Gedung Prijadi Praptosuhardjo IIIA Lantai 4. Jalan Budi Utomo Nomor 6 Jakarta

Class of Duta (CoD) "Empowering Transformation Agents to Reinforce Integrity"

 

Telah dilaksanakan agenda rutin Class of Duta (CoD) secara daring melalui Teams dan live Youtube PMO DJPb pada 31 Agustus 2023, dengan tema "Empowering Transformation Agents to Reinforce Integrity". Kegiatan diikuti oleh seluruh Duta Transformasi (Change Agent dan Lighthouse) pada lingkup Direktorat Jenderal Perbendaharaan dan dihadiri oleh perwakilan CTO serta PMO Eselon 1 unit lainnya.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Subdirektorat Transformasi Kelembagaan, Bapak Achmad Rinaldi Hidayat, selaku Kalakhar PMO DJPb, disampaikan bahwa seseorang yang menjaga integritas akan memiliki sikap yang mencegahnya untuk melakukan tindak pidana korupsi. Karena itulah, nilai-nilai integritas menjadi salah satu hal penting dalam pencegahan korupsi. dengan dilaksanakannya CoD kali ini, diharapkan dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang bagaimana penguatan nilai integritas dan budaya anti suap dapat menjadi elemen kunci dalam strategi organisasi.

Acara diisi oleh pemaparan dari para narasumber, yaitu Bapak Samsul Huda, Change Agent Kanwil DJPb Prov. Bengkulu, selaku PAKSI Kemenkeu serta Dotty Rahmatiasih, Kasatgas Kampanye, Komisi Pemberantasan Korupsi. Oleh Bapak Huda disampaikan beberapa hal mengenai korupsi di Indonesia, khususnya pada Kementerian Keuangan, yang masih juga terdapat fraud serta keluhan pelayanan yang menyebabkan krisis kepercayaan publik terhadap Kementerian Keuangan. selanjutnya dipesankan kepada seluruh peserta kegiatan, terutama para Duta Transformasi untuk dapat melakukan tiga tindakan kunci, yaitu kejujuran, komitmen, dan konsisten.

Kemudian oleh Ibu Dotty disampaikan tentang Era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity) atau singkatnya era yang serba tidak pasti karena kondisi yang selalu berubah sehingga mempengaruhi berbagai aspek di kehidupan. Oleh karena itu, setiap individu harus dibekali dengan integritas yang kuat sehingga tidak egois mengamankan kepentingan sendiri. Selanjutnya disampaikan hasil statistik dan survei mengenai tindak pidana korupsi yang terjadi di Indonesia, diberikan pemahaman mengenai korupsi, serta modus korupsi yang melibatkan keluarga.

Ditutup dengan simpulan oleh moderator, yaitu Ibu M.L. Astri Prehtin Noviana, Kepala Subbagian Manajemen Risiko, bahwa "menjaga integritas adalah kewajiban, menegakkan integritas adalah hak, hilangkan rasa sungkan apabila terkait dengan integritas ataupun korupsi. Mari bersama-sama memantapkan hati untuk menghindarkan diri dari korupsi."

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search