Telah dilaksanakan kegiatan Sosialisasi, End User Training, dan Survei Readiness Common Expenses Fase 3b melalui Platform Pembayaran Pemerintah, pada tanggal 12-13 April 2023. Kegiatan dihadiri oleh seluruh satker piloting Fase 3b, yaitu Direktorat Jenderal Pajak. Acara dibuka oleh Bapak Agung Kurniawan, Kepala Subdirektorat Analisis dan Pengembangan Pelaksanaan Anggaran selaku Manajer Pokja Pengembangan Kerja Sama Layanan mewakili Direktur Sistem Perbendaharaan selaku Penanggungjawab Tim Pengelola Platform Pembayaran Pemerintah (Ad Hoc). Kegiatan dibuka dengan Overview mengenai Platform Pembayaran Pemerintah. Selanjutnya diberikan materi oleh beberapa narasumber, yaitu:
- Regulasi Pembayaran dalam Rangka Pelaksanaan APBN melalui Platform Pembayaran Pemerintah, disampaikan oleh Bapak Seti Gautama A. N. mewakili Pokja Pengembangan Kerja Sama Layanan
- Implementasi Penerapan TTE Tersertifikasi/DS SAKTI pada PPP, disampaikan oleh Bapak Faried Zamachsari selaku anggota Pokja Pengembangan Teknologi Informasi
- Proses Bisnis Pembayaran Common Expenses melalui Platform Pembayaran Pemerintah, disampaikan oleh Ibu Vicensia Retnasari selaku Manajer Pokja Layanan Operasional
- Pemaparan Mekanisme Penagihan dan Pelunasan Rekening Listrik Pelanggan Pemerintah melalui SAKTI, disampaikan oleh Bapak Rudi Santosa selaku Manager Pendapatan Instansi Vertikal, PT PLN (Persero)
Kemudian pada hari kedua disampaikan Sharing Session Platform Pembayaran Pemerintah oleh PT Telkom Indonesia, yang diberikan oleh Bapak Michael Norman Hapsoro selaku Officer of Planning, Performance & Support, Divisi Government Services. Lalu kegiatan dilanjut dengan End User Training (EUT) pada SAKTI Web, untuk melakukan rangkaian proses penyelesaian tagihan common expenses melalui Platform Pembayaran Pemerintah, yang dipimpin oleh Bapak Zaenal Arifin, selaku anggota Pokja Pengembangan Teknologi Informasi. Dalam kegiatan ini dipraktekan secara bersama penyelesaian tagihan common expenses, mulai dari perekaman ID pelanggan hingga pembuatan SPM.