Profil

Sejarah Kanwil DJPb

Sejarah

 

Kabupaten Labuhanbatu dengan Ibukotanya Rantauprapat memiliki luas wilayah 922.318 Ha (9.223,18 KM2) atau setara dengan 12,87% dari luas Wilayah Propinsi Sumatera Utara, tempat berdirinya Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Rantauprapat. KPPN Rantauprapat adalah instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Kementerian Keuangan yang berada di bawah dan bertanggung jawab langsung kepada Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara. Sebagai unit terdepan Direktorat Jenderal Perbendaharaan, KPPN Rantauprapat melaksanakan kewenangan perbendaharaan dan bendahara umum, penyaluran pembiayaan atas beban anggaran negara serta penatausahaan penerimaan dan pengeluran anggaran melalui dan dari kas negara berdasarkan peraturan perundangan yang berlaku.

Bangunan yang berdiri di Jalan Sisingamangaraja Nomor 62 Rantauprapat adalah Gedung KPPN Rantauprapat yang didirikan pada tahun 1981. Sejak berdirinya sampai dengan saat ini, KPPN Rantauprapat beberapa kali mengalami perubahan nama, yaitu : 

  1. Pada awal berdirinya gedung ini menggunakan nama Kantor Kas Negara (KKN) Rantauprapat dan Kantor Perbendaharaan Negara (KPN) Rantauprapat yang merupakan kantor daerah Direktorat Jenderal Anggaran dahulu.
  2. Pada tahun 1990 dilaksanakan reorganisasi dalam tubuh Direktorat Jenderal Anggaran, dimana salah satunya adalah penggabungan Kantor Kas Negara dengan Kantor Perbendaharaan Negara menjadi Kantor Perbendaharaan dan Kas Negara (KPKN), sehingga KKN dan KPN Rantauprapat beralih menjadi KPKN Rantauprapat.
  3. Pada tahun 2005 sejalan dengan reformasi birokrasi dalam tubuh Kementerian Keuangan, KPKN Rantauprapat berubah nama menjadi Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Rantauprapat dan berada di bawah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb).

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search