Berita

Seputar KPPN Selong

EVALUASI PENYALURAN DAK FISIK BERSAMA OPD LINGKUP PEMDA KABUPATEN LOMBOK TIMUR

       Sampai dengan tanggal 30 September 2023, DAK Fisik di Kabupaten Lombok Timur telah disalurkan kepada seluruh atau dua belas subbidang, yaitu Pendidikan -PAUD, SD, SMP, Kesehatan dan KB – Penguatan Penurunan Angka Kematian Ibu, Bayi, dan Intervensi Stunting, Penguatan Sistem Kesehatan, Keluarga Berencana, Pengendalian Penyakit, Irigasi, Pertanian – Tematik penguatan Sentra Produksi Pangan, Kelautan dan Perikanan – Tematik Penguatan Kawasan Sentra Produksi Pangan, Air Minum dan Sanitasi dengan realisasi penyerapan DAK Fisik sebesar Rp157.234.099.210,- atau 67,74% dari total pagu sebesar Rp232.106.006.000,-. Berdasarkan data yang diambil dari aplikasi SAKTI satker Dana Transfer Khusus (600152) sampai dengan tanggal 30 September 2023, progres capaian keluaran untuk DAK Fisik yang disalurkan adalah sebesar 67,74%. Sehubungan dengan dimulainya Triwulan IV TA 2023 yang mana Triwulan terakhir dalam penyaluran DAK Fisik kepada Pemda Kabupaten Lombok Timur, maka diperlukan koordinasi untuk evaluasi dan akselerasi penyaluran DAK Fisik kepada Pemda Kab. Lombok Timur khususnya dengan OPD lingkup Kab. Lombok Timur.

         Pada Hari Rabu, 11 Oktober 2023 bertempat di Aula Lt. 2 KPPN Selong, Kemenkeu Satu antara KPPN Selong dengan KPP Pratama Praya berkolaborasi dalam mengadakan kegiatan bersama dengan mengundang Bendahara dan Operator dari semua OPD lingkup Pemda Kabupaten Lombok Timur. Pada kesempatan ini KPP Pratama Praya menyampaikan sosialisasi mengenai layanan e-Bupot instansi pemerintah. Pada kesempatan ini juga KPPN Selong menyampaikan evaluasi dan akselerasi penyaluran DAK Fisik TA 2023. Pada kesempatan ini dibuka oleh Kepala KPPN Selong yang dalam hal ini diwakilkan oleh kepala Seksi Bank KPPN Selong, Teguh Setiono, yang melalui sambutannya menyampaikan apresiasi atas kinerja penyaluran DAK Fisik Pemda Kabupaten Lombok Timur di tahun 2023 ini, tidak lupa Bapak Teguh Setiono menyampaikan untuk kerja samanya di sisa tahun 2023 ini agar segera memenuhi dokumen persyaratan penyaluran untuk subbidang yang penyalurannya belum tuntas. Kegiatan paparan evaluasi DAK Fisik dilanjutkan oleh Operator Penyaluran TKD KPPN Selong yang dalam kesempatan ini menyampaikan rincian subbidang yang realisasi penyalurannya masih dibawah 75%.

        Melalui kegiatan evaluasi penyaluran DAK Fisik yang dihadiri oleh OPD Kabupaten Lombok Timur ini diharapkan dapat mempercepat dalam penyalesaian penyaluran DAK Fisik tahun 2023 ini sehingga realisasi penyerapan dana dan capaian output Pemda Kabupaten Lombok Timur dapat maksimal. Selain itu targaet dari kegiatan ini yaitu untuk persiapan penyaluran TA 2024, khususnya untuk penyaluran dana BOSP dan BOK Puskesmas yang mana penyalurannya dilakukan secara langsung dari RKUN ke Rekening satuan Pendidikan/puskesmas di Lombok Timur, sehingga OPD terkait dimohon untuk lebih teliti dalam melakukan verifikasi rekening satuan pendidikan/puskesmas sebagai bagian persiapan penyaluran TA 2024 sehingga tidak terjadi retur

        KPPN Selong selaku KPA BUN Penyaluran Transfer ke Daerah dengan wilayah kerja Pemda Kabupaten Lombok Timur selalu siap dan bersedia untuk mendampingi Pemda dalam proses penyaluran transfer ke daerah yang salah satu buktinya adalah kegiatan ini. Diharapkan penyaluran DAK Fisik TA 2023 ini kembali mendulang kesuksesan seperti pada TA 2021 yang mana Pemda Kabupaten Lombok Timur dinobatkan sebagai Peringkat 1 Nasional dalam Pengelolaan DAK Fisik. (eds)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI


 

 

Search