstansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Raha mempunyai tugas melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan bendahara umum negara, penyaluran pembiayaan atas beban anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundang-undangan.
FUNGSI
Dalam melaksanakan tugasnya, KPPN Raha melaksanakan fungsi:
VISI
Menjadi Pengelola Perbendaharaan Negara Yang Unggul Tingkat Dunia
MISI
Kantor Pelayanan Perbandaharaan Negara (KPPN) Raha lahir dan terbentuk secara resmi pada tanggal 21 November 2001, pada awalnya nomenklatur KPPN Raha adalah "Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara" Raha. Waktu itu KPPN Raha menempati gedung milik Pemda tk.II Kabupaten Muna yaitu Gedung Dinas Sosial Kabupaten Muna. KPPN Raha dibentuk sebagai akibat dari pemekaran KPPN BauBau yang didalam wilayah kerjanya termasuk Kabupaten Muna. Dengan alasan Geografis yang jauh dari Kota BauBau maka dibentuklah KPPN Raha ini dari dengan kebijakan dari Pemerintah Pusat. Pada awalnya KPPN Raha hanya mempunyai 1 kabupaten di wilayah kerjanya, yaitu kabupaten Muna. Setelah tahun 2015 Kabupaten Muna Barat dibentuk dan otomatis wilayah kerja KPPN Raha bertambah menjadi 2 Kabupaten.
Pada tahun 2003 sampai dengan 2005, sebagai sarana untuk para pejabat eselon Ill dan IV telah dibangun juga rumah dinas masing-masing 1 unit rumah dinas tipe C 70 (untuk kepala kantor) dan 4 unit tipe D 50 (untuk para kepala seksi ). Pada tanggal 12 Maret 2004 KPPN Raha secara resmi menempati bangunan milik sendiri yang diresmikan oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tenggara, yaitu Bapak Ali Mazi berlokasi di Jalan Kasuari No. 1 Raha, dengan lokasi dipinggir kota Raha dan berada di dataran tinggi. Pada tahun 2007 KPPN Raha telah melakukan penataan layout standar minimal KPPN per- contohan, yaitu ada batas antar front office dengan middle office juga back office serta dengan mitra kerja I satker. Sejak kelahirannya, KPPN Raha telah dan terus mengalami perubahan - perubahan menuju ke arah kebaikan dan berusaha menuju ke arah kesempurnaan terutama untuk mendukung pelaksanaan pekerjaan sesuai SOP yang berlaku.