Singaraja

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Hari Bhakti Perbendaharaan Kppn Singaraja

Hari kebahagiaan dan kegembiraan kembali hadir di KPPN Singaraja di bulan Januari 2017 karena semangat pengabdian terhadap negeri tercinta yaitu negeri Indonesia.

Kementerian Keuangan melalui Unit Organisasi Direktorat Jenderal Perbendaharaan menggelegar seantero nusantara bahwa hari ini terjadi berkaitan dengan peringatan Hari Bakti Perbendaharaan yang jatuh pada tanggal 14 Januari 2017, hari bersejarah bagi kita karena pada hari itu disahkan Undang Undang No 1 Tahun 2004 Tentang Perbendaharaan Negara. Sesuai Surat Edaran Direktur Jenderal Perbendaharaan  Nomor : SE-57/PB/2015 ditetapkan sebagai Hari Bakti Perbendaharaan tanggal 14 Januari dan menindaklajuti Surat Edran Direktur Jenderal Perbendaharaan  Nomor : SE-92/PB/2016 tanggal 19 Desember 2016  tentang Penyelenggaraan Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2017. Sebagai insan perbendaharaan, tentunya KPPN Singaraja juga tidak mau kalah dalam memperingatinya, selaras dengan tujuan Hari Bakti Perbendaharaan yaitu  memantapkan jati diri dan identitas institusi Direktorat Jenderal Perbendaharaan baik di lingkup internal Kementerian Keuangan maupun di tingkat nasional melalui pelaksanaan berbagai kegiatan bagi para pegawai/pejabat di lingkungan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.

Kegiatan hari Bakti Perbendaharaan di KPPN Singaraja dilaksanakan mulai tanggal 12  Januari s.d.  24 Januari 2017, dengan penuh semangat dan antusias dari para pegawai dalam mempersiapkan acara demi acara dari awal penyelenggaraan sampai pada akhir kegiatan yaitu refleksi atau tasyakuran yang merupakan wujud penyerahan diri dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas limpahan anugerah dan rahmat-Nya kepada kita semua khususnya para pegawai KPPN Singaraja sehingga bisa terselenggara acara Hari bakti Perbendaharaan dengan sukses dan lancar.

Jika kita menelisik kiprah Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam rangka konsistensi penerapan Reformasi Birokrasi dan pengimplementasian Nilai-nilai Kementerian Keuangan dalam menunaikan seluruh tugas dan fungsinya, Direktorat Jenderal Perbendaharaan telah memperoleh berbagai pengakuan dan mendapat banyak pernghargaan terkait dengan pelaksanaan reformasi birokrasi dan pelayanan kepada para pemangku kepentingan. Seluruh instansi vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan juga telah berproses menjadi unit/kantor modern dengan dukungan teknologi informasi, hal inilah yang menjadi stimulir para insan perbendaharaan sampai di unit vertikal terendah mampu melakukan yang terbaik dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Melalui penyelenggaraan Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2017 yang bertemakan “Meningkatkan Peran Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sebagai Katalisator Modernisasi dan Reformasi Birokrasi”  akan  lebih memberikan semangat lagi dalam meningkatkan mutu pelayanan kepada para pemangku kepentingan secara komperehensif sesuai tugas dan fungsinya.

Kegiatan yang telah dilaksanakan KPPN Singaraja dalam memperingati Hari Bakti Perbendaharaan adalah :

Perbendaharaan Berbakti, dilaksanakan dengan pemberian santunan berupa bahan pokok untuk kebutuhan para anak-anak yang ada di panti asuhan, pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 12 Januari 2017 di Panti Sosial Asuhan Anak “Udyana Wiguna” Dinas Kesejahteraan Sosial Provinsi Bali Jalan Dewi Sartika No. 20 Singaraja. Selain santunan ini diberikan kepada anak-anak di panti asuhan juga memberikan santunan kepada Pegawai KPPN Singaraja Non PNS yang sudah berstatus janda beranak satu. Santunan kepada Panti Sosial Asuhan Anak “Udyana Wiguna Singaraja dan kepada pegawai KPPN Singaraja Non Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini merupakan awal kegiatan dari rangkaian kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan yang diselenggarakan oleh KPPN Singaraja.

Perbendaharaan Peduli, hari ke dua dari kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan adalah merupakan hari spesial buat KPPN Singaraja, karena Ibu Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan provinsi Bali Ibu R. Wiwin Istanti memberikan semangat dan dorongan kepada KPPN Singaraja sehingga ikut ambil bagian dalam acara Perbendaharaan Peduli yaitu Donor Darah dan Tes Narkoba, hasil tes semua menunjukkan negatif berarti bersih dari narkoba. Semangat kepedulian ini tidak hanya dilakukan oleh pegawai KPPN Singaraja saja tetapi lebih dari itu KPPN Singaraja juga mengundang mitra kerja dari satuan kerja lingkup pembayaran KPPN Singaraja dan mereka sangat antusias atas pelaksanaan Perbendaharaan Peduli yang diselenggarakan mulai hari Senin tanggal 16 s.d. 24 Januari 2017.

 Berbagi kegembiraan pegawai KPPN Singaraja untuk melepaskan kelelahannya setelah kerja bakti bersama, menikmati suasana suka cita bersama di ruang karaoke sambil menikmati hidangan berupa kue, snack minuman segar dan kopi luwak diselingi dengan bernyanyi memperlihatkan talenta masing-masing dibidang tarik suara mereka bernyanyi ria dengan sajian karaoke sambil berjoget. Kegiatan ini merupakan satu acara porseni yang dikemas duduk bersama di ruang karaoke KPPN Singaraja semua pegawai ambil bagian menyajikan satu lagu. Perbendaharaan sehat merupakan bagian dari acara yang sangat memberikan nilai yang mahal harganya bagi para pegawai karena jiwa yang sehat terletak pada badan yang sehat, berbagai kegiatan di bidang kesehatan yang dilakukan yaitu jalan sehat mengelilingi kota Singaraja. Sebelum berangkat jalan sehat terlebih dahulu berkumpul di Lapangan Balai Kota Singaraja sambil membawa Spanduk Hari Bakti Perbendaharaan untuk berfoto bersama dengan orang-orang di sekitarnya dan  Kepala KPPN Singaraja sambil memperkenalkan keberadaan KPPN Singaraja dengan berbagai peran dan kontribusinya terhadap pembangunan daerah dan Pemerintah Daerah Kabupaten Buleleng.

 Perbendaharaan Menyapa, Dalam rangka rangkaian Hari Bakti Perbendaharaan Tahun 2017 dan dalam rangka mengenalkan pengelolaan keuangan negara kepada masyarakat luas, KPPN Singaraja bekerja sama dengan beberapa sektor publik yang ada di Kabupaten Buleleng dan yang sudah dilakukan oleh KPPN Singaraja antara lain :

 Treasury Goes To School, KPPN Singaraja bekerja sama dengan sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri I Singaraja dan sekaligus memperkenalkan tugas dan fungsi Kantor Pelayanan Perbenaharaan Negara Singaraja terkait pengelolaan keuangan negara yang ada di daerah. Dalam pertemuan tatap muka dengan seluruh Dewan Guru dan Siswa/siswi SMK Negeri I Singaraja yang bertemakan “ KPPN singaraja Peran dan Kiprahnya dalam Pengelolaan Perbendaharaan di Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana. Acara dimulai dengan sambutan Kepala Sekolah SMK Negeri I Singaraja dilanjutkan oleh Kepala KPPN Singaraja Bapak Slamet Mulyono yang langsung memberikan paparannya secara detail peran Ditjen Perbendaharaan. Akhir dari pemaparannya kepala KPPN Singaraja menyampaikan  harapan agar siswa-siswi SMK Negeri I Singaraja dapat menjadi generasi penerus pengelola keuangan negara selanjutnya. Selain itu pula puncak acara dari kegiatan ini SMK Negeri I Singaraja menyampaikan penghargaan kepada KPPN Singaraja berupa Plakat yang berbunyi “ Penghargaan diberikan kepada KPPN Singaraja Yang Telah Memberikan Sosialisasi tentang Peran KPPN Singaraja dalam Pengelolaan Perbendaharaan di Kabupaten Buleleng dan Kabupaten Jembrana” kepada Siswa-Siswi SMK Negeri I Singaraja Kabupaten Buleleng, Provinsi Bali.

Treasury Goes to Campus, Selain bekerja sama dengan sekolah Tingkat Menengah KPPN Singaraja juga mengadakan kerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri yang berada di Kabupaten Buleleng yaitu Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) guna menjangkau para Mahasiswa agar mereka juga mengenal dan memahami peran Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam rangka pengelolaan keuangan negara, sehingga para mahasiswa dapat menjadi tumpuan harapan dan generasi berikutnya dalam pengelolaan perbendaharaan. Dalam rangka kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2017 KPPN Singaraja akan terus memandang ke depan untuk meraih kejayaan dalam kiprahnya di bidang perbendaharaan dan memanfaatkan momen Hari Bakti Perbendaharaan tahun 2017 guna mendorong setiap instansi baik pusat maupun daerah untuk melakukan percepatan reformasi birokrasi.

Treasury Mengudara

KPPN Singaraja bekerja sama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Singaraja dalam rangka menyuarakan peran KPPN Singaraja sebagai sarana komunikasi publik Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan meningkatkan kualitas organisasi baik kepada pemangku kepentingan maupun kepada masyarakat umum.

Melalui penyelenggaraan treasury mengudara KPPN Singaraja berhasil memberikan informasi secara berkala dan berkesinambungan terkait Modul Penerimaan Negara Generasi 2 (MPN G2), proses bisnis mengenai pencairan dana bagi satuan kerja lingkup pembayaran KPPN Singaraja baik di Kabupaten Buleleng maupun Kabupaten Jembrana, demikian juga informasi mengenai e-rekonsiliasi  melalui treasury mengudara KPPN Singaraja terus melakukan edukasi kepada  masyarakat mengenai peran, tugas dan fungsi KPPN sehingga masyarakat lebih terbantu dalam memahami pengelolaan keuangan negara.

Treasury Ekosistem

Selain masyarakat telah merasakan sentuhan pelayanan KPPN Singaraja yang begitu memuaskan bagi para pemangku kepentingan, demikian juga satuan kerja Taman Nasional Bali Barat memberi sapaan “terima kasih kami puas atas pelayanan KPPN Singaraja” dengakreatifitasnya disampaikan  melalui media dasar laut yang dikelilingi berbagai macam ikan. Kami sangat berterima kasih kepada seluruh satker mitra kerja atas kerja sama yang begitu baik selama ini.

Lokakarya

KPPN Singaraja akan terus menyingsingkan lengan baju untuk meraih kejayaan bagi Direktorat Jenderal Perbendaharaan dalam kiprahnya di tengah-tengah bangsa dan negara Indonesia melalui pengelolaan keuangan negara, apa yang menjadi Visi dan Misi pimpinan, kami tetap memiliki tekad dan semangat serta berintegritas tinggi untuk mendukung dan mengerjakan apa yang sudah digariskan oleh pimpinan kami sesuai yel yel KPPN Singaraja yang berbunyi “ KPPN 132 Siap menjadi yang terbaik..!!!!!”.

Seluruh kegiatan Hari Bakti Perbendaharaan selama bulan Januari tahun 2017 telah kami lakukan sesuai jandual yang telah ditentukan, akhir dari kegiatan tersebut KPPN Singaraja menyelenggarakan Lokakarya dan pada hari yang sama yaitu hari Jumat, tanggal 24 Januari 2017 sekaligus mengadakan Refleksi/Tasyakuran di ruang rapat KPPN Singaraja. Lokakarya dihadiri oleh satuan kerja lingkup pembayaran KPPN Singaraja baik dari Kabupaten Buleleng maupun Kabupaten Jembrana, lokakarya karya tersebut bertemakan “Meningkatakan Peran Direktorat Jenderal Perbendaharaan Sebagai Katalisator Modernisasi dan Reformasi Birokrasi”

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search