Jl. Khatib Sulaiman No. 3 Padang

Berita

Seputar Kanwil DJPb

Kanwil DJPb Mendorong Pertanian Organik

Padang, 26 April 2024 - Sebagai salah satu wujud konkrit peran Kanwil DJPb selaku Regional Chief Economist (RCE) Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Barat, Syukriah HG  sekaligus bertindak sebagai pembina Himpunan Pengusaha Randang Minangkabau (HIPERMI) didampingi ketua HIPERMI Fibrianti Takarina melakukan kunjungan ke lokasi pertanian Aie Angek X Koto, Tanah Datar, Jumat 26 April 2024. Kunjungan bertujuan untuk melihat lahan pertanian yang dikelola kelompok tani anggota HIPERMI. Syukriah HG menyampaikan bahwa untuk menjamin keberlangsungan produksi HIPERMI harus didukung ketersediaan bahan baku yang mencukup. Bahan baku diharapkan dapat semua dipasok atau sebagian besar berasal dari petani yang tergabung dalam HIPERMI. Kemudian kedepan semua kelompok tani dalam melakukan proses pertaniannya berbasis organik. Dengan begitu produk HIPERMI yang dihasilkan adalah makanan Organik.

    Untuk mendorong pertanian organik, dalam kunjungan tersebut juga hadir Robbi Yanuar Walid, salah satu Direktur pada PT Reasuransi Indonesia Utama yang berencana memberikan bantuan dana kepada kelompok tani sebagai bagian dari program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan. Selain bantuan, dari BUMN ada juga kredit program dengan tingkat suku bunga rendah yang disalurkan melalui BRI.

    Sekalipun banyak bantuan baik dari pemerintah maupun instansi lainnya, Fibrianti Takarina meminta kepada semua anggota HIPERMI agar lebih mengutamakan kemandirian. Anggota HIPERMI harus memiliki mental yang kuat dan ulet sehingga mampu terus maju sekalipun tidak ada bantuan dari pemerintah.

    Setelah melakukan kunjungan ke lokasi pertanian, Kakanwil juga melakukan koordinasi ke Pemda Kab. Tanah Datar yang diterima langsung oleh Setda Kabupaten Tanah Datar yang didampingi kepala dinas perindustrian dan kepala dinas perdagangan dan UMKM serta dinas pertanian kabupaten Tanah Datar. Dalam sambutannya kakanwil menyampaikan bahwa Kanwil DJPb Provinsi Sumatera Barat mendorong agar HIPERMI dapat menjadi salah satu motor ekonomi Sumbar yang kedepannya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat, mengurangi pengangguran dan meningkatkan Kemandirian Fiscal Sumatera Barat.

    Sekretaris Daerah Tanah Datar, Iqbal Ramadi Payana sangat menyambut baik program yang disampaikan kakanwil DJPb Prov. Sumbar dan siap memberikan support yang diperlukan untuk terlaksananya program tersebut. Pemerintah Tanah Datar berharap, Tanah Datar dapat menjadi pusat pertanian organic di Sumatera bahkan di Indonesia.

Peta Situs   |  Email Kemenkeu   |   FAQ   |   Prasyarat   |   Hubungi Kami

Hak Cipta Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Kementerian Keuangan RI
Manajemen Portal DJPb - Gedung Djuanda I Lt. 9
Gedung Prijadi Praptosuhardo II Lt. 1 Jl. Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
Call Center: 14090
Tel: 021-386.5130 Fax: 021-384.6402

IKUTI KAMI

Search