Jl. Ki Mangunsarkoro No. 34 Semarang – 50241

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Bimtek Penyusunan LPJ Bendahara Penerimaan dan LPJ Bendahara BLU melalui Aplikasi SAKTI

KPPN Semarang II pada Kamis (02/05/2024) melaksanakan kegiatan Bimtek Penyusunan LPJ Bendahara Penerimaan dan LPJ Bendahara BLU melalui Aplikasi SAKTI seluruh satuan kerja mitra kerja KPPN Semarang II bertempat di Aula Lantai II KPPN Semarang II.

Kepala KPPN Semarang II, Isus Setyaningsih, dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam rangka mendukung pelaksanaan pertanggungjawaban Bendahara, Kementerian Keuangan melalui Ditjen Perbendaharan telah mengembangkan Aplikasi SAKTI sebagai tools yang dapat mendukung simplifikasi proses bisnis dalam pelaksanaan dan pertanggungjawaban atas pengelolaan APBN. Rollout Penyampaian LPJ Bendahara Pengeluaran dan validasi LPJ Bendahara Pengeluaran melalui SAKTI bagi seluruh Satker Kementerian/Lembaga telah dilaksanakan atas penyampaian LPJ periode Bulan Februari 2024, sedangkan Rollour LPJ Bendahara Penerimaan dan LPJ Bendahara BLU dijadwalkan pada April 2024. Dalam rangka pelaksanaan Roll out tersebut KPPN Semarang II menyelanggarakan kegiatan Bimtek Penyampaian LPJ Bendahara Penerimaan dan LPJ Bendahara Badan Layanan Umum untuk 35 satuan kerja, yang terdiri dari 29 Bendahara Penerimaan dan 6 Bendahara Badan Layanan Umum.

Narasumber pertama, Aris Suprapto, Kepala Seksi Verifikasi dan Akuntansi menyampaikan materi terkait Redesain LPJ Bendahara SAKTI. Migrasi proses bisnis atas penyampaian dan validasi LPJ Bendahara merupakan salah satu bentuk dalam mendukung simplifikasi dan digitalisasi proses bisnis penyampaian LPJ ke KPPN.Selama ini satker menggunakan aplikasi SAKTI dan SPRINT dalam penyusunan dan penyampaian LPJ Bendahara ke KPPN. Hal tersebut dirasa kurang efektif karena harus menggunakan dua aplikasi, yang seharusnya bisa dioptimalkan dari aplikasi SAKTI. Selain itu, beliau juga menyampaikan tahapan penyusunan LPJ Bendahara SAKTI dari tiap user sesuai tahapan.

 

Narasumber kedua, Tim Seksi Verifikasi dan Akuntansi KPPN Semarang II yaitu Fitri Syamsiani dan Marisa Agustina, memandu pelaksanaan kegiatan bimtek penyusunan LPJ Bendahara yaitu melalui hands on pada Aplikasi PANDUSAKTI, mulai dari login sampai dengan penyampaian LPJ Bendahara serta validasi oleh KPPN. Proses penyusunan LPJ Bendahara melibatkan user bendahara sebagai penyusun LPJ Bendahara dan user KPA sebagai validator LPJ Bendahara sebelum dokumen LPJ diunggah ke SAKTI dan dikirim ke KPPN.

Kegiatan dilanjutkan dengan tanya jawab dan pengisian survei atas pelaksanaan kegiatan sosialisasi. Dalam sosialisasi ini juga Kepala KPPN Semarang II menyampaikan komitmen untuk memberikan layanan terbaik dengan tetap menjaga integritas dengan tidak menerima gratifikasi.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search