Berita

Seputar KPPN Tobelo

Stakeholder's Day : Membangun Kemitraan yang Harmonis untuk Pelaksanaan APBN Tahun 2023 yang Kredibel, Transparan, dan Akuntabel

Tobelo, 25 Januari 2023 - Kegiatan Stakeholder's Day KPPN Tobelo pada tahun 2023 mengusung tema "Membangun Kemitraan yang Harmonis untuk Pelaksanaan APBN Tahun 2023 yang Kredibel, Transparan, dan Akuntabel". Kegiatan ini dilaksanakan pada pukul 09.20 WIT di Aula KPPN Tobelo, dibuka dengan sambutan dari Kepala KPPN Tobelo, Bapak Toni, beliau menyampaikan bahwa KPPN Tobelo melaksanakan kegiatan Stakeholder's Day dengan tujuan membangun kemitraan yang harmonis antara KPPN Tobelo sebagai Kuasa Bendahara Umum Negara di Daerah pemegang fungsi pembayaran (comptable), dengan Satuan Kerja sebagai Kuasa Pengguna Anggaran pemegang kewenangan administratif (ordonnateur). Kegiatan ini dilaksanakan dengan harapan seluruh pihak yang berhubungan dapat bersinergi sesuai dengan tugas, fungsi dan kewenangan masing-masing, sehingga pelaksanaan APBN yang kredibel, tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan, dapat tercapai.

Selanjutnya beliau menyampaikan terkait sekilas APBN yang merupakan wujud pengelolaan keuangan negara yang ditetapkan tiap tahun dengan undang-undang, APBN 2023 ditetapkan dalam UU Nomor 28 Tahun 2022 yang disahkan tanggal 27 Oktober 2022. Adapun data APBN 2023 lingkup nasional terdiri dari proyeksi pendapatan negara, pagu belanja negara, dan defisit anggaran/pembiayaan anggaran. Setelah itu, beliau menyampaikan sekilas tentang tema kebijakan fiskal dan APBN tahun anggaran 2023, profil KPPN Tobelo, Alokasi Pagu DIPA 2023, potensi permasalahan yang perlu diantisipasi oleh KPA Satuan Kerja, langkah-langkah strategis pelaksanaan anggaran TA 2023, dan pelaksanaan monitoring dan evaluasi Pelaksanaan Anggaran Belanja K/L.

Rangkaian kegiatan selanjutnya yaitu penandatanganan Pakta Integritas yang diwakili oleh Kuasa Pengguna Anggaran Satuan Kerja Kejaksaan Negeri Kab. Halmahera Utara, Badan Pusat Statistik Kab. Halmahera Utara, Badan Pusat Statistik Kab. Halmahera Utara, LOKA POM Kab. Pulau Morotai, dan Kantor Kementerian Agama Kab. Halmahera Timur yang disaksikan langsung oleh Kepala KPPN Tobelo dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan dengan 5 kategori yaitu; Digitalisasi Belanja Pemerintah Terbaik, Nilai IkPA Terbaik Kategori Satker Pagu Besar dan Pagu Kecil, Kualitas Laporan Keuangan UAKPA Satker Terbaik, dan Satker Kooperatif Terbaik.

Setelah penyerahan penghargaan tersebut, Kepala Seksi PDMS, Bapak Hanny Christovol Polla, menyampaikan materi Langkah-Langkah Strategis Pelaksanaan Anggaran 2023 dan Pejabat Fungsional PTPN, Saudara Muhamad Naufal Ramadhan Hasan, menyampaikan terkait PMK-210/PMK.05/2022 tentang Tata Cara Pembayaran dalam rangka Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara yang dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang berlangsung dengan menarik.

Kegiatan Stakeholder's Day ditutup dengan foto bersama seluruh peserta dan panitia dan dilanjutkan oleh acara ramah tamah di Aula KPPN Tobelo.

 

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

 

 

 

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI

Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara Tobelo
Jalan Kemakmuran, Tobelo

IKUTI KAMI

Search