Jl. Raya Koto Baru KM 5 Solok

Refreshment SAKTI Tahun 2023

Kamis, 09 November 2023 bertempat di AULA Lantai 2, KPPN Solok mengadakan kegiatan penyegaran (Refreshment) SAKTI bagi satuan kerja mitra. Kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Press Release APBN periode bulan Oktober 2023.

Pada kegiatan penyegaran (Refreshment) SAKTI kali ini, pembahasan yang disampaikan adalah terkait dengan bagaimana tatacara memiliki pengguna / user SAKTI pertama kali bagi satuan kerja seperti alur mekanisme pendaftaran pengguna / user SAKTI, pendaftaran dan aktivasi e-mail kedinasan SAKTI, peran / kewenangan pada setiap pengguna / user SAKTI hingga persyaratan serta alur aktivas One Time Password (OTP) SAKTI bagi Pejabat satuan kerja (Kuasa Pengguna Anggaran, Pejabat Pembuat Komitmen dan Pejabat Penandatangan SPM. Materi ini diangkat kembali secara berkala karena berdasarkan hasil monitoring di lapangan selama ini, ternyata masih banyak ditemukan kesalahan / kekeliruan pemenuhan kelengkapan persyaratan oleh satuan kerja yang diajukan ke KPPN pada saat pendaftaran pengguna / user SAKTI.

 

Beberapa bentuk kesalahan / kekeliruan yang disampaikan antara lain masih ditemukan adanya perangkapan peran / kewenangan yang tidak diperkenankan, seperti Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) merangkap operator komitmen, e-mail kedinasan SAKTI yang tidak pernah diaktivasi termasuk beberapa pengguna / user SAKTI tidak mengetahui e-mail kedinasan SAKTI yang dimiliki, alur proses One Time Password (OTP) SAKTI pejabat satuan kerja, terutama untuk aktivasi One Time Password (OTP) Pejabat pembuat Komitmen (PPK) dan Pejabat Penanda Tangan SPM (PPSPM) karena terdapat proses berulang yang melibatkan Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dalam melakukan verifikasi kebenaran datanya.

Penyegaran (Refreshment) SAKTI ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan asistensi dan evaluasi SAKTI dalam rangka mendukung kelancaranan pelaksanaan anggaran satuan kerja menggunakan aplikasi SAKTI. Pada bagian akhir kegiatan disampaikan pada seluruh peserta yang hadir bahwa dalam rangka menghadapi akhir tahun anggaran 2023 diharapkan dapat terus berkoordinasi dengan KPPN apabila terdapat kendala, terutama terkait implementasi aplikasi SAKTI.

#DJPbHAnDAL

#KPPNSolokRancak

#KPPNSolokWBK

#KPPNSolokMenujuWBBM

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

© Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Solok

Jl. Raya Koto Baru No.km.5, Koto Baru, Kec. Kubung, Kab. Solok, Sumatera Barat 27362
Tel: 0755-21632 Fax: 0755-20501

 

IKUTI KAMI

 

MOTO LAYANAN
 

 


       

 

Search