Jl. Prof. M. Yamin No. 77 Kab. Sijunjung

Berita

Seputar KPPN Sijunjung

Meskipun Dilaksanakan Secara Daring Peserta Antusias Dalam Mengikuti EUT SAKTI Tahun 2021

Pada tanggal 6 s.d 10 September 2021 dan 13 s.d 17 September 2021, telah diselenggarakan pelatihan pengguna SAKTI bagi satker K/L non piloting tahap I s.d V, yakni modul pelaksanaan tanggal 6 s.d 10 September 2021 dan modul pelaporan tanggal 13 s.d 17 September 2021. Pelatihan dalam bentuk end user training SAKTI tersebut, diselenggarakan penuh secara daring dari tempat kerja/kediaman masing-masing. Kegiatan dibuka pada hari pertama atau tanggal 6 September 2021 oleh Kepala KPPN Sijunjung. Peserta pelatihan adalah pemilik peran dari masing-masing user yang telah terdaftar pada SAKTI, seperti pada modul pelaksanaan dengan materi perekaman supplier, yang akan terlibat adalah user operator komitmen dan user validator Pejabat Pembuat Komitmen. Kemudian pada modul pembayaran yang akan terlibat selain user tersebut di atas yaitu operator pembayaran dan user approver Pejabat Penandatangan SPM. Kemudian pada modul pelaporan terdapat operator GLP, operator persediaan dan/atau operator asset tetap dan user approver persediaan dan/atau asset tetap serta validator asset tetap.

 

(pelatihan modul pelaksanaan)

 

Pelaksanaan pelatihan yang bersifat massif dengan menggunakan daring tentunya menjadi tantangan tersendiri baik bagi KPPN Sijunjung maupun bagi satuan kerja. Pelaksanana pelatihan sendiri lebih banyak dalam bentuk simulasi soal dan panduan yang telah disediakan, sehingga harapannya pengguna SAKTI pada satuan kerja dapat lebih terbiasa dengan aplikasi SAKTI. Dengan pelaksanaan pelatihan secara daring, tentunya timbul tantangan tersendiri seperti adalah kapasitas jaringan masing-masing yang berbeda-beda dan berpotensi menghambat pelaksanaan pelatihan. Namun demikian, dengan kesigapan trainer SAKTI KPPN Sijunjung serta sinergi yang apik dengan pengguna user SAKTI satuan kerja, permasalahan tersebut dapat diminimalisir dan pelaksanaan pelatihan dapat berjalan dengan lancar dan tanpa kendala yang berarti.

 

(Pelatihan Modul Pelaporan)

 

Hasil dari pelaksanaan EUT SAKTI pada KPPN Sijunjung cukup baik, Adapun tingkat partisipasi maupun tingkat penyelesaian penugasan per masing-masing modul relatif tinggi meskipun masih terdapat satuan kerja yang belum maksimal untuk mengikuti EUT SAKTI dengan berbagai kendala yang ada. Dengan melatih menggunakan aplikasi SAKTI, sangat membantu satker dalam menggunakan dan membiasakan penggunaan aplikasi SAKTI, sehingga dapat langsung siap menggunakan aplikasi dimaksud dalam implementasi Roll Out secara penuh di tahun 2022. (editor)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1
Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

        

 

PENGADUAN

 

Search