Tegal

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Asistensi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2024 subtema Peningkatan Akurasi LPJ Bendahara Pengeluaran dan/atau Bendahara Penerimaan

Dalam rangka penguatan manajemen eksternal guna peningkatan kualitas layanan dan peningkatan kompetensi para stakeholders mitra satuan kerja KPPN Tegal untuk meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga, maka pada hari Kamis, 29 Februari 2024 pukul 08.00 WIB s.d selesai telah dilaksanakan Asistensi Penyusunan Laporan Keuangan Tahun 2024 dengan subtema Peningkatan Akurasi LPJ Bendahara Pengeluaran dan/atau Bendahara Penerimaan. Kegiatan dilaksanakan di aula KPPN Tegal lantai 2 dan di hadiri mitra satuan kerja lingkup KPPN Tegal.

Diawali dengan sambutan Kepala KPPN Tegal, Zajri, menjelaskan bahwa kegiatan Asistensi Penyusunan Laporan Keuangan ini merupakan langkah dalam mendukung Laporan Keuangan Kementerian Negara/Lembaga Semester I Tahun 2024 yang akan disusun nantinya serta menjelaskan pentingnya pemahaman, pelaporan dan penyusunan laporan keuangan, dengan harapan bahwa seluruh Satuan Kerja Wilayah KPPN Tegal tetap senantiasa menjaga dan melaksanakan monitoring dan evaluasi terhadap penyusunan laporan keuangan pada kantor masing-masing. Dengan pembahasan dan penyelesaian dari setiap permasalahan yang nantinya akan dapat memberikan pemahaman kepada Satker dalam meningkatkan kemampuan dan kapabilitas dalam menghasilkan laporan keuangan. Namun dalam kesempatan ini akan lebih spesifik yaitu untuk penyusunan LPJ Bendahara Pengeluran dan Bendahara Penerimaan yang lebih akurasi sebagai langkah dalam meningkatkan kualitas Laporan Keuangan Kementerian/Lembaga.

Kemudian pembahasan dilanjutkan oleh Suwatno selaku Plt.Kepala Seksi Vera sebagai moderator dengan narasumber PTPN Terampil Agung Supriyanto menjelaskan adanya simplifikasi dan efisiensi, perlu adanya penyatuan database untuk proses pembukuan di bendahara dan validasi Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Bendahara di KPPN. Hal ini yang melatarbelakangi perlunya penyampaian LPJ dan validasi menggunakan aplikasi SAKTI. Beliau juga memaparkan tentang latar belakang dan tujuan dari adanya pengembangan SAKTI. Ia menjelaskan bahwa tujuan dari pengembangan SAKTI menu Validasi LPJ Bendahara adalah dalam rangka menyederhanakan proses penyusunan dan penyampaian LPJ Bendahara, menyederhanakan alur validasi LPJ Bendahara di KPPN, mendorong akurasi data yang terintegrasi di sisi satker dan BUN, mengurangi resiko kegagalan penyampaian LPJ Bendahara, dan sebagai bentuk monitoring atas pengelolaan kas bendahara secara real time dan lebih detail. Selain itu juga dijelaskan secara gamblang mengenai alur proses penyampaian LPJ SAKTI pada masing-masing user bendahara, KPA, dan KPPN. Beliau juga mengarapkan dengan adanya kegiatan ini seluruh Satuan Kerja wilayah KPPN Tegal dapat lebih meningkatkan kualitas laporan keuangan yang dihasilkan.(Bangteqi)

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

 

PENGADUAN

 

Search