Jalan Adi Sucipto No.29, Kelurahan Tenda, Kecamatan Langke Rembong, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur

Berita

Seputar KPPN

MONEV DEVIASI RPD HALAMAN III DIPA TRIWULAN I TAHUN 2024 DALAM KEGIATAN “MANGGARAI” KPPN RUTENG

 

Dalam rangka monitoring dan evaluasi atas capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) tahun 2023 sekaligus reviu atas pengajuan revisi Rencana Penarikan Dana (RPD) Halaman III DIPA periode triwulan I tahun 2024, KPPN Ruteng telah menyelenggarakan kegiatan “Manggarai” (Mari Bincang Pelaksanaan Anggaran dengan Kami) pada hari Kamis (7 Maret 2024) bertempat di ruang Integritas Lantai II KPPN Ruteng. Kegiatan dilaksanakan secara luring dengan mengundang Para PPK atau Operator Modul Penganggaran SAKTI pada 22 Satker terpilih mitra kerja KPPN Ruteng. Kegiatan ini melibatkan Kepala Kantor KPPN Ruteng, Seksi PDMS dan Pejabat Fungsional PTPN.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala KPPN Ruteng, Akhmad Zainuddin. Dalam sambutannya beliau mengatakan bahwa penyusunan RPD Halaman III DIPA ini penting untuk memberikan informasi bagi BUN/ Kuasa BUN dalam rangka pengelolaan likuiditas. Kemudian beliau menyampaikan tujuan kegiatan ini adalah sebagai langkah KPPN Ruteng untuk melakukan monitoring dan evaluasi capaian IKPA tahun 2023 sekaligus melakukan reviu atas pengajuan revisi RPD Halaman III DIPA sehingga harapannya Satker dapat memperbaiki dan menyusun Rencana Pelaksanaan Kegiatan beserta kebutuhan anggaran untuk mendukung pencapaian target kinerja masing-masing Satker yang kemudian dituangkan ke dalam RPD Halaman III DIPA.
 
Setelah sambutan sekaligus arahan oleh Kepala KPPN Ruteng dilanjutkan pelaksanaan pretest yang dipandu oleh pembawa acara Sdr. Meinka Dinda Hendardi. Soal-soal pretest berkaitan dengan materi IKPA dan pengajuan Revisi Halaman III DIPA dan dilakukan melalui link bit.ly yang dapat diakses langsung oleh peserta kegiatan melalui handphone masing-masing.

Acara selanjutnya setelah pretest, langsung pemaparan materi oleh Kepala Seksi PDMS, Rizki Aprianto yang menyampaikan hal-hal terkait :
1.Dasar hukum, aspek kualitas perencanaan anggaran, aspek pelaksanaan anggaran, aspek kualitas hasil pelaksanaan anggaran dan 8 (delapan) indikator dalam IKPA;
2.Monitoring indikator IKPA Deviasi Halaman III DIPA bulan Januari s.d. Maret 2024;
3.Penyebab indikator IKPA Deviasi Halaman III DIPA tidak optimal;
4.Petunjuk teknis penyusunan Revisi Halaman III DIPA dengan simulasi contoh periode triwulan I tahun 2024;
5.Pelaksanaan anggaran dalam rangka singkronisasi data RPD Halaman III DIPA sehingga deviasi dapat diminimalkan
6.Pemaparan materi ditutup dengan sharing pengalaman dan tanya jawab dari beberapa satker.

Untuk mengukur keberhasilan dan tingkat pemahaman peserta serta untuk bahan evaluasi KPPN Ruteng pada kegiatan-kegiatan selanjutnya, maka kegiatan ini ditutup dengan postest dan pengisian kuisioner evaluasi kegiatan. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja pelaksanaan anggaran satker untuk periode-periode berikutnya khususnya untuk indikator IKPA Deviasi Halaman III DIPA.

 

 

Penulis : Rizki Aprianto

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search