Jl. Moh. Yamin No. 2, Samarinda – 75123

Berita

Seputar KPPN Samarinda

Sinergisitas Optimalisasi Penyaluran Dana Alokasi Khusus Fisik dan Dana Desa pada Kabupaten Kutai Timur

 

 

Rapat Koordinasi Penyaluran DAK Fisik TA 2022 (Bidang Pendidikan Subbidang SD)

 

Sebagai upaya untuk terus mendorong percepatan penyaluran alokasi DAK Fisik TA 2022 pada seluruh Pemda mitra kerja, KPPN Samarinda senantiasa memperkuat sinergi dan koordinasi dengan seluruh Pemda. Sinergi dan koordinasi yang terjalin dengan baik menjadi salah satu kunci terserapnya alokasi DAK Fisik secara optimal sehingga program pemerataan layanan infrastruktur dasar dapat memberikan dampak nyata terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah.

Dalam rangka penguatan sinergi dan koordinasi tersebut, Kepala KPPN Samarinda yang dalam hal ini diwakili oleh Kepala Seksi Bank hadir selaku narasumber pada kegiatan Rapat Koordinasi Pelaksanaan DAK Fisik Sub Bidang Pelayanan Dasar (SD) TA 2022 lingkup Kabupaten Kutai Timur, yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur, Rabu, 30 Maret 2022. Rapat koordinasi yang dibuka secara langsung oleh Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kutai Timur diikuti oleh seluruh pejabat/pegawai pengelola DAK Fisik pada Dinas Pendidikan Subbidang SD serta seluruh Kepala Sekolah Dasar (SD) penerima DAK Fisik di wilayah Kab. Kutai Timur.

Dalam kesempatannya, Kepala Seksi Bank Kembali menegaskan poin-poin penting terkait dengan kebijakan pengalokasian dan mekanisme penyaluran DAK Fisik TA 2022. Dengan kenaikan alokasi yang signifikan pada tahun 2022, DAK Fisik Subbidang SD pada Kabupaten Kutai Timur diharapkan dapat diserap dengan optimal sebagaimana Rencana Kegiatan yang telah disepakati dalam rangka pemerataan kualitas sarana dan prasarana Pendidikan Dasar di wilayah Kutai Timur.

Adapun dalam sambutannya, Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kab. Kutai Timur mengajak seluruh Kepala Sekolah penerima DAK Fisik TA 2022 untuk berkomitmen memastikan proses pelaksanaan kegiatan Revitalisasi SD yang dibiayai oleh DAK Fisik TA 2022 berjalan tepat waktu dan terhindar dari resiko gagal salur.

 FGD Penyaluran Dana Desa TA 2022 lingkup Kab. Kutim

 

Untuk menjalankan fungsi pemantauan penyaluran Dana Desa, dalam kunjungan kerja di Kab. Kutai Timur, Tim Seksi Bank KPPN Samarinda melaksanakan audiensi dengan pihak pengelola Dana Desa pada BPKAD dan DPMD Kab. Kutai Timur pada Selasa, 29 Maret 2022. Pelaksanaan audiensi bertujuan untuk menginventarisasi progres pemenuhan dokumen syarat salur Tahap I dan BLT Triwulan I terhadap 122 Desa yang belum salur dari 139 Desa di wilayah Kab. Kutai Timur.

Meskipun masih terdapat sejumlah kendala yang dialami utamanya oleh perangkat desa dalam mengakselerasi pemenuhan dokumen syarat salur, namun pihak BPKAD dan DPMD berkomitmen untuk mengasistensi seluruh perangkat desa untuk memenuhi dokumen syarat salur sebelum batas akhir yang diatur dalam PMK 190/PMK.07/2021.

Hadir dalam pelaksanaan audiensi, pada BPKAD Kab. Kutim di wakili oleh Kepala Bidang Perbendaharaan didampingi Kasubbid dan staf, sedangkan DPMK Kab. Kutim diwakili oleh Sekretaris DPMK dan Kabid Pemberdayaan Desa DPMK didampingi Kasubbid.

 

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search