Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik KPPN Sibolga Tahun 2024
Pada Rabu, 21 Agustus 2024, KPPN Sibolga menyelenggarakan kegiatan FGD Forum Konsultasi Publik (FKP) di ruang Aula KPPN Sibolga. Pelaksanaan kegiatan Forum Konsultasi Publik (FKP) tersebut dilaksanakan sebagai upaya menghimpun masukan dan saran dari publik dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan KPPN Sibolga.
Kegiatan Forum Konsultasi Publik tersebut dihadiri oleh beberapa elemen masyarakat dan juga pengguna layanan KPPN Sibolga, yang meliputi perwakilan dari Satuan Kerja, perwakilan dari Pemerintah Daerah Kota Sibolga dan Kab. Tapanuli Tengah, perwakilan tokoh masyarakat, perwakilan akademisi, perwakilan media massa, perwakilan LSM/Komunitas, perwakilan Bank Indonesia, perwakilan Perbankan lingkup Kota Sibolga dan Kab. Tapanuli Tengah, perwakilan pelaku usaha dan UMKM.
Yang menjadi narasumber dalam kegiatan tersebut adalah Kepala KPPN Sibolga, Andres Leiman Silalahi. Dalam paparannya, beliau menyampaikan seluruh bentuk layanan yang diberikan oleh KPPN Sibolga kepada para pemangku kepentingan dengan harapan seluruh peserta kegiatan dapat lebih mengetahui jenis layanan KPPN Sibolga dan dapat memberikan masukan untuk perbaikan kualitas layanan di KPPN Sibolga.
Dalam paparannya, Kepala KPPN Sibolga, Andres Leiman Silalahi menyampaikan bahwa Forum Konsultasi Publik (FKP) merupakan kegiatan dialog, diskusi, serta pertukaran opini secara partisipatif antara penyelenggara layanan publik dengan publik. Pelayanan KPPN Sibolga tentunya telah memiliki standar sebagaimana telah diatur dalam Keputusan Direktur Jenderal Perbendaharaan Nomor KEP-57/PB/2023 tentang Standar Pelayanan di Lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.
KPPN Sibolga selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh pemangku kepentingan. Dan dalam mendukung upaya tersebut, tentu membutuhkan saran dan masukan dari sejumlah elemen masyarakat dan pengguna layanan KPPN Sibolga. Terlebih, saat ini KPPN Sibolga telah berstatus Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan sedang membangun zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bebas Melayani (WBBM), sehingga KPPN Sibolga selalu berupaya memberikan pelayanan terbaik. Sebagaimana dipaparkan oleh Kepala KPPN Sibolga, Andres Leiman Silalahi, KPPN Sibolga selalu memberikan pelayanan sesuai motto layanan KPPN Sibolga, yaitu MARSADA (Melayani, Adaptif, Responsif, Sinergi, Amanah, Digital, dan Akuntabel).
Sebelum acara selesai, dilakukan penandatanganan Berita Acara Hasil Forum Konsultasi Publik (FKP) oleh seluruh perwakilan satuan kerja pengguna layanan, pemerintah daerah dan beberapa elemen masyarakat yang hadir. Para peserta kegiatan memberikan respon yang baik dan memberikan apresiasi atas setiap usaha dari KPPN Sibolga untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh elemen masyarakat dan pengguna layanan.