Di tengah era pesatnya perkembangan teknologi informasi, komunikasi dengan mitra kerja semakin mudah dilakukan, tidak harus dilakukan secara konvensional melalui tatap muka secara langsung, melainkan bisa menggunakan berbagai media komunikasi secara elektonik yang saat ini sedang naik daun, seperti WhatsApp, Zoom, Microsoft Teams, dan sebagainya. Tak terkecuali dengan layanan bimtek dan konsultasi pada KPPN Ruteng yang juga sebagian besar diberikan secara online menggunakan media komunikasi tersebut.
Namun demikian, setelah dilakukan evaluasi terhadap efektivitas layanan bimtek dan konsultasi secara daring, ternyata terdapat satker dengan karakteristik tertentu tidak cukup efektif apabila diberikan layanan bimtek secara daring, khususnya untuk materi teknis operasional aplikasi. Berangkat dari hasil evaluasi tersebut, KPPN Ruteng sejak tahun 2021 menjalankan layanan KPPN Mobile yang diberikan setiap bulan dengan lokasi layanan pada kabupaten yang jauh dari KPPN Ruteng, yakni Kab. Manggarai Barat, Kab. Manggarai Timur, dan Kab. Ngada.
Menerima layanan KPPN Mobile tersebut, satker K/L dan Pemda mitra kerja KPPN Ruteng menyambut dengan baik dan antusias, bahkan banyak satker yang meminta agar mendapatkan layanan lebih cepat karena keterbatasan dana perjalanan dinas. Antusiasme yang ditunjukkan satker-satker dimaksud semakin menambah semangat KPPN Ruteng untuk terus menjalankan layanan KPPN Mobile secara konsisten.