Budaya Organisasi adalah sebuah sistem makna bersama yang dianut oleh para anggota organisasi tersebut sehingga membedakan suatu organisasi dengan organisasi lainnya. Sistem makna ini merupakan karakteristik yang dijunjung tinggi oleh organisasi. Keputusan Menteri Keuangan Nomor 127 Tahun 2013 menetapkan Program Budaya Kementerian Keuangan sebagai berikut:
- Satu Informasi Setiap Hari
- Dua Menit Sebelum Jadual
- Tiga Salam Setiap Hari
- Rencanakan, Kerjakan, Monitor dan Tindaklanjuti
- Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin
Sejalan dengan Keputusan Menteri Keuangan Nomor 127 Tahun 2013 tentang Program Budaya Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Perbendaharaan merancang Grand Design Budaya Organisasi di lingkungan DJPb tahun 2018-2020. Grand Design Budaya Organisasi DJPb bertujuan memberikan panduan yang terstandar dan sistematis bagi seluruh insan perbendaharaan sehingga terwujud SDM dengan identitas, perilaku, kapabilitas, dan lingkungan yang mengimplementasikan nilai-nilai Kementerian Keuangan sebagai budaya kerjanya.
Program Budaya Strategis DJPb terbagi menjadi dua, yaitu programatic program dan costumize program. Programatic program adalah Program budaya merupakan kristalisasi dari hasil survei Employee Value Proposition yang bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai positif yang khas di DJPb yang dikenal dengan tagline SMILE-C (Share and Care, Modern, Innovative, Learn, Effective and efficient dan Commitment). Sedangkan costumize program merupakan 32 program budaya guna mendukung Nilai – Nilai Kementerian Keuangan seperti Program ESQ, Go Green, Anti Korupsi, Kotak Kedisiplinan, Zero Mistake dan lain sebagainya.
Sebagai instansi vertikal Ditjen Perbendaharaan di daerah, KPPN Sibolga telah melaksanakan beberapa aktivitas program budaya dalam rangka mendukung pelaksanaan budaya organisasi DJPb dan implementasi Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-637/PB/2017 tentang Grand Design Budaya Organisasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan Tahun 2018-2020.
Berikut adalah bentuk pelaksanaan Budaya Organisasi DJPb di lingkup KPPN Sibolga:
|
1. Share and Care Setiap pegawai saling peduli dan berbagi untuk meningkatkan kerja sama. |
|
2. Modern Setiap pelaksanaan pekerjaan terkait tugas dan fungsi DJPb didukung oleh teknologi informasi yang modern sebagai salah satu komitmen untuk mewujudkan DJPb yang memiliki reputasi unggul sebagai pengelola perbendaharaan yang unggul di tingkat dunia. |
|
3. Innovative Setiap pegawai di lingkungan DJPb diharapkan untuk terus berinovasi untuk meningkatkan kualitas layanan kepada stakeholder serta untuk meraih prestasi yang membanggakan organisasi. |
|
4. Learn Setiap pegawai diharapkan untuk mau belajar terus menerus, mengembangkan potensi diri, mengupdate setiap hal – hal baru terutama dalam menjalankan pekerjaannya. |
|
5. Effective and efficient Setiap pegawai setiap pekerjaan dilakukan untuk mencapai tujuan organisasi dalam batas waktu yang ditentukan dan Efisien yaitu mencapai tujuan organisasi dengan menggunakan input (biaya) yang sama untuk menghasilkan output (hasil) yang lebih besar dan terakhir. |
|
6. Commitment Setiap pegawai diharapkan berkomitmen menjaga nilai Kementerian Keuangan dan terus meningkatkan prestasi. |