Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sibolga kembali menyelenggarakan sosialisasi kepada seluruh satuan kerja (satker) lingkup KPPN Sibolga di Aula KPPN Sibolga pada Selasa, 6 Maret 2018. Materi yang disampaikan kali ini adalah Aplikasi eSPM dan Implementasi Langkah-langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran Kementerian Negara/Lembaga Tahun 2018. Dalam kesempatan ini, KPPN Sibolga juga memberikan penghargaan kepada satker berkinerja terbaik dan petugas satker terbaik periode semester II Tahun 2017.
Materi aplikasi eSPM disampaikan oleh Denny Satriyawan, Treasury Management Representative KPPN Sibolga. Denny menyampaikan aplikasi eSPM adalah aplikasi berbasis web yang digunakan sebagai sarana penyampaian Arsip Data Komputer (ADK) Surat Perintah Membayar (SPM), data kontrak, Rencana Penarikan Dana (RPD) Harian, data gaji, dan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara ke KPPN. Aplikasi ini adalah salah satu inovasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan guna efisiensi pelaksanaan anggaran. Keamanan adalah isu utama dalam penggunaan dokumen elektronik karenanya aplikasi eSPM menggunakan teknologi Digital SIgnature dalam mengamankan dokumen elektronik. Nantinya dengan penggunaan aplikasi ini pekerjaan Bendahara dan operator SPM bisa dilakukan dari mana saja, lebih mudah, lebih cepat, dan efisien. Saat ini penerapan aplikasi eSPM masih sampai pada taraf registrasi seluruh petugas Front Office (FO) dan Customer Service Officer (CSO) KPPN.
Materi selanjutnya adalah penyampaian langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran tahun 2018 yang harus dipedomani oleh seluruh saker. Materi ini disampaikan oleh Amirudin, Kepala Seksi Verifikasi Akuntansi dan Kepatuhan Internal. Amirudin menyampaikan arahan Menteri Keuangan dalam rangka pengendalian belanja Kementerian Negara/Lembaga sesuai Surat Menteri Keuangan Nomor S-153/MK.05/2017, antara lain: melakukan reviu atas perencanaan kegiatan, penyerapan, dan capaian kinerja, meningkatkan ketertiban penyampaian data supplier dan data kontrak, memastikan ketepatan waktu penyelesaian tagihan, pengendalian pengelolaan Uang Persediaan/Tambahan Uang Persediaan, antisipasi dan penyelesaian pagu minus, dan akurasi penyaluran dana Bantuan Sosial dan Bantuan Pemerintah secara tepat waktu dan tepat sasaran. Amirudin menjelaskan secara detail langkah-langkah yang harus dilakukan satker dalam memenuhi target-target tersebut. Dengan demikian, KPPN sebagai Bendahara Umum Negara di Daerah bersama dengan seluruh satker bekerja sama untuk menjaga kredibilitas pelaksanaan APBN dengan menjamin ketepatan waktu belanja Negara selaras dengan kecukupan penerimaan dan ketersediaan Kas Pemerintah. Dalam kesempatan ini, KPPN Sibolga mengajak seluruh satker menandatangani Deklarasi Peningkatan Kinerja Pelaksanaan Anggaran Tahun 2018 sebagai bentuk komitmen satker melaksanakan langkah-langkah strategis tersebut.
Sebagai bentuk penghargaan KPPN Sibolga kepada seluruh satker atas kinerjanya selama periode semester II tahun 2017, KPPN Sibolga memberikan penghargaan kepada lima satker terbaik, yaitu: Distrik Navigasi Sibolga, Pelabuhan Perikanan Nusantara Sibolga, Lanal Sibolga, Polres Tapanuli Tengah, dan KPPN SIbolga. Kriteria penilaian meliputi: kesesuaian perencanaan, kepatuhan atas regulasi, efektivitas pelaksanaan kegiatan, dan beban kerja. Dan untuk Satker Disnav Sibolga sebagai satker terbaik diberikan Kartu Layanan Prioritas untuk semua layanan FO dan CSO KPPN Sibolga. Selain itu juga diberikan penghargaan kepada petugas Satker terbaik yang diraih oleh Jecky Ardiansyah dari Disnav Sibolga.
Kontributor: Yanti Juliana