Sibolga

LAPORAN KINERJA KPPN SIBOLGA TAHUN 2022

Penyusunan LAKIN merupakan amanat Perpres Nomor 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah dan Peraturan Menteri Negara PAN dan RB nomor 53 tahun 2014 tentang Petunjuk Teknis Penyusunan Perjanjian Kinerja, Pelaporan Kinerja dan Reviu atas Laporan Kinerja, dimana diatur bahwa setiap instansi pemerintah wajib untuk menyusun Laporan Kinerja sebagai pertanggungjawaban atas pencapaian tujuan/sasaran strategis instansi.

Sesuai dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 262/KMK.01/2016 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sibolga merupakan instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara. Sesuai dengan Penetapan Kinerja Tahun 2022, KPPN Sibolga memiliki visi menjadi pengelola perbendaharaan negara di daerah yang profesional, modern, transparan, dan akuntabel. Untuk mewujudkan visi tersebut, telah ditetapkan sembilan sasaran kerja dan dijabarkan lebih lanjut dalam 20 Indikator Kinerja Utama (IKU).

Berdasarkan capaian target IKU 2022, hasil perhitungan Capaian Kinerja Organisasi KPPN Sibolga adalah sebesar 109.12. Rincian pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) KPPN Sibolga Tahun 2022, adalah sebagai berikut:

  1. Nilai kinerja pelaksanaan anggaran K/L terealisasi sebesar 97,29 dari target 89 (positif 8,29);
  2. Nilai kualitas LK Kuasa BUN KPPN terealisasi sebesar 99,69 dari target 95 (positif 4,69);
  3. Indeks kepuasan Satker terhadap layanan KPPN terealisasi sebesar 4,863 dari target 4,65 dengan skala 5 (positif 0,213);
  4. Persentase penyelesaian SP2D secara tepat waktu terealisasi sebesar 100% dari target 99,4% (positif 0,6%);
  5. Persentase tingkat implementasi Aplikasi SAKTI terealisasi sebesar 100% dari target 100%;
  6. Persentase tingkat implementasi standarisasi kompetensi pejabat perbendaharaan terealisasi sebesar 100 % dari target 90% (positif 10%);
  7. Tingkat efektivitas edukasi di bidang pengelolaan perbendaharaan terealisasi sebesar 97,6% dari target 88,5% (positif 9,1%);
  8. Persentase akurasi perencanaan kas KPPN terealisasi sebesar 100% dari target 83% (positif 17%);
  9. Indeks efektivitas pengelolaan pengeluaran kas terealisasi sebesar 4 dari target 3,15 dengan skala 4 (positif 0,85);
  10. Nilai kinerja penyaluran Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa terealisasi sebesar 99,36 dari target 90 (positif 9,36);
  11. Indeks implementasi Digipay terealisasi sebesar 4 dari target 3 dengan skala 4 (positif 1);
  12. Tingkat partisipasi pelaporan data capaian output satker terealisasi 100% dari target 90% (positif 10%);
  13. Indeks Kualitas Pelaksanaan Rekonsiliasi tingkat UAKPA terealisasi sebesar 4 dari target 3,25 dengan skala 4 (positif 0,75);
  14. Persentase LPJ Bendahara yang andal dan tepat waktu terealisasi sebesar 99,87% dari target 98,5% (positif 1,37%) ;
  15. Nilai kualitas pengelolaan kinerja berbasis Strategy Focused Organization terealisasi sebesar 88,59 dari target 84,5 (positif 4,09);
  16. Nilai hasil evaluasi pelaksanaan tugas kepatuhan internal terealisasi sebesar 98,191 dari target 85 (positif 13,191);
  17. Nilai  rata-rata hard competency pegawai terealisasi sebesar 95,66 dari target 78 (positif 17,66);
  18. Persentase kualitas pelaksanaan anggaran KPPN terealisasi sebesar 96,28% dari target 95,5% (positif 0,78%)
  19. Nilai kualitas LK Tingkat UAKPA dan UAKPBA terealisasi sebesar 94,60 dari target 83 (positif 11,6); dan
  20. Tingkat kualitas pengelolaan BMN dan Pengadaan terealisasi sebesar 166,07% dari target 100% (positif 66,07%).

Selama tahun 2022, KPPN Sibolga juga telah meraih beberapa prestasi, di antaranya:

  1. Peringkat I dalam Penilaian Kinerja Penyaluran DAK Fisik KPPN sebagai KPA Penyalur DAK Fisik dan Dana Desa Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2021;
  2. Peringkat I dalam Penilaian Kinerja Penyaluran Dana Desa KPPN sebagai KPA Penyalur DAK Fisik dan Dana Desa Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2021;
  3. Peringkat I dalam Penilaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran KPPN sebagai Kuasa BUN pada KPPN Tipe A2 Lingkup Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2021;
  4. Peringkat IV dalam Penilaian Penyampaian Laporan Keuangan Tercepat Tingkat Kuasa Bendahara Umum Negara Daerah Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tahun Anggaran 2021;
  5. Peringkat II dalam Penilaian Kualitas E-Rekonsiliasi pada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tipe A2 Tahun Anggaran 2021; dan
  6. Peringkat III dalam Penilaian IKPA KPPN Tipe A2 di Lingkup Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Utara Tahun Anggaran 2021.

 

Dalam mencapai sasaran kerja dan IKU yang telah ditetapkan, KPPN Sibolga telah mengupayakan secara maksimal pemanfaatan sarana, prasarana, dan sumber daya manusia yang ada. KPPN Sibolga akan terus berupaya meningkatkan kinerja, melakukan evaluasi, dan menerapkan strategi-strategi yang tepat sehingga target IKU pada tahun 2022 dapat tercapai secara keseluruhan.

LAKIN KPPN Sibolga Tahun 2022 secara lengkap dapat diunduh pada https://bit.ly/LAKINKPPNSIBOLGA.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search