Jalan Adi Sucipto No.29, Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Berita

Seputar KPPN

EVALUASI PENGISIAN CAPAIAN OUTPUT TAHUN 2023 DALAM KEGIATAN ONE DAY COURSE (ODC) KPPN RUTENG

 

 

Dalam rangka monitoring dan evaluasi atas capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) tahun 2023 sekaligus reviu atas pengisian capaian output tahun 2023, KPPN Ruteng telah menyelenggarakan kegiatan One Day Course (ODC) pada hari Jumat (8 Maret 2024) bertempat di ruang Integritas Lantai II KPPN Ruteng. Kegiatan dilaksanakan secara luring dengan mengundang Para PPK atau Operator Modul Komitmen SAKTI pada 29 Satker terpilih mitra kerja KPPN Ruteng. Kegiatan ini melibatkan Seksi PDMS dan Pejabat Fungsional PTPN.

Kegiatan ini dibuka oleh oleh Kepala Seksi PDMS, Rizki Aprianto. Dalam sambutannya disampaikan bahwa pengisian capaian output merupakan salah satu pelaporan dalam pertanggungjawaban pelaksanaan anggaran untuk mengetahui ketercapaian target output dalam DIPA atas pengelolaan APBN oleh Satker. Kemudian disampaikan juga tujuan kegiatan ini adalah sebagai langkah KPPN Ruteng untuk melakukan monitoring dan evaluasi atas pengisian capaian output sehingga harapannya Satker dapat melakukan perbaikan cara mengisi laporan capaian output di periode-periode mendatang dan atas hasil isian tersebut tergambar data capaian yang akurat sesuai dengan progres riil di lapangan.
 
Pemaparan materi juga langsung disampaikan oleh Kepala Seksi PDMS, Rizki Aprianto yang menyampaikan hal-hal terkait :
1.Dasar hukum, aspek kualitas perencanaan anggaran, aspek pelaksanaan anggaran, aspek kualitas hasil pelaksanaan anggaran dan 8 (delapan) indikator dalam IKPA;
2.Pelaksanaan pengelolaan, validasi, dan konfirmasi atas data perekaman Capaian Output oleh KPPN;
3.Monitoring kesalahan yang sering dilakukan Satker saat melakukan pengisian capaian output pada tahun 2023 seperti : Realisasi Anggaran Rp0,00 Namun Terdapat Realisasi Output (Output mencapai Target/PCRO 100%), Realisasi output yang melebihi melebihi 300%, Terdapat satuan output berupa orang atau unit, layanan, dokumen namun jumlah realisasi outputnya pecahan (tidak genap), dan Pengisian persentase capaian output (PCRO) sama dengan persentase realisasi anggaran (PPA).
4.Pemaparan materi ditutup dengan sharing pengalaman dan tanya jawab dari beberapa satker dan langsung ditanggapi oleh Kepala Seksi PDMS dan Pejabat Fungsional PTPN.

Untuk mengukur keberhasilan dan tingkat pemahaman peserta serta untuk bahan evaluasi KPPN Ruteng pada kegiatan-kegiatan selanjutnya, maka kegiatan ini ditutup dengan pengisian kuisioner evaluasi kegiatan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran satker untuk periode-periode berikutnya khususnya untuk indikator capaian output.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search